GARBI Kalimantan Barat Gelar Ngopi Milenial, Undang Gapura Digital Pontianak dan SSC Sebagai Narasumber

“Bang, nanti datang ya acara Ngopi Milenial Arah Baru Bisnis 4.0 pas tanggal 17 November dari jam 7 malam sampai selesai.” Pesan ini Blogger Borneo terima via WhatsApp beberapa hari sebelum acara ini diselenggarakan.

Sebenarnya waktu awal mula menerima pesan tersebut, Blogger Borneo sempat ragu untuk hadir dikarenakan kegiatan ini diselenggarakan oleh GARBI Kalimantan Barat. Akan tetapi, begitu mengetahui bahwa kegiatan ini salah satu narasumbernya adalah perwakilan dari Gapura Digital Pontianak, maka Blogger Borneo pun langsung mendaftar secara online melalui link form pendaftaran yang dikirimkan.

Menurut undangan yang diberikan, kegiatan Ngopi Milenial Arah Baru Bisnis 4.0 diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 November 2018 bertempat di Erando’s Kitchen Jalan Padat Karya Pontianak dari jam 7 malam hingga selesai.

Dari undangan tersebut, diketahui akan ada dua orang narasumber masing-masing dari pihak Gapura Digital Pontianak yaitu Mardalina Handayani, S.Pd dan pihak Sony Sugema College (SSC) yaitu Fadly Irmawan, M.Sc.

Dalam kegiatan yang baru pertama dilaksanakan oleh GARBI Kalimantan Barat ini, sengaja tema yang dipilih sebagai bahan diskusi adalah mengenai perkembangan Arah Baru Bisnis Milenial 4.0. Hal ini sesuai dengan kondisi sekarang eranya generasi milenial.

NGOPI MILENIAL ARAH BARU BISNIS 4.0

Selepas Maghrib, Blogger Borneo langsung memacu kendaraan ke lokasi pelaksanaan kegiatan ini. Karena merasa agak lupa dengan posisi jalannya, fitur Google Maps pun langsung digunakan. Alhamdulillah dalam beberapa kali sentuhan, titik lokasi Erando’s Kitchen dapat dengan mudah ditemukan. Itulah salah satu manfaat dari perkembangan teknologi dimana untuk mencari sebuah lokasi cukup dilakukan hanya dengan ujung jari.

Suasana masih tampak cukup sepi begitu Blogger Borneo tiba di lokasi yang ditunjukkan oleh Google Maps. Hanya ada beberapa orang sedang mempersiapkan peralatan-peralatan yang akan digunakan, sedangkan untuk meja dan kursi sudah terlihat tersusun rapi sesuai jumlah tempat disediakan. Menurut informasi dari pihak penyelenggara, jumlah yang akan hadir kurang lebih 40-an orang.

Tak lama berselang, adzan Isya pun terdengar berkumandang dari speaker surau yang letaknya tidak jauh dari Erando’s Kitchen. Langsung bergegas untuk melaksanakan sholat Isya bersama dengan panitia penyelenggara dan beberapa peserta yang sudah hadir lebih awal.

GARBI KALIMANTAN BARAT

Waktu sudah menunjukkan angka 7 lewat 15, tampak dari kejauhan Kak Marda, demikian Blogger Borneo memanggilnya, sudah terlihat wujudnya di pelataran depan parkiran motor. Tak lama kemudian, sosok wanita yang selalu tampak ceria dan enerjik ini langsung duduk di salah satu meja dan membuka laptopnya sambil sesekali memperhatikan layar smartphone yang digunakan.

Para peserta yang hadir sudah mulai semakin ramai, demi mempersingkat waktu maka acara Ngopi Milenial Arah Baru Bisnis 4.0 pun langsung dibuka oleh Ketua GARBI Kalimantan Barat, Agus Dwi Riyanto. Setelah memberikan sepatah dua patah kata sambutan, selanjutnya kesempatan diberikan kepada Fadly Irmawan, M.Sc. perwakilan dari SSC untuk memberikan materi presentasi.

Narasumber Kegiatan Ngopi Milenial GARBI Kalimantan Barat
Image: Dok. Panitia

Secara umum, cowok yang masih berstatus jomblo ini memaparkan bagaimana dunia industri kita terus mengalami pergeseran poin 1.0, 2.0, 3.0, dan sekarang 4.0. Menurut definisi dari WikiPedia.Com, yang dimaksud dengan Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Kedepannya, manusia akan dibuat ketergantungan dengan aplikasi yang selama ini sering digunakan dikarenakan kemudahan yang diberikan. Untuk mendapatkan sesuatu, cukup buka aplikasi di smartphone dan pilih apa yang diinginkan. Proses pembayaran dilakukan dan tak lama kemudian barang pesanan tersebut sudah ada di hadapan mata. Cukup mudah dan sangat simpel… Para pengguna dibuat puas dengan layanan tersedia, sehingga lama kelamaan menjadi manja hingga akhirnya merasa sangat tergantung dengan keberadaan aplikasi tersebut.

Gapura Digital Pontianak
Image: WikiPedia.Com

MUNCULKAN BISNISMU DI GOOGLE

Berikutnya Kak Marda dari Gapura Digital Pontianak memberikan presentasi mengenai bagaimana cara memunculkan bisnis kita di Google Bisnis dan Google Maps. Kedua fitur layanan Google ini sangat penting untuk dimiliki oleh para UMKM Kalbar karena akan mudah dicari calon pembeli nantinya.

Kak Marda menjelaskan bahwa dalam era Industri 4.0 saat sekarang ini, transaksi bisa dilakukan dengan cukup mudah. Dan ketika seseorang ingin membeli sesuatu, maka yang akan ditujunya sebagai sumber informasi adalah mesin pencari bernama Google. Oleh karena itu, jika ingin bisnis kita masuk dalam database pencarian Google, segera daftarkan di Google Bisnisku.

Secara singkat, alumni SMU Negeri 2 Pontianak ini menjelaskan cara melakukan pendaftaran di Google Bisnisku dari awal hingga selesai. Setelah data usaha diisi dengan lengkap, maka proses selanjutnya adalah menunggu kiriman PIN verifikasi dari Google. Kak Marda menambahkan pengetahuan bahwa untuk beberapa bidang usaha seperti Apotik dan Tempat Pijat atau Spa agak sulit untuk mendapatkan verifikasi.

GARBI BUSINESS CLUB

Sebelum lanjut pada sesi tanya jawab, Ketua GARBI Kalimantan Barat menjelaskan bahwa nantinya diskusi-diskusi positif seperti ini akan rutin dilaksanakan 2 (dua) minggu sekali dimana temanya akan menyesuaikan sesuai kebutuhan dan kondisi. Dan bagi para peserta kegiatan Ngopi Milenial Arah Baru Bisnis 4.0 kali ini, dapat bergabung dalam program GARBI Business Club dengan tujuan bisa mendapatkan info terbaru mengenai agenda-agenda sharing dan diskusi yang akan dilaksanakan.

Begitu sesi tanya jawab dibuka, para peserta yang merasa penasaran dengan penerapan sistem pemasaran secara digital langsung mengacungkan tangannya. Siapa mengira ternyata diantara para peserta, ada yang datang dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Dirinya bertanya mengenai gimana teknik pemasaran digital yang efektif dan efisien.

Nah untuk pertanyaan diatas, Mardalina Handayani, S.Pd selaku Penanggung Jawab Gapura Digital Pontianak memberikan kesempatan kepada penanya dan para peserta lainnya untuk dapat hadir dalam kegiatan Gapura Digital Pontianak yang dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu. Adapun materi yang akan disampaikan mengenai Panduan Dunia Digital, Google untuk Bisnismu, Tips Website Efektif, dan Pengenalan SEO & SEM.

Alhamdulilah semua rangkaian dalam kegiatan Ngopi Milenial Arah Baru Bisnis 4.0 perdana kali ini berjalan dengan sukses dan lancar. Insya Allah seperti apa yang sudah dijelaskan diatas bahwa kedepannya kegiatan-kegiatan positif seperti ini akan rutin dilaksanakan oleh GARBI Kalimantan Barat. Sesuai kebiasaan, sebelum kegiatan berakhir maka sesi foto bersama pun wajib dilakukan. Salam buat semuanya. Cheerrrsss… (DW)

DENAH LOKASI

You might also like
1 Comment
  1. Tuxlin says

    wah bisnis 4.0 segera hadir ini… Musti persiapan diri biar nggak ketinggalan kak 😀

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More