BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

4 Alasan Penerapan Metode Pembelajaran Interaktif bagi Generasi Muda Zaman Now

Beda zaman beda metode pembelajaran, generasi muda sekarang tidak sama dengan generasi muda tahun 80-an. Ketika lahir kita berada dalam zaman konvensional, sedangkan mereka begitu lahir langsung masuk dalam peradaban dunia digital.

Metode Pembelajaran Interaktif

Media sosial dan internet, kedua hal ini sepertinya sudah sangat erat dengan kehidupan generasi muda saat ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa pergeseran dari masanya konvensional menjadi serba digital memberi pengaruh ke segala aspek termasuk proses belajar mengajar.

Belajar merupakan kewajiban bagi setiap pelajar. Namun, terkadang mereka merasa bosan dengan model pembelajaran yang tergolong monoton. Oleh karena itu, beberapa kalangan pelajar menjadi malas dan kurang produktif untuk lebih berprestasi.

Dalam kondisi ini, peranan guru akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan minat belajar para siswanya. Guru di zaman sekarang harus lebih kreatif dan interaktif dalam memberikan pengajaran.

Membuat metode pembelajaran interaktif secara mandiri dapat menjadi solusi untuk memberikan suasana baru dalam proses belajar mengajar sehingga para siswa tidak merasa bosan ketika harus berada di kelas hampir seharian.

Membuat Siswa Lebih Aktif

Metode pembelajaran interaktif adalah teknik pembelajaran atau suatu cara yang dapat guru gunakan dalam menyampaikan materi, dengan melibatkan siswanya untuk terlibat aktif.

Aktif dalam hal memberikan tanggapan terhadap materi yang guru berikan, forum ringan bersama teman kelas, dan mencari sumber referensi lain sebagai acuan belajar.

Metode pembelajaran interaktif memungkinkan para pembelajar aktif melibatkan diri dalam keseluruhan proses, baik secara mental maupun secara fisik.

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting, kegiatan aktif ini seharusnya tidak hanya berupa keterlibatan secara fisik belaka, tetapi hal yang lebih utama adalah keterlibatan mental atau intelektual.

Dengan menerapkan pembelajaran yang interaktif, membuat siswa lebih merasa senang dan tidak bosan melaksanakan kewajiban belajar dalam suatu kelas. Selain itu, juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir.

Alasan Utama Penerapan

Terdapat 4 (empat) alasan mengapa metode pembelajaran interaktif ini perlu diterapkan dalam proses belajar mengajar bagi para generasi muda zaman now.

Alasan Pertama

Pada era digital seperti saat ini kita mengalami kemajuan teknologi dan informasi yang cukup pesat. Oleh karena itu, setiap orang mendapat tuntutan untuk dapat berpikir kreatif memanfaatkan berbagai kesempatan.

Termasuk juga kemampuan dalam mencari dan menyaring informasi dari sumber yang ada, guna keperluan penunjang belajar.

Alasan Kedua

Setiap orang senantiasa berhadapan pada berbagai masalah dan ragam pilihan, sehingga memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Karena suatu masalah dapat terpecahkan dengan pemikiran seperti itu.

Oleh karenanya siswa mendapat pelatihan untuk berpikir kritis terhadap pembahasan yang terajarkan dengan metode pembelajaran interaktif.

Alasan Ketiga

Kemampuan siswa memandang sesuatu hal dengan cara baru atau tidak biasa, merupakan keterampilan penting dalam memecahkan masalah.

Guru dapat melatih siswanya dalam kelas dengan membentuk kelompok-kelompok kecil. Kemudian memberi contoh kasus, yang bisa siswa pecahkan dengan berunding bersama teman kelompok agar menghasilkan beragam ide.

Alasan Keempat

Kreativitas merupakan aspek penting dalam berbagai hal. Termasuk juga dalam penyelesaian masalah. Mulai dari apa masalahnya, awal mula masalah tersebut terjadi, dan bagaimana cara agar masalah tersebut dapat terpecahkan.

Aplikasi Pendukung

Memadukan bidang keilmuan yang dimiliki dengan keberadaan aplikasi pendukung pembelajaran yang belakangan ini semakin banyak bermunculan tentu saja akan memberikan kemudahan bagi seorang guru untuk membuat metode pembelajaran interaktif.

Khusus pada tulisan ini, Blogger Borneo ingin berbagi informasi mengenai sebuah fitur add on yang bisa diinstal dan digunakan bersamaan dengan Powerpoint. Ya kita ketahui bersama bahwa Powerpoint merupakan aplikasi presentasi yang umum digunakan.

Inknoe ClassPoint merupakan nama dari fitur add on Powerpoint tersebut. Hanya ingin memberikan gambaran secara umum bahwa ClassPoint memiliki banyak fitur yang dapat membuat metode pembelajaran interaktif dan terasa menyenangkan.

Secara detail, informasi mengenai produk Inknoe ClassPoint dapat dibaca secara detail dalam tulisan ini >> Inknoe ClassPoint <<

Silahkan bagi para tenaga guru maupun pengajar yang ingin mencoba fitur ClassPoint dapat langsung menginstalnya dengan mengikuti video panduannya diatas. Dapatkan kode voucher untuk aktivasi ClassPoint Pro selama 30 hari  dengan mengirimkan permintaan ke nomor whatsapp 0811-56-1982. (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More