Blogger Borneo Network
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Festival TIK 2022, Kota Pontianak Menjadi Tuan Rumah

Festival TIK merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang sejak 2012 memiliki misi mencerdaskan masyarakat Indonesia dengan internet.

Festival TIK 2022

Insya Allah selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 16-17 November 2022, kegiatan Festival TIK 2022 akan dipusatkan di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) yang berada di kawasan Jalan Ahmad Yani Seberang Gedung Auditorium UNTAN.

Di tahun ini, Festik 2022 Pontianak mengangkat tema utama “Transformasi Digital Untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi Dan Pariwisata”. Sedangkan untuk tagline yang digunakan adalah “Ninget Teknologi Nune’ Jratn Relawan TIK” yang memiliki makna Melek Teknologi Melalui Relawan TIK.

Tagline ini sengaja dipilih oleh kawan-kawan Relawan TIK Kalimantan Barat (RTIK Kalbar) sebagai upaya penerapan dan sosialisasi teknologi informasi dan komunikasi agar dapat menyatukan dan memadukan pengembangan kebudayaan dan kepariwisataan di Indonesia.

Pihak Pendukung Kegiatan

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Festival TIK ke-11 ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Pemerintah Kota Pontianak, dan Politeknik Negeri Pontianak. Sedangkan rangkaian kegiatannya, antara lain: Opening Ceremony, Seminar dan Workshop Nasional.

Pihak panitia penyelenggara Festival TIK 2022 Pontianak mengatakan bahwa target peserta dalam kegiatan ini adalah 2.600 orang dengan latar belakang mulai dari pelajar SMK, mahasiswa, masyarakat umum, dan tentu saja para perwakilan Relawan TIK dari seluruh Indonesia yang akan hadir nantinya.

Baca Juga:   Lomba Blog dan Kontes SEO NanoVest Berhadiah Total 22 Juta Rupiah

Selain akan diisi oleh beberapa agenda kegiatan utama, nanti pada saat penyelenggaraan juga akan dilaksanakan beberapa agenda kegiatan pendukung, seperti: Gala Dinner, RAKERNAS, RTIK Award, City Tour, Pengukuhan Pandu Digital, Pengukuhan Asesor RTIK, Sertifikasi Microsoft Specialist dan Closing Ceremony.

Mitra Kolaborasi Pemerintah

Insya Allah kegiatan Festik 2022 di Pontianak akan dibuka langsung oleh Walikota Pontianak, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T. Kedepannya Relawan TIK Kalbar akan menjalin kerjasama sebagai salah satu mitra kolaborasi pemerintah Kota Pontianak.

Ketua Umum RTIK Indonesia, Fajar Eri Dianto mengajak seluruh Relawan TIK se-Indonesia untuk dapat hadir dan ikut serta meramaikan momen istimewa ini secara luring maupun daring. Menurutnya, Festival TIK menjadi momen sakral seluruh Relawan TIK Indonesia merefleksikan semangat, inovasi dan inspirasi.

Fajar Eri Dianto menambahkan, Festival TIK akan menjadi pesta edukasi persembahan Relawan TIK bersama mitra kolaborasi bagi masyarakat yang disajikan dengan puluhan workshop tematik penunjang untuk meningkatkan kemampuan digital.

Wisata Susur Sungai

Logo Kota Pontianak
Image: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Seal_of_Pontianak.svg

Sejalan dengan tema yang diangkat pada penyelenggaraan Festival TIK 2022 yaitu Transformasi Digital untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Pariwisata, maka di hari kedua akan ada agenda Wisata Susur Sungai dimana nanti para peserta akan dibawa berkeliling Sungai Kapuas menggunakan kapal wisata.

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dan melintasi langsung Kota Pontianak yang memiliki cabang Sungai Landak, penampakan aliran sungai ini dapat dilihat secara jelas pada logo Kota Pontianak.

Baca Juga:   Daftar Harga Diskon Laptop ASUS di Hari Terakhir Indocomtech 2022

Tidak lupa nanti akan dilakukan kunjungan ke Istana Kadriah Kesultanan Pontianak yang rencananya akan diterima langsung oleh Sultan Syarif Mahmud Melvin Alkadrie.

Kadariah adalah istana Kesultanan Pontianak yang dibangun pada dari tahun 1771 sampai 1778 masehi. Sayyid Syarif Abdurrahman Al-qadrie adalah sultan pertama yang mendiami istana tersebut. Keraton ini berada di dekat pusat Kota Pontianak, Kalimantan Barat. – Wikipedia Indonesia

Memberi Dampak bagi UMKM

Selain memberi dampak di bidang Pariwisata, pelaksanaan Festival TIK 2022 di Pontianak juga diharapkan akan memberi pengaruh positif ke para pemilik UMKM di Kota Pontianak. Oleh karena itu untuk beberapa agenda kegiatan, panitia pelaksana menggandeng para pemilik UMKM untuk dapat berkontribusi.

Bagi para pemilik UMKM Kota Pontianak yang ingin mengembangkan keterampilan dirinya khususnya dibidang pemasaran digital, dapat mengambil kelas workshop yang dilaksanakan secara paralel di hari pertama pelaksanaan. Beberapa tema yang dibawakan mengenai desain grafis, pembuatan video, dan masih banyak lagi lainnya.

Di era teknologi informasi yang berkembang sedemikian cepat saat ini, para pemilik usaha di kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya harus memiliki setidaknya pengetahuan dasar mengenai teknik pemasaran digital.

Apresiasi Penggerak Inspiratif

Sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, akan ada apresiasi bagi penggerak inspiratif Relawan TIK dari berbagai daerah, program serta produk inisiasi yang dibuat dan penghargaan kepada tujuh Pemerintah Desa yang komitmen dan konsisten dalam mendorong transformasi digital di Indonesia dari level desa.

Baca Juga:   7 Fasilitator UMKM Go Online Kalbar Siap Lakukan Pendampingan Selama 6 Bulan

Semua agenda yang diramu dan dikemas dalam Festival TIK 2022 di Kota Pontianak akan memberi manfaat positif bagi siapa saja yang mengikutinya. Era serba digital, secara tanpa sadar telah berpengaruh ke hampir sebagian aspek kehidupan kita. Oleh karena itu kita sebagai pengguna harus smart and care dengan perubahan ini.

Dalam pelaksanaannya, Festival TIK 2022 mendapatkan dukungan dari mitra dan stakeholder dimana beberapa diantaranya: ICT Watch, MAFINDO, KURURIO, SIBERKREASI, Jawara Digital, UBSI, Edukasi4ID, Telkom Indonesia, BONET, sooltanPay, KPCPEN, YALE Communication, T-money, Graha Karya Informasi, GATRALIN, BORNEO ISTIMEWA, YAWIKA. (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More