Home Umum Manfaat Terapi Musik Untuk Kesehatan Mental

Manfaat Terapi Musik Untuk Kesehatan Mental

Manfaat Terapi Musik
Image: MottChildren.Org
Aplikasi Akuntansi Online

Apakah anda suka mendengarkan musik? Tahukah anda, jika musik tidak hanya bisa dirasakan keindahan nadanya. Akan tetapi, musik bisa bermanfaat menjadi terapi untuk kesehatan mental seseorang yang memiliki gangguan Kesehatan mental.

Anggapan tentang pendapat yang menyatakan jika musik dapat menyehatkan jiwa bukanlah isapan jempol belaka. Bahkan, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan masalah kejiwaan tertentu bisa disembuhkan melalui terapi musik.

Terapi musik sendiri merupakan program terapi yang dijalankan oleh terapis yang kompeten dengan menggunakan musik sebagai sarana penyembuhan seseorang yang mengalami gangguan Kesehatan mental.

Terapi musik yang harus dijalankan oleh seseorang berbeda-beda. Ada yang mulai dari mendengarkan musik, bernyanyi, menari, hingga menciptakan musik itu sendiri.

Diketahui jika terapi musik ini sudah terbukti secara klinis mampu membantu menangani masalah kejiwaan yang berhubungan dengan penyakit emosional, kognitif, hingga masalah sosial.

Manfaat Terapi Musik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi ini sangat membantu seseorang yang kesulitan mengekspresikan diri lewat kata-kata. Adapun manfaat lain dari terapi musik ini akan dijelaskan lebih detail sebagai berikut.

Menjalankan terapi musik bukan hanya berguna untuk menyalurkan perasaan terpendam. Akan tetapi memiliki manfaat yang lebih dari itu. Sebuah penelitian menunjukkan ada manfaat lain yang bisa didapatkan seseorang ketika mengikuti terapi musik, yaitu:

RajaBackLink.com

Menghilangkan Kecemasan dan Rasa Mengganjal Didalam Pikiran

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum melakukan operasi memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak melakukannya.

Karena pasca operasi, orang yang kembali mendengarkan musik juga cenderung tidak merasakan ketidaknyamanan sehingga membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dibanding mereka yang tidak melakukannya.

Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan

Diketahui jika mendengarkan musik atau bernyanyi juga dapat meningkatkan kemampuan fisik, psikologis, kognitif, dan emosional Anda. Jadi, tidak heran bila terapi musik juga akan membuat proses penyembuhan Anda dari penyakit tertentu menjadi lebih cepat dari biasanya.

Dapat Mengembalikan Kemampuan Berbicara

Dalam menjalankan terapi musik sangat dianjurkan untuk penderita stroke atau cedera otak traumatis yang menyerang otak kiri alias bagian otak yang mengatur kemampuan berbicara. Faktanya membuktikan jika seseorang yang pernah tertembak di bagian otak terbukti dapat kembali berbicara setelah 2 tahun menjalani terapi musik ini.

Membantu Mengurangi Efek Samping Terapi Kanker

Jika anda baru saja menjalankan terapi kanker, maka anda disarankan untuk mengikuti terapi musik. Ini dikarenakan mendengarkan musik juga dihubungkan dengan pengurangan tingkat kecemasan pada penderita kanker yang menjalani kemoterapi dan radioterapi.

Seperti yang diketahui, menjalankan kemoterapi adalah hal yang menyakitkan. Sementara, terapi musik dapat mengurangi mual dan muntah yang biasanya dirasakan pasien kemoterapi. Sehingga pasien akan merasa lebih rileks.

Dapat Membantu Membangkitkan Memori

Dengan mendengarkan musik lawas sangat berguna bagi penderita demensia karena dipercaya dapat membangkitkan ingatan sebelumnya. Dengan menjalankan terapi musik bagi penderita demensia juga dapat mengurangi agitasi, membantu komunikasi, dan meningkatkan koordinasi fisik.

Akan tetapi, untuk menjalankan terapi musik, anda harus lebih dulu berkonsultasi dengan ahlinya. Karena butuh penanganan khusus untuk terapi musik bagi mereka yang memiliki gangguan Kesehatan mental. Sehingga anda tidak bisa sembarangan.

Jika anda bingung dan tidak tahu harus kemana, maka halodoc hadir sebagai jawaban kecemasan anda. Anda bisa berkonsultasi dengan mudah. Karena di halodoc terdapat banyak ahli psikologi terpercaya yang bisa membantu anda.

Jadi, itu dia berbagai manfaat dari terapi musik untuk Kesehatan mental. Jadi, sekarang anda sudah paham kan betapa pentingnya menjaga Kesehatan mental. Hidup lebih sehat dengan selalu berpikir positif. Stay happy, stay positive thinking. Selamat mencoba! (ADV)