Indonesia Website Awards

Ini Pengertian & Ragam Jaringan Internet yang Perlu diketahui Pelaku Bisnis

Butuh koneksi internet untuk bisnis? Beralihlah ke ASTINet Telkom yang menyediakan akses internet kencang dan tidak terkendala cuaca. Besar atau kecil skala bisnis Anda, komunikasi merupakan hal yang sangat esensial.

Image: Google.Com

Ragam Jaringan Internet

Akses internet yang stabil merupakan sebuah keharusan karena Anda dituntut untuk responsif terhadap klien, konsumen, mitra kerja, maupun stakeholder lainnya. Mengenai jaringan internet, Anda perlu mengenali ragamnya untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

LAN (Local Area Network)

LAN mempunyai cakupan yang sempit. Radiusnya hanya sekitar 1 km, misalnya di area rumah, kantor, atau sekolah. Koneksi antara satu komputer dan komputer lain didukung oleh kabel ethernet. Namun, seiring perkembangan teknologi, saat ini LAN dapat digunakan tanpa kabel, yakni dengan teknologi 802.11b. Jaringan ini disebut WLAN (Wireless Local Area Network).

WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan kumpulan dari LAN yang memiliki jangkauan lebih luas, mencakup negara dan benua. Media transmisi yang digunakan ialah satelit dan kabel bawah laut.

RajaBackLink.com

MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan ini punya cakupan yang lebih luas, yakni meliputi radius 50 km. Cakupannya bisa sampai satu kecamatan, kota, bahkan lintas provinsi. Jaringan ini terhubung lewat kabel dan memiliki kecepatan transfer data yang cepat. Penggunaannya biasanya untuk kepentingan antar departemen atau instansi pemerintahan.

Baca Juga:   ROG Zephyrus G14 Alan Walker Special Edition Gabungkan Nuansa Musik dalam Sebuah Laptop Gaming Canggih dan Stylish

PAN (Personal Area Network)

PAN memiliki jangkauan yang cukup sempit, yakni sekitar 10 meter saja. Penggunaannya hanya untuk keperluan transfer data pribadi. Misalnya dari ponsel ke laptop atau PC. Koneksinya didukung oleh teknologi Bluetooth.

CAN (Campus Area Network)

Sesuai namanya, jaringan ini digunakan untuk wilayah kampus atau sekolah. Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan komputer antarbagian, fakultas, gedung, maupun laboratorium di kampus. Misalnya, untuk menghubungkan komputer di bagian kemahasiswaan dengan keuangan di kampus.

Internet

Terakhir, ada jaringan yang sangat familier dalam kehidupan sehari-hari, yakni interconnected network. Jaringan internet paling luas cakupannya karena bisa menghubungkan komputer tanpa dibatasi oleh jarak, bahkan lintas negara. Syarat utamanya adalah perangkat-perangkat yang digunakan masih terhubung dengan transmisi sinyal.

Bagi Anda yang sedang merintis dan mengembangkan bisnis, koneksi internet yang kencang merupakan penunjang utama dalam berkomunikasi. Internet dedicated merupakan pilihan yang sangat bagus karena memastikan internet stabil.

ASTINet Telkom jawaban atas kebutuhan Anda. Layanan ASTINet tidak hanya berupa akses internet yang cepat, tetapi juga stabil tanpa terkendala cuaca. Mari tingkatkan produktivitas perusahaan bersama ASTINet! (DW)

 

Baca Juga:   Alat Pelacak Kendaraan, Memantau Mobilitas dengan Presisi Tinggi

 

Don`t copy text!