Menilik Manfaat dari Perdagangan Internasional bagi Anda

Manfaat dari Perdagangan Internasional

Perdagangan komoditas saat ini merupakan salah satu sektor yang sukses menyumbang sejumlah besar pendapatan ke pemerintah Indonesia. Namun faktanya, keuntungan yang begitu menggiurkan ini rupanya tidak hanya dapat dinikmati oleh pemerintah. Setiap individu, termasuk Anda sekalipun, dapat memperoleh kesempatan yang sama untuk menikmati ranumnya keuntungan yang ditawarkan oleh perdagangan internasional.

Manfaat Perdagangan Internasional bagi Anda

Besarnya volume transaksi perdagangan sudah sepantasnya menjadi perhatan bagi kita semua. Meski dengan mengambil profit yang kecil dari setiap komoditas yang diperdagangkan, namun jika aktivitas tersebut melibatkan kuantitas dalam jumlah besar, keuntungan yang diperoleh juga tidak bisa dianggap angin lalu.

Tentunya ada beragam komoditas yang dapat Anda perdagangkan secara pribadi. Melalui bantuan berbagai platform perdagangan komoditas global seperti Alpari, Anda pun berkesempatan untuk mengambil bagian dalam keuntungan besar tersebut. Sebagai sebuah platform, Alpari sendiri menawarkan kesempatan untuk melakukan perdagangan berbagai komoditas, mulai dari saham, logam, valas, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Volatilitas Perdagangan

Salah satu hal yang kerap membuat banyak orang tertarik dengan perdagangan komoditas seperti yang dilakukan di Alpari adalah besarnya keuntungan yang dapat diperoleh. Hal ini tidak terlepas dari tingginya volatilitas komoditas yang diperdagangkan, seperti mata uang asing atau valas.

Pasar mata uang merupakan salah satu pasar yang sangat reaktif terhadap kondisi perdagangan global. Kondisi perdagangan Indonesia dengan negara lain serta kebijakan yang diterapkan oleh negara-negara berpengaruh di dunia dapat dengan cepat mengubah harga komoditas mata uang di pasar perdagangan global.

Meski terlihat sedikit riskan, namun nyatanya perubahan harga komoditas valas tersebut kerap membawa keuntungan bagi trader, istilah yang digunakan untuk merujuk pada setiap orang yang melakukan aktivitas perdagangan. Perubahan nilai mata uang yang relative naik dari waktu ke waktu, menjadikan komoditas perdagangan ini sangat menggiurkan untuk dilirik. Memang ada kalanya mata uang mengalami pelemahan, namun jika dilihat berdasarkan tren perkembangan dari tahun ke tahun, biasanya tren yang terjadi adalah kenaikan nilai mata uang. Hal ini tidak terlepas dari inflasi yang dialami sebuah negara.

Mengelola Risiko

Ketika dihadapkan dengan perdagangan komoditas seperti ini, tak sedikit orang mengalami keraguan. Tak sedikit orang menganggap bahwa perdagangan komoditas berjangka seperti ini sangat berisiko. Akan lebih baik tidak melakukan apa-apa sama sekali daripada harus menderita kerugian.

Meski tidak dapat disangkal tentang adanya risiko, faktanya setiap kegiatan perdagangan maupun investasi pasti berurusan dengan risiko. Kunci keberhasilannya sendiri terletak pada kemampuan kita dalam mengelola risiko tersebut.

Pengelolaan risiko yang dimaksud mencakup analisis kondisi pasar perdagangan global, baik dari segi aktivitas pasar maupun kebijakan pemerintah.

Salah satu contoh kebijakan pemerintah yang harus diperhitungkan adalah terkait pelarangan ekspor biji nikel dan timah dalam bentuk mentah mulai 1 Januari 2020. Kebijakan seperti ini tentu akan berdampak langsung terhadap harga nikel dan timah di pasar global, mengingat peran Indonesia sebagai salah satu pengekspor timah dan nikel yang cukup besar di dunia.

Meski baru akan berdampak pada tahun 2020, namun sejak rencana tersebut mulai dibahas, tentunya akan menimbulkan reaksi pasar. Hal ini akan berujung pada pergolakan harga kedua komoditas tersebut di pasar global.

Seluruh data terkait aktivitas pasar dikumpulkan dan dipelajari untuk kemudian digunakan membangun sebuah analisis yang mendalam. Analisis inilah yang kemudian dijadikan dasar pembuatan keputusan perihal akan membeli atau menjual komoditas yang dimiliki. (ADV)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More