Disperindagkop UKM Kota Pontianak Dukung Sepenuhnya Kegiatan PontiMarket Meetup ke 4

Sudah menjadi agenda rutin setiap bulannya, PontiMarket sebagai salah satu Komunitas UMKM Kalimantan Barat menyelenggarakan meetup dengan para anggotanya yang selama ini saling terhubung di Grup WhatsApp khususnya.

PontiMarket Meetup

Ada sebuah kisah menarik ketika beberapa hari lalu Blogger Borneo dihubungi oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Disperindagkop UKM Kota Pontianak, Bapak Haryadi S. Triwibowo. Dalam percakapan singkat tersebut, Beliau mengajak untuk bertemu di UMKM Center Pontianak. Karena pada saat itu sudah akan memasuki waktu sholat Ashar, maka baru dapat datang menemui Beliau selepas Ashar.

Waktu sudah menunjukkan jam 15.30 ketika Blogger Borneo tiba di lokasi dan langsung memarkirkan motor di basement. Tampak di hadapan sebuah bangunan megah tampak berdiri, di bagian depannya terdapat hiasan besar berbentuk daun lidah buaya yang merupakan simbol produk Kota Pontianak.

Baca Juga: Berkunjung Pertama Kali ke UMKM Center Pontianak

Di bagian atas bangunan terdapat tulisan UMKM Center dan Dekranasda Kota Pontianak. Ini merupakan kunjungan kedua dimana sebelumnya Blogger Borneo bersama Bang Yul Mie Tiaw Melayu dan Pak Edi Suprianto sudah pernah datang ke tempat ini beberapa hari sebelum diresmikan secara simbolis.

Setelah meminta ijin kepada security dan menyampaikan perihal kedatangan, Blogger Borneo langsung bergegas naik ke lantai 1 untuk bertemu dengan Bapak Haryadi. Setelah sempat berbasa basi sebentar, kami pun terlibat dalam sebuah diskusi singkat dan padat. Intinya pada kesempatan itu, Beliau mengajak sharing mengenai aktivitas apa saja yang bisa dilaksanakan kedepannya.

Wefie Bersama Kepala Disperindagkop UKM Kota Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Keinginan Menjadi Mall UMKM Kota Pontianak

Ada satu keinginan yang sebenarnya cukup lama terpendam dari sesosok pria yang sebelumnya dipercaya memegang amanah sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kota Pontianak ini yaitu menjadikan UMKM Center Pontianak sebagai “Mall UMKM Kota Pontianak”. Jadi semua produk-produk miliknya para pelaku UMKM di Pontianak bisa dipajang disini. Tentunya sebelumnya sudah harus memiliki ijin produksi minimal PIRT.

Baca Juga: Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Di pertemuan perdana tersebut, belum berani merespon terlalu banyak karena sebagai sebuah tim Blogger Borneo harus berdiskusi dengan para pengurus inti Komunitas UMKM Kalbar PontiMarket.Com yang lain. Baru pada keesokan harinya, Pak Edi Suprianto mewakili PontiMarket membuat janji untuk bertemu langsung dengan Beliau guna menindaklanjuti hasil diskusi sehari sebelumnya.

PontiMarket Terus Bergerak Secara Mandiri

Sebenarnya memang di bulan April 2019 ini, para pengurus PontiMarket.Com sudah berencana untuk membuat sebuah kegiatan rutin bulanan dalam bentuk meetup ke-4. Nah, adapun materi yang akan dibawakan pada kesempatan ini adalah mengenai Belajar Pembukuan Usaha dan Belajar Teknik Pemasaran Digital. Kedua materi ini akan disampaikan langsung oleh Blogger Borneo sendiri dan Pak Edi Suprianto.

Pada awalnya memang kegiatan ini direncanakan menggunakan sistem berbayar dimana setiap peserta yang ingin mendaftar diharuskan menanggung biaya konsumsinya masing-masing. Sedangkan untuk lokasi pelaksanaan, sebenarnya juga sudah direncanakan akan diselenggarakan di LPBAI Pontianak. Ya harap dimaklumi saja bahwa sejak awal PontiMarket didirikan atas dasar rasa kepedulian terhadap kondisi para pelaku UMKM di Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, PontiMarket berusaha untuk dapat mandiri dan tetap menjalankan aktivitas rutin bulanannya dengan kemampuan finansial seadanya. Alhamdulillah selama ini sudah ada beberapa pihak yang mengajak PontiMarket bekerjasama, beberapa diantaranya, antara lain: KPU Provinsi Kota Pontianak, OVO Pontianak, dan Muhaya Collection.

Disperindagkop UKM Kota Pontianak

Mendengar penjelasan seperti itu, Bapak Haryadi selaku Kepala Disperindagkop UKM Kota Pontianak langsung merespon positif dengan memberikan fasilitas dalam bentuk penyediaan ruangan beserta kelengkapannya dan konsumsi bagi seluruh peserta. Jadi yang awalnya para peserta diminta untuk membayar uang pendaftaran, dengan adanya dukungan ini jadi langsung gratis. Tanpa babibu lagi, kami pun langsung bergerak cepat untuk merealisasikan waktu kegiatan ini karena tidak lama lagi sudah akan memasuki bulan Ramadhan 1440 Hijriah.

Tanpa butuh waktu panjang, pamflet pun langsung dibuat dan disebarkan secara online melalui jalur media sosial dan japri via WhatsApp maupun pesan pribadi. Alhamdulillah dari total 48 orang yang mendaftar, sekitar 70 persen hadir meskipun kondisi langit khatulistiwa sedang mendung dan dibarengi hujan gerimis.

Perwakilan PontiMarket Memberikan Kata Sambutan
Image: Dok. Pribadi

Meski sempat mengalami penundaan selama 30 menit dari jadwal semula dikarenakan para peserta masih ada yang terjebak hujan di jalan, namun pada akhirnya semua kursi yang telah disediakan tampak penuh. Ternyata kondisi cuaca tidak menghalangi niat mereka untuk hadir dalam kesempatan yang cukup berharga ini. Sambil menanti perwakilan dari pihak Disperindagkop UKM Kota Pontianak datang guna memberikan kata sambutan, Blogger Borneo mengawali terlebih dahulu untuk membawakan materi sesi pertama yaitu mengenai Belajar Pembukuan Usaha.

Sesi Pertama: Belajar Pembukuan Usaha

Melihat waktu yang cukup singkat membuat Blogger Borneo tidak bicara panjang lebar pada kesempatan ini. Pemaparan materi diberikan berdasarkan beberapa hal umum saja, seperti apa pentingnya melakukan pembukuan, apa kaitannya dengan kebijakan perpajakan terbaru, kondisi para pelaku UMKM yang masih belum terlalu peduli dengan kondisi keuangan usahanya, dan beberapa hal lainnya.

Sesi Belajar Pembukuan Usaha
Image: Dok. Pribadi

Tidak lupa dalam penyampaian materinya, Blogger Borneo menjelaskan mengenai siklus akuntansi manual dimulai dari proses awal mencatat transaksi hingga tersusunnya Laporan Keuangan. Dan sebelum mengakhiri sesi pertama, dijelaskan pula mengenai penggunaan aplikasi akuntansi berbasis android ciptaan PT Zahir Internasional yaitu Zahir Simply.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadhan Pontianak 1440 Hijriah

Sebelum lanjut ke sesi berikutnya, para peserta diminta untuk istirahat sejenak sembari menunaikan sholat Ashar. Tak lama berselang, pihak perwakilan Disperindagkop UKM Kota Pontianak yang sudah dinanti yaitu Kepala Bidang Koperasi dan UMKM tiba di lokasi dan langsung dipersilahkan untuk memberikan kata sambutan.

Kabid Koperasi dan UMKM Disperindag Kota Pontianak Sedang Memberikan Kata Sambutan

Sesi Kedua: Belajar Teknik Pemasaran Digital

Sekarang saatnya masuk ke sesi kedua yaitu mengenai Belajar Teknik Pemasaran Digital. Pak Edi Suprianto yang pada kesempatan ini diminta untuk menjadi pemateri menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Teknik Pemasaran Digital sekaligus memberikan gambaran sudah sampai sejauh mana para pelaku UMKM Kota Pontianak menggunakan teknik pemasaran ini dalam memasarkan produk-produk buatannya.

Melalui materi yang dipresentasikan, mantan pegawai salah satu bank cukup terkemuka di Indonesia ini menjelaskan mengenai beberapa fitur milik Google yang dapat dimanfaatkan, antara lain: Email, YouTube, Google My Business, dan Google Maps. Beliau menyampaikan bahwa semua fitur Google diatas dapat dimaksimalkan untuk mendongkrak promosi produk kita di dunia maya.

Sesi Belajar Teknik Pemasaran Digital
Image: Dok. Pribadi

Sebenarnya jika mau dijabarkan lebih luas, Teknik Pemasaran Digital memiliki banyak saluran dan media. Bicara digital marketing tentu saja juga bicara mengenai alamat email, alamat website, teknik SEO, iklan berbayar di media sosial, dan lain sebagainya. Dan karena waktu masih menyisakan beberapa menit lagi, tentu saja ilmu yang disampaikan masih bersifat kulitnya saja. Insya Allah di kesempatan berikutnya tim PontiMarket bisa menyelenggarakan kelas intensif belajar. Amin…

Thanks To…

Kondisi cuaca diluar masih tampak basah dan mulai gelap. Hujan gerimis yang terus mengguyur kota Pontianak sore hari ini membuat suasana cukup sejuk. Kami dari Komunitas UMKM Kalbar PontiMarket.Com merasa salut dengan para peserta yang hadir karena semangatnya untuk belajar cukup besar. Semoga semangat belajar ini akan terus terjaga sampai nanti. Amin…

Tidak lupa sebelumnya tim PontiMarket mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Haryadi S. Triwibowo sebagai Kepala Disperindagkop UKM Kota Pontianak yang pada kesempatan ini telah memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan fasilitas berupa tempat pertemuan di UMKM Center Pontianak, Jalan Sultan Abdurrahman Nomor 141 Pontianak. Semoga kedepannya kerjasama ini dapat terus berjalan dan saling memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. (DW)

Lokasi UMKM Center Pontianak

Keterangan:

Bagi Kawan2 #UMKMPontianak yang Ingin Produknya Bisa Dipajang untuk Dijual Disini, Bisa Langsung Datang Ya. Tentu Saya Syarat dan Ketentuan Berlaku, Minimal Sudah Mengantongi Ijin PIRT. Selain Itu, Disini Juga Secara Rutin Diselenggarakan Pelatihan Berbasis Keterampilan Dasar di Bidang Pembukuan, Pemasaran Digital, Pengemasan Produk, dan Sejenisnya. Bangunan Megah Standar Internasional Ini Diharapkan Dapat Menjadi “Mall UMKM Kota Pontianak”. 

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More