Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Info Penerimaan Pegawai Bank Indonesia Terbaru September 2016

Bank Indonesia dalam kapasitasnya sebagai bank sentral memiliki satu tugas yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Ada dua aspek yang selalu dipantau oleh Bank Indonesia terkait dengan tugasnya, antara lain:

  1. Kestabilan nilai mata uang terhadap perputaran barang dan jasa;
  2. Kestabilan nilai mata uang terhadap mata uang negara lain.

Pada poin pertama, stabil tidaknya mata uang dilihat dari pergerakan laju inflasi. Sedangkan pada poin kedua, kestabilan dilihat dari nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain. Dua poin ini menjadi tolok ukur dalam mengukur kinerja Bank Indonesia sekaligus memperjelas sasaran yang harus dicapai serta batasan-batasan tanggung jawabnya. Dan dalam aktivitasnya mendukung tercapainya sasaran tersebut, Bank Indonesia memiliki tiga bidang tugas, yaitu: Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, dan Stabilitas Sistem Keuangan.

KESEMPATAN BERKARIR DI PCPM BANK INDONESIA

PCPM merupakan program pengembangan yang diberikan kepada calon pegawai yang dipersiapkan secara khusus untuk menjadi kader pimpinan Bank Indonesia di masa mendatang, melalui penguatan kompetensi teknis dan perilaku sesuai job family, internalisasi nilai-nilai strategis dan pengembangan kapasitas kepemimpinan pegawai.

Lowongan Kerja Bank Indonesia Terbaru
Sumber: PPM-Rekrutmen.Com

Untuk saat sekarang ini, PCPM membuka kesempatan kepada para pemuda-pemudi terbaik bangsa untuk dapat bergabung dan menjadi bagian dari Bank Indonesia. Adapun beberapa posisi yang dibutuhkan, antara lain:

BIDANG MONETER (KODE: MON)

Kelompok jabatan atau pekerjaan yang menjalankan tugas terkait pengendalian nilai tukar yang tercermin dalam kestabilan nilai rupiah, baik terhadap harga barang dan jasa maupun terhadap mata uang lain. Tugas dan wewenang bagian ini mencakup antara lain fungsi riset ekonomi, keuangan, dan moneter, perumusan kebijakan moneter; pengelolaan neraca pembayaran; survei, pengelolaan dan publikasi data statistik ekonomi dan moneter; studi kelembagaan internasional; kerja sama internasional; studi kebanksentralan; komunikasi kebijakan.

BIDANG MARKET (KODE: MAR)

Kelompok jabatan atau pekerjaan terkait pengelolaan devisa, operasional pengendalian moneter, dan pengembangan dan penyelenggaraan pasar. Tugas dan wewenang bagian ini mencakup antara lain fungsi pengaturan dan operasional pengendalian moneter; pengaturan dan analisa pasar uang rupiah (domestik valas); manajemen nilai tukar; manajemen devisa; analisa pasar keuangan internasional.

BIDANG STABILITAS SISTEM KEUANGAN (KODE: SSK)

Kelompok jabatan atau pekerjaan yang menjalankan tugas untuk mencegah dan mengurangi risiko sistemik keuangan, mendorong fungsi intermediasi yang seimbang dan berkualitas serta melakukan pengembangan UMKM. Tugas bagian ini mencakup antara lain fungsi riset dan surveillance SSK; harmonisasi regulasi dan pengawasan sektor keuangan; koordinasi sektor keuangan; crisis management; informasi dan data sistem keuangan; riset, pengaturan dan pengembangan industri perbankan; koordinator dan pemantauan implementasi kebijakan dan ketentuan perbankan; pusat informasi kredit; perlindungan nasabah meliputi mediasi dan edukasi; pengembangan perkreditan dan keuangan mikro; koordinasi pengembangan UMKM.

BIDANG SISTEM PEMBAYARAN DAN PENGEDARAN UANG RUPIAH (KODE: SP & PUR)

Kelompok jabatan atau pekerjaan yang menjalankan tugas mengatur dan mengelola mekanisme pemindahan dana dari suatu kegiatan ekonomi serta dan melakukan pemenuhan kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi layak edar serta aman dari upaya pemalsuan. Tugas bagian ini mencakup antara lain fungsi riset dan pengembangan sistem pembayaran; pengaturan dan informasi sistem pembayaran; perizinan dan pengawasan sistem pembayaran; operasional sistem pembayaran (operasional sistem pembayaran non tunai, perencanaan dan pengaturan serta informasi pengedaran uang, pengelolaan peralatan kas); penanganan uang palsu.

BIDANG ENABLER (KODE: ENB)

Kelompok jabatan dan pekerjaan terkait fungsi pendukung yang menjadi pemampu terhadap berjalannya fungsi-fungsi utama. Tugas bagian ini mencakup antara lain fungsi hukum, komunikasi, pengelolaan teknologi dan informasi, pengelolaan organisasi dan SDM, pengelolaan aset dan keuangan, dan dukungan organisasi lainnya.

Yang termasuk dalam fungsi bidang ini meliputi: Communication (PR), General Audit and Risk, Strategic Management, Legal, Finance, IT Specialist, dan HR Specialist.

Info lengkap mengenai persyaratan umum dan khusus, ketentuan seleksi, tata cara registrasi, dan jadwal kegiatan dapat dilihat melalui halaman http://www.ppm-rekrutmen.com/bankindonesia/.

Silahkan mendaftar dan semoga sukses. (ADV)

 

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.