Google Site Kit WordPress Plugin, Analisa Website dalam Satu Tampilan

Meski sudah diluncurkan sekitar 6 (enam) bulan lalu, sepertinya keberadaan akan adanya fitur baru dari Google yaitu Site Kit masih belum banyak diketahui para penggunanya. Blogger Borneo sendiri juga baru tahu mengenai adanya fitur ini kemarin dari informasi yang disebarkan melalui salah satu WhatsApp Group yang diikuti.

Merasa penasaran, Blogger Borneo langsung mencari informasi mengenai fitur Google Site Kit ini. Salah satu referensi informasi diperoleh dari laman website centerklik.com. Dalam salah satu postingannya yang berjudul Penjelasan dan Cara Instal Plugin Google Site Kit WordPress, dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu fitur Google Site Kit dan bagaimana menginstalnya di blog berbasis WordPress.

Menjadi kabar bahagia tersendiri bagi para pengguna blog berbasis content management system (CMS) WordPress di seluruh dunia karena Google pertama kali menyediakan fitur Site Kit ini dalam bentuk plugin yang bisa langsung diinstal secara gratis dari dashboard nya. Jadi begitu mengetahui mengenai keberadaan fitur ini, Blogger Borneo langsung menginstalnya di BloggerBorneo.Com.

Google Site Kit

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai fitur Google Site Kit ini, Blogger Borneo ingin memberikan pemaparan singkat tentang apa itu Google Site Kit dan keuntungan apa yang akan diperoleh jika menggunakan fitur terbaru Google ini.

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pembuka diatas bahwa sebenarnya Google telah merilis fitur Site Kit versi 1.0 dalam bentuk plugin WordPress sekitar 6 (enam) bulan lalu. Dan setelah beberapa bulan berjalan, Google akhirnya merilis penuh plugin Google Site Kit nya di bulan ini.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hubungan antara Google dengan WordPress sejak dulu hingga saat ini tetap romantis meskipun pada kenyataannya sebenarnya Google juga memiliki platform blog sendiri yaitu Blogger.Com. Hal ini dikarenakan Google melihat bahwa diantara semua perusahaan penyedia CMS, WordPress adalah pilihan utama.

Integrasi dalam Satu Tampilan

Secara umum, Blogger Borneo melihat fitur Google Site Kit ini memberikan kemudahan bagi para pemilik blog atau website untuk memantau, menganalisis, dan meningkatkan kinerja blog atau websitenya secara efektif langsung melalui dashboard WordPress.

Jadi, cukup instal plugin ini maka Blogger Borneo dapat langsung melihat 4 (empat) jenis laporan dalam satu tampilan, antara lain: Search Console, Google Adsense, Google Analytics, dan PageSpeed Insights.

Dengan Site Kit tidak diperlukan pengeditan kode tambahan karena semua prosesnya berjalan otomastis, cukup log-in dan approval permintaan akses masuk untuk pertama kalinya. Cukup mudah dan sangat simpel.

Manfaat Google Site Kit

Karena sistemnya sudah terintegrasi, maka semua jenis laporan yang disediakan sudah langsung dapat dilihat dan dianalisa dalam satu tampilan. Kondisi ini berbeda ketika sebelumnya para pengguna harus masuk ke masing-masing akun untuk dapat melihat laporannya.

Untuk dapat memanfaatkan Site Kit secara maksimal, Google merekomendasikan untuk meninjau dashboard utama minimal seminggu sekali. Selain itu, kita juga dapat memeriksa statistik setiap halaman dengan menavigasi ke halaman dan mengklik Site Kit di sidebar admin blog kita.

Dengan data ini, Google merekomendasikan untuk membandingkan halaman berkinerja terbaik dan melihat bagaimana orang menemukannya. Ini dapat membantu kita menemukan tren, seperti topik mana yang paling banyak terlibat di Twitter, dan mendapatkan data mengenai paling banyak keterlibatan di Facebook, dan sebagainya.

Fitur Google Site Kit

Secara sederhana, Google Site Kit mengambil data manajemen dan kinerja situs web dari Google dan menampilkannya di dashboard WordPress kita. Setelah Google Site Kit diinstal, maka secara langsung kita akan bisa mendapatkan data sama persis dan langsung di dashboard WordPress. Beberapa data produk Google yang bisa diakses melalui Site Kit, antara lain:

Google Search Console

Google Search Console merupakan alat yang hebat untuk menganalisis kinerja situs web di Google Search. Ini melaporkan status pengindeksan, lalu lintas, dan metrik optimasi mesin pencari (SEO).

Google AdSense

Google AdSense adalah platform terkemuka di industri periklanan untuk menjalankan iklan kontekstual di situs web WordPress kita. Ini adalah salah satu jaringan monetisasi atau periklanan terbaik di pasaran untuk saat ini. Banyak juga para blogger dan pemilik situs-situs besar di dunia menjadikan Adsense sebagai sumber penghasilan utama mereka.

Google Analytics

Google Analytics adalah alat pelacakan pengunjung standar industri yang menyediakan berbagai cara untuk melacak perilaku pengunjung, statistik lalu lintas waktu-nyata, perjalanan pengunjung di blog atau website kita. Selain itu dapat juga memperlihatkan metrik kinerja penting lainnya seperti rasio pentalan, jumlah pengunjung (baru dan kembali) setiap harinya.

Google PageSpeed ​​Insights

Diantara ketiga produk Google diatas, Google PageSpeed Insights ini termasuk populer karena fungsinya membantu para webmaster untuk mengecek kecepatan blog atau website yang mereka kelola. Selain itu, Google juga memberikan informasi mengenai apa-apa saja yang harus dilakukan agar kinerjanya ketika diakses para pengunjung bisa lebih optimal.

Cara Instal

Untuk dapat menggunakan semua jenis layanan yang disediakan oleh Google Site Kit, caranya cukup mudah. Masuk ke dashboard WordPress Anda, pilih menu Plugin kemudian Add Plugin atau Tambahkan Plugin. Ketikkan kata kunci “Google Site Kit” pada kolom pencarian dan tunggu sampai muncul tampilan.

Setelah nama plugin tersebut muncul, klik Install/Pasang dan ketika proses instalasi selesai langsung klik Active/Aktifkan. Ikuti proses instalasinya secara bertahap sesuai wizard. Anda cukup Oke dan terima permintaan otorisasi untuk dapat mengakses informasi di akun Google yang dibutuhkan.

Setelah semua proses instalasi selesai, maka semua laporan akan dapat langsung dilihat di dashboard blog atau website sesuai jenis produk Google apa yang diinginkan. Selamat mencoba ya… (DW)

1 Comment
  1. thimbu says

    terima kasih infonya, mas. saya coba dulu. kalau ada kendala, saya tanya ama mas dwi via japri ya? 😀

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.