Home Artikel Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Contoh Proposal Website

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Contoh Proposal Website

Contoh Proposal Website
Image: iMore.Com

Anda mungkin saat ini ingin membuat contoh proposal website namun bingung bagaimana cara yang benar?

Pada dasarnya proposal website akan sedikit berbeda dengan proposal pada umumnya. Namun setiap penulis termasuk penulis proposal tetap harus menentukan siapa yang nantinya akan membaca, menjelaskan mengenai apa isi proposal hingga bisa disetujui.

CONTOH PROPOSAL WEBSITE

Sama halnya dengan buku dan tulisan lainnya, Anda harus tau siapa target yang akan membaca proposal tersebut.

Anda harus bisa membuat contoh atau sampel proposal yang berbeda dengan lainnya. Perbedaan tersebut akan menunjukkan bahwasanya Anda unik dan investor mau menyimpan uangnya pada usaha Anda. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat proposal untuk pembuatan website.

1. Menjelaskan Tempat Beli Hosting dan Domain

Sebelum membahas yang lainnya, Anda sebaiknya jujur tentang tempat pembelian hosting yang akan Anda gunakan, misalnya Anda menggunakan Niagahoster sebagai tempat sewa domain, dan berikan alasan kenapa anda menggunakan provider hosting lokal disbanding yang lainnya.

Misalnya, karena harga hosting di Niagahoster lebih murah dengan penawaran kode promosi Niagahoster bisa lebih murah dengan gratis domain dan SLL, menggunakan pihak ketiga sebagai patner untuk mendapatkan promo di promohosting.id. Itulah hal yang harus Anda jelaskan sejak awal.

2. Tulis Secara Jelas Serta Singkat

Menulis proposal hendaknya jelas dan juga singkat. Jelas yang dimaksud di sini adalah menggambarkan apa yang hendak Anda sampaikan kepada para pembaca atau mungkin juga calon investor. Karena saking semangatnya mungkin Anda akan terbiasa menuliskan kelebihan yang dimiliki pada dengan bahasa yang berlebihan atau kurang umum. Padahal hal semacam ini justru harus dihindari dalam membuat contoh proposal website.

Buatkan kelebihan Anda dengan bahasa yang lebih singkat serta straight to the point. Anda bisa menentukan sejak awal hal apa saja yang nantinya akan dibahas kemudian jelaskan menggunakan bahasa baik dan benar.

Ingat, pada saat orang membaca proposal Anda, mereka mungkin saja hanya tahu sedikit bahkan juga bisa tidak tahu mengenai apa yang sedang diajukan. Dengan keadaan seperti itu, Anda pun dapat membuat mereka membaca lebih detail secara keseluruhan. Mulailah pada bagian awal dengan jelas, sederhana, serta logis. Bagi pada beberapa poin yang penting sehingga proposal tersebut akan dimengerti pembaca.

3. Buatlah Argumen Baik dan Beberapa Kendala yang Mungkin Bisa Muncul

Pada dasarnya, membuat sebuah proposal yang baik sama halnya membuat sebuah brosur bisnis menyamar. Di dalam proposal, Anda harus menjelaskan tentang apa yang akan dicapai, menjelaskan mengenai langkah terbaik untuk menjadi sebuah tujuan. Selain itu tulis sesuatu yang membuat Anda lebih terlihat lebih menarik.

Cara yang cukup efektif untuk membuat contoh proposal website yakni mengumpulkan fakta paling baik lengkap dengan argumen pendukung. Buatlah sebuah tema yang nantinya akan memperkuat penjelasan dengan baik baik, sehingga para pembaca bisa menyusuri setiap halaman kemudian terarah di satu kesimpulan yang mana masuk akal untuk mereka.

Jangan lupa Anda juga perlu menempatkan diri sebagai pembaca. Pikirkan apa saja opini atau argumen yang mungkin nantinya akan muncul dan apa saja yang bisa jadi argumen yang berseberangan. Dengan perkiraan itu semua, Anda dapat menjadi lebih siap untuk mempresentasikan proposal dan dirasa lebih dipercaya.

4. Tunjukkan Kepribadian Anda

Seringkali Anda mungkin melihat seolah-olah penulis proposal adalah robot pekerja yang mana sudah diprogram jadi terlihat begitu membosankan. Bahkan kadang kala juga menyesatkan. Pada saat menyusun proposal, bebaskan kepribadian Anda ikut ketika menulis. Biarkan para pembaca melihat siapa diri Anda sebenarnya.

Anda juga bisa menularkan antusiasme Anda di dalam proposal usaha Anda, sehingga pembaca bisa yakin akan proposal usaha yang telah dibuat.

5. Pakai Pilihan Gambar Menarik

Penggunaan gambar di dalam contoh proposal website sebenarnya memang sangat diperlukan. Tujuannya adalah agar proposal tidak tampak membosankan. Namun, jangan sampai diri Anda salah memakai gambar ataupun justru menggunakan gambar yang berlebihan.

Penggunaan gambar pada dasarnya memang akan mampu membantu Anda menyampaikan ide serta ‘menghidupkan’ proposal usaha dan juga memungkinkan para pembaca untuk lebih tertarik membaca proposal Anda. Pastikan jika gambar-gambar yang nantinya Anda pakai dapat membantu ketika menjelaskan ide, bukan malah mengganggu para pembaca.

6. Tidak Terlalu Terkesan Menjual

Cobalah hindari untuk menggunakan kalimat hiperbola. Penggunaan kalimat hiperbola nantinya justru akan membuat proposal Anda jadi lebih sulit untuk dimengerti dan juga menjadikan hilangnya kredibilitas dari sebuah tulisan. Setelah itu para pembaca berpikiran jika Anda tidak tepat dalam membidik mereka sebagai target.

Mereka mungkin akan mempertanyakan mengenai kebenaran dari berbagai macam aspek di dalam proposal itu, serta sebenarnya apa tujuannya.

7. Hindari Kesalahan dalam Pengetikan

Pada saat membuat contoh proposal website, Anda tidak dapat dengan mudah mengcopy serta paste bagian proposal milik yang lainnya. Anda dapat memakai proposal orang lain hanya sebagai referensi saja dan tetap memperhatikan bagian-bagian terbaik dari proposal tersebut.

Dengan seperti itu Anda dapat mencoba berbagai macam penempatan serta penggunaan frase yang mana dianggap persuasif dan nantinya akan menarik perhatian para pembaca.

Proposal yang baik pastinya tidak memiliki kesalahan di setiap penulisannya dan tentunya mencantumkan banyak fakta serta data. Penggunaan data maupun fakta yang valid pastikan akan menjadikan pembaca bisa lebih yakin contoh proposal website yang Anda buat.

8. Selalu buat Para Pembaca Sadar

Sebuah proposal menjadi salah satu alat dari sebuah pemasaran, dengan begitu maka jangan sampai Anda membiarkan proposal website kehilangan fokus utamanya. Apabila Anda berhasil menjadikan pembaca terpukau pada tulisan serta gambar maupun segala argumen yang disampaikan, pembaca mungkin nantinya akan mulai masuk pada tahap diskusi mengenai harga.

9. Sasaran

Target dari sebuah perusahaan tentunya harus berhubungan dengan proposal Anda. Pilihlah secara matang perusahaan mana yang nantinya akan Anda tuju kemudian carilah yang sifatnya mendukung dengan tujuan dari contoh proposal website Anda sehingga bisa tercipta suatu kerja sama yang positif. Contohnya begini tidak mungkin rasanya sebuah event pertandingan basket akan disponsori oleh perusahaan dari pupuk kimia.

10. Buat Proposal Terlihat Menarik

Hal ini sangat berhubungan dengan penampilan fisik serta bentuk dari bahasa yang akan digunakan pada proposal. Proposal yang ditujukan untuk muda mungkin saja dapat menggunakan bahasa yang gaul. Namun sebuah proposal tetap harus resmi dan menggunakan bahasa yang baik.

Unsur hiperbola pada dasarnya masih diperbolehkan selama itu masuk akal. Untuk desain sendiri juga perlu dibuatkan lebih menarik, tentunya masih ada hubungannya dengan materi dari contoh proposal website. Bentuk proposal yang catchy serta menarik perhatian pastinya akan menarik minat para pembaca.

11. Berikan Proposal di Waktu yang Tepat

Anda harus bisa memilih waktu yang tepat untuk memberikan proposal tersebut. Sebab jika diberikan asal justru akan membuat proposal tidak di acc. Sebaiknya sabar dan tunggu waktu yang paling tepat untuk melakukan pengajuan. Hal ini perlu untuk Anda lakukan jika ingin proposal di tanggapi.

Membuat proposal memang bisa dibilang mudah. Namun Anda tetap harus memperhatikan semuanya. Jangan membuat proposal secara asal. Beberapa cara di atas bisa Anda gunakan agar contoh proposal website bisa terlihat jauh lebih menarik. Jangan lupa tampilkan yang terbaik sehingga proposal Anda bisa disetujui. Bagaimana sudah siap untuk mencoba? Semoga berhasil ya! (ADV)