Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Definisi Search Engine Optimization (SEO)

Bagi para blogger, istilah Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO sudah sangat familiar didengar. Saking terkenalnya istilah ini, berbagai macam lomba dan kontes pun digelar sebagai salah satu cara untuk melihat siapa sih penjelajah dunia maya yang paling menguasai teknik tersebut. Saya sendiri sudah pernah beberapa kali mengikuti kontes SEO yang ada namun selalu tidak berhasil menyaingi para “dedengkot” dunia maya yang sudah lebih dulu malang melintang di dunia perbloggeran Indonesia.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Search Engine Optimization (SEO)? Tidak tahu kenapa pertanyaan ini bisa langsung terbersit didalam pikiran saya. Padahal, sebenarnya saya tidak ingin lagi mengikuti kontes SEO yang biasa diselenggarakan. Bukan apa, capek banget bro. Iya kalau tema kontesnya sesuai dengan tema blog kita, masih enak membuat tulisannya di blog kita. Nah, bagaimana kalau tema kontesnya tidak sesuai dengan tema blog kita. Dijamin posisi blog kita berantakan di jagad maya karena keywordnya pada tidak sesuai semua. Hehehe…

Dari penjelajahan saya mencari definisi SEO, ada beberapa pengertian yang saya peroleh. Biar tidak bingung, saya akan ambil pengertian yang paling sederhana. Search Engine Optimization (SEO) dapat didefinisikan sebagai cara yang dilakukan agar mesin pencari (search engine) selalu mengindex website atau blog kita diinternet sehingga bisa muncul di tampilan halaman utama mesin pencari tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat website atau blog kita menjadi terkenal dan bisa selalu muncul di halaman pertama, mau cara putih ataupun hitam, online ataupun offline, cepat maupun lambat. Dikalangan blogger sendiri cara-cara ini dikenal dengan istilah optimasi website atau blog.

Membuat website atau blog kita terkenal adalah satu hal mutlak dilakukan, sekarang bagaimana para browser bisa menemukan website atau blog kita jika halaman-halamannya tidak terdeteksi oleh beberapa mesin pencari terkenal seperti Google, Yahoo, MSN Live Search, dan lain-lain. Berdasarkan hasil survei bahwa hampir 90% pengunjung baru akan menemukan website atau blog yang menyediakan informasi yang dibutuhkan setelah mencarinya di mesin pencari (search engine). Tentunya dasar pencarian ini adalah keyword atau kata kunci yang digunakan.

Dalam bidang bisnis di dunia maya, penerapan SEO ini juga harus menjadi pertimbangan bagi pemiliknya karena media online merupakan salah satu media promosi yang paling murah meriah. Itulah sebabnya kenapa ada istilah Internet Marketer, orang yang mengerti dan paham dengan teknik SEO sehingga para pemilik website atau blog tidak perlu susah payah lagi untuk melakukan optimasi agar website atau blognya jadi terkenal. Mereka tinggal bayar, tunggu beberapa waktu dan selesai. Website atau blog Anda sudah masuk dalam jajaran utama mesin pencari. Cukup mudah bukan… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.