IWITA Kalbar Gandeng Pegadaian Pontianak dalam Misi Mencerdaskan Perempuan Melalui Teknologi Informasi

Di tahun 2018 ini, Pontianak terpilih menjadi salah satu diantara 12 kota penyelenggara kegiatan Sosialisasi Program Agen Pegadaian #BisnisJamanNow yang diselenggarakan berkat kerjasama IWITA dan PT Pegadaian Persero.

Satu pesan dari seseorang yang namanya masih cukup dikenal via japri di WA membuat Blogger Borneo langsung bertanya-tanya mengenai ada apakah gerangan. Mungkin bagi kawan-kawan yang dulunya pernah ikut serta dalam kegiatan Kopdar 1000 Blogger Nusantara di Sidoarjo pada tahun 2011 sudah pasti mengenal sosok tersebut.

Mubarika Darmayanti, demikian nama lengkap dari seseorang yang menghubungi Blogger Borneo di ujung sana. Akhirnya setelah sekian lama tak bertemu, di tahun 2018 kami diberikan kesempatan untuk kembali bertemu dalam momen penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi Agen Pegadaian #BisnisJamanNow yang baru saja diselenggarakan di kota Pontianak, tepatnya di Hotel G Jalan Jenderal Urip No.73, Pontianak, Kalimantan Barat.

Singkat kata, Blogger Borneo diminta untuk menjadi koordinator lokal dalam kaitannya mempersiapkan segala keperluan yang terkait, seperti: mengundang para peserta, mencari hotel tempat pelaksanaan kegiatan, menentukan narasumber lokal yang kompeten, menghubungi pihak-pihak yang menyediakan jasa dokumentasi dan MC, dan yang tidak kalah pentingnya tentu saja mempersiapkan kebutuhan Mbak Mubarika dan tim nya selama dua hari nanti di Pontianak.

SEKILAS MENGENAI IWITA

Sebagai salah satu organisasi yang fokus di pengembangan kapasitas para perempuan di Indonesia, IWITA yang merupakan singkatan dari Indonesia Women IT Awareness selalu mengadakan kegiatan-kegiatan positif dalam bentuk pendidikan, pelatihan, seminar, lokakarya, sosialisasi, promosi dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bidang perempuan dan teknologi informasi.

Sejak tahun 2009, IWITA telah banyak bekerja sama dengan berbagai stakeholders dan selama ini IWITA mendapat dukungan dari lembaga-lembaga IT terkemuka di Indonesia khusus untuk tujuan peningkatan, pembelajaran, implementasi dan sosialisasi di bidang teknologi informasi bagi perempuan Indonesia.

IWITA (Indonesia Women Information Technology Awareness) adalah Organisasi Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi Informasi sebagai organisasi berbadan hukum yang memiliki “positioning” mencerdaskan Perempuan Indonesia melalui Teknologi Informasi.

IWITA didirikan oleh Martha Simanjuntak, SE. MM pada tanggal 9 April 2009 yang berkedudukan di Jakarta dan mempunyai daerah operasional di seluruh Indonesia, berdasarkan Akta Pendirian No. 5 tanggal 7 Januari 2011, Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No. AHU-87.AH.01.06. Tahun 2011 dan disahkan oleh Notaris Nurhasanah, SH, MKn.

Adapun Daerah Operasional IWITA saat ini :

Image: Iwita.ID
Founder IWITA Martha Simajuntak

IWITA Sulawesi Selatan

Ketua : Bagus Dibyo Sumantri

IWITA Jawa Timur

Ketua : Wintari

IWITA Sumatera Utara

Ketua : Trisna Pardede

IWITA Papua

Ketua : Sarce Riana Taime
Sekjen : Alldo F. Mooy

IWITA Maluku

Ketua : Yusnita Tiakoly

IWITA Nusa Tenggara Timur

Ketua : Habib Almaskaty

IWITA Kalimantan Timur

Ketua : Trie Adventhia Natalia Simbolon

IWITA Bekasi

Ketua : Sumiyati

IWITA Kalimantan Barat

Ketua : Dwi Wahyudi, SE

KEGIATAN IWITA PERTAMA DI KALIMANTAN BARAT

Nah, di tahun 2018 ini IWITA bekerjasama dengan PT Pegadaian Persero menyelenggarakan kegiatan bertemakan Sosialisasi Agen Pegadaian #BisnisJamanNow di 12 kota di Indonesia dimana salah satu diantaranya adalah Pontianak. Tentu saja dalam hal penentuan kota-kota mana saja yang akan dikunjungi, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Yang pasti kota Pontianak ditunjuk karena dianggap memiliki potensi sekaligus mampu menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Alhamdulillah satu minggu sebelum pelaksanaan kegiatan, jumlah peserta yang akan diundang sudah memenuhi kuota yang ditentukan. Bahkan mungkin jika diberi jatah lebih lagi, masih banyak para pelaku UMKM di Pontianak ingin turut serta dalam kegiatan ini. Rasa antusias yang cukup tinggi membuat mereka selalu merespon positif kegiatan-kegiatan seperti ini.

Persiapan Sosialisasi Agen Pegadaian IWITA Kalbar
Image: Dok. Pribadi

Tepat satu hari menjelang pelaksanaan kegiatan, Blogger Borneo yang didapuk menjadi Ketua IWITA Kalimantan Barat secara langsung oleh Sang Founder Mbak Martha langsung melakukan koordinasi dengan pihak IWITA dan Pegadaian Cabang Pontianak. Secara garis besar, kami membahas mengenai teknis pelaksanaan kegiatan keesokan harinya sekaligus memastikan semua persiapan sudah mencapai apa yang diharapkan.

Tepat pada pukul 7.15 pagi, Blogger Borneo sudah berada di lokasi pelaksanaan kegiatan. Tampak ruangan sudah siap dengan kursi tersusun rapi. Meskipun dalam jadwal open registration baru dimulai pada jam 8 pagi, namun beberapa diantara peserta sudah ada yang datang ke lokasi dan melakukan pendaftaran.

Kegiatan Sosialisasi Agen Pegadaian #BisnisJamanNow sesuai jadwal akan dimulai pada jam 08.30-11.30 WIB. Secara garis besar inti dari kegiatan ini adalah memberikan pemaparan mengenai apa yang dimaksud dengan program Agen Pegadaian dan juga penyampaian materi dari para narasumber yang cukup berkompeten di bidangnya.

Blogger Borneo Menjadi Moderator Sosialisasi Agen Pegadaian IWITA Kalbar
Image: Dok. Pribadi

Di kesempatan ini, Blogger Borneo diminta untuk menjadi moderator dan mendampingi para pemateri, antara lain: Bapak Ade Harsono dan Bang Imanullah dari Perwakilan Pegadaian Cabang Pontianak dan Bang Anton Juniardi dari PLUT Kalimantan Barat. Secara bergantian ketiga narasumber ini memberikan pemaparan terkait motivasi bagi para peserta yang hadir, gambaran umum pengenai program PT Pegadaian Persero, dan teknis penggunaan aplikasi android untuk Agen Pegadaian dan Pegadaian Mobile.

Meski berlangsung cukup singkat, namun para peserta undangan yang hadir dapat menangkap semua materi yang disampaikan. Dan ketika sesi pemaparan materi selesai, secara bergantian para peserta langsung mengajukan pertanyaan yang umumnya seputar syarat dan ketentuan apa saja yang harus dipenuhi untuk dapat menjadi Agen Pegadaian.

Sesi Tanya Jawab Sosialisasi Agen Pegadaian IWITA Kalbar
Image: Dok. Pribadi

Alhamdulillah selama kurang lebih 2 jam masa pelaksanaan, semua sesi berjalan secara lancar dan sesuai harapan. Kedepannya para peserta berharap bahwa kegiatan-kegiatan positif seperti ini tidak hanya sekali saja dilakukan, jika memang dimungkinkan dalam beberapa waktu ke depan kegiatan lanjutannya bisa dilaksanakan karena masih banyak kawan-kawan mereka yang ingin bisa ikut serta namun tidak mendapatkan kesempatan dikarenakan keterbatasan tempat kali ini.

Harapan yang sama juga Blogger Borneo sampaikan dimana jangan sampai kegiatan ini menjadi kegiatan yang pertama dan terakhir dilaksanakan karena bagaimanapun para pelaku UMKM di Indonesia umumnya dan Kalimantan Barat khususnya sangat butuh dengan sharing-sharing ilmu seperti ini.

Tidak lupa Blogger Borneo ucapkan terima kasih kepada Pegadaian Cabang Pontianak yang telah memberikan dukungan sepenuhnya sehingga kegiatan Sosialisasi Agen Pegadaian #BisnisJamanNow di Pontianak bisa terlaksana dengan cukup sempurna. Dan Insya Allah selaku Ketua IWITA Kalimantan Barat, Blogger Borneo akan tetap mengupayakan kegiatan-kegiatan positif seperti ini akan dapat terus dilaksanakan secara rutin. Amin… (DW)

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More