BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Napak Tilas 22 Tahun LPM Equator Kalbar, Memberi Dampak Perubahan Signifikan bagi Daerah

LPM EQUATOR KALBAR merupakan cabang dari LPM EQUATOR BOGOR yang pada tanggal 05 Januari kemarin telah memasuki usia ke-22 Tahun, usia yang cukup matang dan lagi semangat-semangatnya dalam berkiprah pada dunia pengembangan dan pemberdayaan.

LPM Equator Kalbar

Reformasi yang telah bergulir sejak tahun 1998 memberikan dampak yang luas pada perubahan sistem pemerintahan.

Jika pada era Orde Baru kekuasaan sangat bersifat sentralistik, reformasi melahirkan sistem pembagian kekuasaan yang mulai terdistribusi antara pemerintahan pusat dengan pemerintahan daerah.

Hal ini terwujud dalam Sistem Desentralisasi yang secara legal dilahirkan lewat Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-undangan ini kemudian menjadi dasar Perubahan Kedua UUD 1945 seperti tertuang pada Bab VI Pemerintahan Daerah pasal 18, 18A, dan 18B.

Perubahan aturan negara seperti di atas menempatkan daerah menjadi aktor sentral dalam pengelolaan republik yaitu dalam prinsip otonomi dengan desentralisasinya.

Sejarah Singkat

LPM Equator Kalimantan Barat merupakan salah satu Cabang LPM Equator Pusat yang berdiri pada tanggal 12 Mei 2010, diinisiasi oleh 4 orang yang dikenal sebagai 4 Sekawan yaitu Toni, Teno, Jumadi dan Ermina.

Keempat orang tersebut langsung ditetapkan sebagai Pendiri Cabang di Kalimantan Barat melalui surat keputusan BADAN PENGURUS YAYASAN LEMBAGA PENGEMBANGAN MASYARAKAT (LPM) EQUATOR Nomor: 12/SK/LPM-EQ/V/2010.

Berdirinya LPM Equator Kalbar didorong oleh adanya kebutuhan antara pusat dan daerah dalam hal mensinergikan segala program yang ada dipusat untuk daerah.

Setelah tujuh bulan berjalannya kepengurusan, pada tanggal 26 Desember 2010 terjadi perombakan nama lembaga yang semula Lembaga Pengembangan Masyarakat (LPM) Equator Kalbar kemudian menjadi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Equator Kalbar.

Hal ini dilakukan atas dasar kesepakatan seluruh jajaran kepengurusan dengan memperhatikan kebutuhan serta potensi daerah.

Untuk legalitas lembaga khususnya Lembaga Pengembangan Masyarakat (LPM) Equator Kalbar telah terdaftar di akte notaris nomor 11 pada tanggal 28 desember 2010 dan terdaftar di Pengadilan Tinggi Negri Pontianak serta terdaftar di kantor pajak dengan NPWP 02.018.378.6-701.001.

Kepemimpinan LPM Equator Kalbar tidak mengadopsi kepemimpinan yang statusquo, hal ini telah berulang kali dan silih berganti pucuk pimpinan terus bergulir agar mendapatkan suasana dan target baru..

Visi dan Misi

Visi Lembaga

Menjadi lembaga pemberdayaan masyarakat yang terkemuka, yang menguasai aspek fasilitasi (facilitation), kependidikan (education), keteknisan (technical), dan perwalian (representation) yang berkaitan dengan upaya pemberdayaan masyarakat.

Misi Lembaga

Mempermudah dan memperlancar proses pengembangan masyarakat. Menumbuhkan kesadaran, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat sesuai dengan potensi diri dan lingkungannya. Memperkuat posisi tawar masyarakat dengan pihak lain dalam upaya pemberdayaan dirinya.

Peran Lembaga

Lembaga Pemberdayaan (LPM) Equator Kalbar berperan sebagai:

1. Katalisator

Mempercepat proses pemberdayaan masyarakat.

2. Fasilitator

Menjembatani antara misi pemberdayaan (kebijakan pemerintah dan lembaga), standar teknis (manual-manual teknis dan kepentingan/kebutuhan masyarakat sasaran pemberdayaan).

3. Advokator

Melakukan upaya pembelaan dan keberpihakan terhadap kelompok masyarakat yang mengalami permasalahan yang kompleks.

4. Pendamping

Lembaga selalu mendampingi kelompok sasaran secara swadaya (dengan biaya sendiri) maupun dengan bantuan atau subsidi dari pihak lain. Tim pendamping akan mendampingi secara waktu penuh (tinggal di lokasi yang bersangkutan) sampai diyakini bahwa kegiatan tersebut akan berjalan sebagaimana diharapkan.

5. Pengkader

Setiap program pada hakikatnya memiliki keharusan mempersiapkan kader-kader pengembangan keswadayaan lokal yang akan mengambil alih tugas pendampingan setelah program berakhir.

Realisasi Program

Sejak didirikan hingga saat ini, LPM Equator Kalbar telah melaksanakan beberapa program kegiatan, antara lain:

  • Seminar “Perang terhadap nikotin dan para pedagang obat demi generasi penerus bangsa Indonesia dan Bedah Buku “NIKOTIN WAR” 24 Juli 2010 Pontianak post, Harian Berkat, Borneo Tribune, ANTARA, [email protected], INSIST, RRI, Radio Vista, Radio KITA, dan LPS-Air.
  • Survei “Indeks Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Perpajakan se-Kalbar” 25 Oktober – 5 November 2010 Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Kalimantan Barat.
  • Survei dampak Program LM3 bagi penerima dan masyarakat binaan dari tanggal 8-24 November 2010 Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.
  • Edukasi dan sosialisasi Konversi LPG wilayah Kalimantan Barat 2009-2010 Kemitraan LPM EQUATOR.
  • Pengawasan dan Verifikasi Konversi LPG wilayah Kalimantan Barat 2010-2011 Kemitraan LPM Equator.
  • Survei Evaluasi Kualitatif Program PNPM Perkotaan wilayah Kalimantan Barat 2012-2013 Kemitraan LPM Equator.
  • Survei Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Perpajakan Wilayah Kalimantan Barat 2013-2015 Kanwil DJP Kalimantan Barat.
  • Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Kelayakan uang beredar di wilayah Kalimantan Barat 2016-2019 Bank Indonesia.
  • Survei Indeks Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak 2017-2019 LPM Equator Kalbar dengan PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak.
  • Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Pelayanan BPJS 2017 – 2020 Kemitraan LPM Equator dengan SWA Media Bisnis.
  • Survei Literasi Keuangan Wilayah Kalimantan Barat 2019- 2020 Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Survei Tingkat Kepuasan Pelayanan Pemangku Kepentingan KEMDIKBUDRISTEK 2016 – 2021 KEMDIKBUDRISTEK.
  • Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling up Initiative (READSI) 2019-2023 Program Pemberdayaan Masyarakat kemitraan dari Kementan dan LPM Equator.

Perubahan Signifikan

Saat ini pelaksanaan otonomi daerah telah melahirkan perubahan yang cukup signifikan, terutama berhubungan antarpelaku pembangunan, pengambilan keputusan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan.

Namun dalam prakteknya otonomi daerah masih menghadapi kendala yang harus segera dicarikan jalan keluarnya atau penanganannya secara sungguh-sungguh.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah kurangnya kreativitas dan partisipasi masyarakat secara lebih kritis dan rasional.

Di tengah era globalisasi yang serba cepat, masyarakat diharapkan memiliki daya tahan dan daya adaptasi yang tinggi agar mampu menjalani kehidupan masa depan dengan sukses.

Sebagaimana kita alami, era ini merupakan kehidupan yang bercirikan perubahan yang cepat, kompleks, penuh resiko, dan penuh dengan kejutan.

Dengan demikian individu, kelompok atau komunitas harus melakukan berbagai upaya untuk ikut berubah, menyesuaikan diri, atau mengambil kendali perubahan.

Di sisi lain interdependensi antara komunitas, terkecil sekalipun, dan dunia sebagai totalitas, membuat semakin sulit bagi seorang individu untuk menghadapi perubahan sendirian.

Untuk mencapai tujuan pembangunan masyarakat agar lebih berdaya, berpartisipasi aktif, serta penuh dengan kreativitas, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sangat dibutuhkan sebagai wadah dalam berinteraksi kepada masyarakat.

Harapan Ketua

Selamat Hari Lahir LPM EQUATOR PUSAT ke-22, semoga semakin berjaya, semakin berdaya, sdan emakin bermanfaat bagi sesama untuk menuju kesuksesan dan keberkahan bersama sahabat-sahabat Equator dari sabang sampai merauke.

LPM Equator kedepannya akan memberi warna dengan tagline ASYIK dengan makna Amanah dijalan dengan Senang. Yakin menuju kesuksesan karena kita selalu Inisiatif dan Proaktif, niscaya kita akan menjadi lebih Kompeten.

Untuk membawa warna kesuksesan lebih banyak khususnya untuk LPM EQUATOR KALBAR agar lebih ASYIK maka dalam masa kepemimpinan saya akan dipadukan dengan kunci kesuksesan berikut :

  1. Fokus maknanya LPM Equator harus mencurahkan energi, bersinergi dan berkonsentrasi memanfaatkan peluang-peluang yang ada di wilayah Kalimantan Barat.
  2. Konsisten maknanya memanfaatkan peluang hingga membuahkan hasil.
  3. Percaya Diri maknanya sebelum pihak lain mempercayakan sesuatu kepada kita maka kitalah yang harus menunjukan rasa percaya diri bahwa kita pantas untuk memperolehnya.
  4. Yakin maknanya bahwa kesuksesan itu hanyalah milik orang-orang yang yakin atas apa yang telah diperjuangkanya.
  5. Tawakkal atau berserah diri ini adalah puncak dari seluruh ikhtiar yang sudah kita lakukan.

Semoga LPM Equator Kalbar bersama seluruh keluarga besar mendapatkan kesuksesan dan keberkahan bersama-sama. Aamiin Ya Rabb…

Ketua LPM Equator Kalbar, Teno Abu Royyan juga berharap LPM EQUATOR Kalimantan Barat dapat lebih banyak berperan dalam memberikan pendampingan dan memberikan solusi kepada Masyarakat agar kebermanfaatan LPM Equator dapat dirasakan oleh lebih banyak lagi kepada masyarakat luas.

Makin Sukses… Makin Jaya… Makin Makmur… Makin Berkah Selalu…

Amin… Amin… Amin…

Salam ASYIK Sahabat LPM Equator (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More