Ini Dia 5 Manfaat Internet untuk Bisnis UMKM

Internet memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan manusia di masa sekarang ini. Salah satu yang paling dirasakan adalah manfaat internet untuk bisnis. Ada banyak kemajuan yang dirasakan di sektor bisnis, terutama UMKM sejak kemajuan internet.

Image: Google.Com

Manfaat Internet untuk Bisnis UMKM

Ungkapan tersebut bukan hanya isapan jempol atau omong kosong. Semuanya dibuktikan dengan data. Mari simak pembahasannya yang akan disampaikan secara lengkap pada artikel ini.

UMKM yang menggunakan internet di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada tahun 2017 lalu, Kemenkop UKM menyampaikan bahwa ada 3,79 juta UMKM yang sudah go online atau menggunakan internet untuk berbisnis.

Lima tahun kemudian, lebih tepatnya pada Februari 2022 lalu, jumlah UMKM yang sudah menggunakan platform digital sebanyak 17,25 juta.

Fenomena UMKM yang Menggunakan Internet untuk Keperluan Bisnis

UMKM yang sudah menggunakan internet serta platform digital sudah tumbuh 4 kali lebih besar. Perkembangan ini justru terjadi lebih cepat karena fenomena pandemi Covid 19.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis pada 25 Oktober lalu, jumlah UMKM yang sudah terhubung dengan ekosistem ada 20,2 juta unit. Pertumbuhan ini terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah gencarnya pemerintah dalam menggalakkan UMKM go online.

Internet adalah salah satu elemen penting yang mendukung digitalisasi UMKM. Pasalnya, internet memberikan banyak manfaat yang mendukung kemajuan bisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

1. Mempermudah Proses Riset Pasar

Sebelum mulai menjalankan bisnis, pelaku UMKM perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui beberapa hal berikut ini.

  • Siapa saja yang menjadi target pasar dari bisnis yang akan dijalankan
  • Mengetahui jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen
  • Mengetahui harga jual yang sesuai dengan daya beli calon konsumen
  • Cara promosi seperti apa yang tepat

Internet membantu pelaku UMKM untuk melakukan riset pasar. Jadi, riset tidak harus dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan. Semuanya bisa diamati dengan bantuan internet.

2. Memperluas Jangkauan Pasar dan Meningkatkan Angka Penjualan

Ada ungkapan bahwa internet bisa mendekatkan yang jauh. Hal ini adalah fakta dan bisa dirasakan langsung oleh UMKM.

Dengan bantuan internet, pelaku bisnis bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Sebelumnya, jangkauan pasarnya mungkin hanya mencakup satu kota atau wilayah saja. Sekarang sudah bisa sampai ke seluruh belahan dunia.

Terlebih promosi di internet bisa dilakukan dengan lebih mudah dan murah. Hal ini semakin meningkatkan jangkauan pasar serta meningkatkan angka penjualan.

3. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Konsumen

Peran internet untuk keperluan bisnis yang selanjutnya adalah meningkatkan kualitas hubungan dengan konsumen atau pelanggan.

Dengan media sosial, pelaku UMKM bisa berinteraksi langsung dengan konsumen. Selain itu, email juga menjadi salah satu media yang dipakai untuk menjalin komunikasi yang lebih dekat.

4. Bisnis Bisa Berjalan 24/7

Kalau memilih UMKM konvensional, bisnis hanya terjadi ketika jam operasional. Berbeda dengan bisnis UMKM yang sudah dijalankan menggunakan internet, misalnya dengan e-commerce.

Pesanan akan tetap masuk meski pemiliknya sedang offline atau beristirahat. Barulah pengemasan dan pengiriman dilakukan ketika jam operasional.

5. Mengukur Keberhasilan Bisnis dengan Akurat

Dahulu, mengukur keberhasilan bisnis sangat sulit untuk dilakukan. Berkat internet, keberhasilan bisnis bisa diukur dengan akurat.

Platform seperti media sosial dan e-commerce menyediakan data yang berkaitan dengan performa. Jadi, pelaku UMKM bisa mengetahui apakah bisnis dan promosinya berjalan dengan baik atau tidak.

Bisa disimpulkan bahwa manfaat internet UMKM untuk bisnis sangat banyak. Bahkan manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh bisnis skala UMKM, tapi seluruh pelaku bisnis di dunia. (DW)

LinkCollider - Free Social Media Advertising

Free Social Media Advertising

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!