Penampakan 10 Mobil Terbaru di IIMS 2019

Kondisi Pemilihan Presiden (Pilpres) yang sedang berlangsung saat ini tidak menyurutkan semangat para produsen mobil untuk tetap memamerkan tipe-tipe mobil terbarunya dalam ajang otomotif yang cukup bergengsi yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Proses Pemilihan Presiden dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang secara serentak telah selesai dilakukan pada tanggal 17 April lalu. Sekarang tinggal menanti proses perhitungan dan rekapitulasi suara dari seluruh Tempat Pemilihan Suara yang ada. Mengenai keputusan final siapa yang terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia periode selanjutnya, masih harus bersabar sampai waktunya tiba. Maksimal pada tanggal 22 Mei 2019 seluruh hasil pemilihan suara sudah harus terkumpul dan keputusan hasil akhir sudah harus dilakukan.

Di saat kondisi sedang gonjang-ganjing saat sekarang ini dimana masing-masing dari kedua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden beradu pendapat mengenai hasil perolehan suara secara Quick Count ataupun Real Count, ternyata tidak menyurutkan semangat pihak penyelenggara untuk menggelar sebuah event besar otomotif di Indonesia dengan tema Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

GIIAS dan IIMS

Di Indonesia sendiri sebenarnya ada dua event otomotif besar skala internasional yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS). Kedua event ini mengusung konsep pameran produk otomotif terbaru dan selalu diselenggarakan di Jakarta.

Jika sebelumnya GIIAS dan IIMS diadakan di JHCC Senayan, maka menyesuaikan dengan semakin berkembangnya acara maka mulai pada tahun 2010 lokasi penyelenggaraan diputuskan pindah ke Jakarta International Expo Kemayoran. Sedangkan pada bulan Desember 2015, GIIAS untuk wilayah Surabaya, Jawa Timur dan Indonesia Timur pertama kali diadakan di Grand City Surabaya. Dan sejak tahun 2016, IIMS di Jakarta diadakan setiap bulan April.

10 Mobil Terbaru di IIMS 2019
Image: Oto.Com

Di tahun ini, IIMS dilaksanakan mulai dari tanggal 25 April – 5 Mei 2019. Lebih dari 30 produsen otomotif turut serta dalam event otomotif cukup bergengsi ini. Untuk kategori kendaraan roda empat, beberapa nama yang hadir, antara lain: Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, BMW, MINI dan Wuling.

Sedangkan untuk kategori kendaraan roda dua, beberapa brand produsen yang hadir, antara lain: Aprilia, Benelli, BMW Motorrad, Gesits, Harley-Davidson, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph, Lambretta dan Vespa.

Mobil Terbaru di IIMS 2019

Diantara semua produsen otomotif khususnya untuk kategori roda empat yang turun dalam IIMS 2019, beberapa diantaranya ada yang memamerkan produk terbarunya. Menurut informasi yang dilansir dari laman resmi Oto.Com, Rabu (01/05/2019), terdapat penampakan 10 mobil terbaru di IIMS 2019. Berikut penjelasannya:

1. Mitsubishi Xpander Limited Rp 276,6 juta

Harga: Rp. 276.600.000,- (OTR)

Sebagai produsen yang dianggap berhasil mengganggu konsentrasi para rival terdahulunya, Mitsubishi ingin selalu menunjukkan eksistensinya di segmen khusus low MPV. Merasa tidak mau kalah dengan para kompetitornya yang tampak terus berbenah, di penyelenggaraan tahun ini Mitsubishi masuk dalam kategori 10 mobil terbaru di IIMS 2019 dan mengambil momen untuk memperkenalkan seri khusus yang diproduksi terbatas yaitu 1000 unit saja.

Dari sisi eksterior, Mitsubishi Xpander Limited ini memiliki sejumlah ornamen pembeda berupa decal dan emblem limited. Sedangkan dari sisi interior sudah disarungi material kulit sintetis dan ditambahkan beberapa ornamen istimewa, salah satu diantaranya adalah plakat eksklusif nomor urut produksi kendaraan edisi terbatas. Selebihnya, fitur maupun sistem penggeraknya tak berbeda dari Xpander Ultimate yang menjadi basis pengembangan.

2. Suzuki Carry Pickup

Harga: Rp. 135.600.000,- (OTR)

Bicara mobil pick-up, sepertinya nama Suzuki sudah cukup dikenal luas. Di penyelenggaraan IIMS kali ini, Suzuki menampilkan jenis mobil pick-up generasi terbarunya. Suzuki Carry Pick-up ini memiliki dimensi dan ukuran bak yang lebih besar sehingga memiliki daya angkut yang lebih banyak dan luas. Dengan didukung mesin baru K15B-C, Suzuki berani menawarkan peningkatan performa serta efisiensi yang lebih baik dari seri sebelumnya. Semua pengembangan ini dilakukan demi memberikan kenyamanan maksimal bagi para penggunanya dalam beroperasional.

3. BMW Z4 sDrive30i

Harga: Rp. 1.459.000.000,- (OFR)

BMW Z4 sDrive30i ini dibekali mesin 2,0 liter turbo bertenaga 261 PS dengan torsi puncak 400 Nm. Melalui sistem transmisi otomatis 8-speed yang dipasang, saudara kembar Toyota Supra dari BMW ini diklaim mampu berakselerasi 0-100 km per jam hanya dalam waktu 5,4 detik. Klaim konsumsi BBM nya adalah 15 km per liter.

Layaknya roadster lain, atapnya dapat dibuka dan tersimpan ke dalam bagasi secara elektronis. Menariknya, atap roadster berdesain agresif ini soft top bukan hard top. Kelebihannya, atap kain tetap mencirikan dirinya sebagai roadster, meski digunakan melaju dengan atap tertutup. BMW Z4 sDrive30i masuk dalam kategori 10 mobil terbaru di IIMS 2019.

4. Mini Ice Blue Edition

Harga: Rp. 836.000.000,- (OFR)

Bagi para penggemar otomotif di Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan pemilik brand mobil mungil ini. Tidak mau kalah dengan produsen lain, Si Mungil Mini ini juga mengeluarkan seri baru yaitu Ice Blue Edition yang tersedia dalam 2 pilihan, yaitu: 3-Door seharga Rp. 836.000.000,- dan 5-Door seharga Rp. 865.000.000,-.

Di seri terbaru Mini Cooper ini, tampak polesan warna unik biru muda yang terinspirasi dari sejarah reli. Di bagian interior maupun eksterior banyak ditambahkan ornamen John Cooper Works yang khas. Sedangkan untuk kapasitas mesinnya, Mini Cooper Ice Blue Edition dibekali mesin 2,0 liter turbo yang mampu menghasilkan tenaga 194 PS dengan torsi puncak 280 Nm.

5. DFSK Glory 560

Harga: Rp. 189.000.000,-

Satu lagi pendatang baru di industri otomotif tanah air, yaitu DFSK atau DongFeng Sokon turut beraksi dengan menampilkan seri SUV terbarunya yaitu Glory 560. Sesuai no serinya, Glory 560 memang diposisikan berada di bawah DFSK Glory 580. Meski begitu, pilihan mesin yang ditawarkan juga kurang lebih sama yaitu 1,5 liter turbo dan 1,8 liter non turbo. Satu lagi yang menjadi kelebihan Glory 560 adalah tampilan eksterior dan interior yang relatif lebih modern dibanding Glory 580. Untuk fitur yang dipasang pun tak kalah canggih dengan saudara tertuanya.

6. Wuling Confero S ACT Rp 191,8 juta

Harga: Rp. 191.800.000,- (OTR)

ACT merupakan kepanjangan dari Auto Clutch Transmission. Transmisi tersebut mekanismenya masih sama dengan transmisi manual, namun tidak memiliki pedal kopling. Yang bertugas menggesek kopling secara hidrolis digantikan sebuah modul elektrik sebagai aktuator pergesekan mekanisme kopling yang dinamai dengan Electric Clutch (E-Clutch).

Di Telkomsel IIMS 2019, Wuling mengeluarkan seri Confero dengan pilihan transmisi ACT. Untuk saat ini tipe Confero masuk dalam kategori produk terlaris Wuling dimana untuk seri S ACT nya memiliki harga lebih mahal dibanding sejenisnya.

7. Wuling Cortez CT

Harga: Rp. 232.000.000,- (OTR)

Selain tipe Confero, Wuling juga turut menghadirkan tipe Cortez yang telah mengusung mesin turbo. Dibanding dengan tipe sebelumnya, terdapat perbedaan pada bagian eksteriornya. Warna interiornya juga berbeda dari Cortez biasa dan terdapat pula tambahan fitur start-stop engine dan smart key di setiap tipe. Tipe yang bertransmisi otomatisnya bukan pakai i-AMT (Automated Manual Transmission). Tapi sudah otomatis CVT (Continuous Variable Transmission).

8. Mercedes-Benz B-Class

Harga: Rp. 679.000.000,- (OFR)

Mercedes-Benz sebagai salah satu produsen mobil mewah di Indonesia tampak memajang tipe terbaru B200 Progressive Line yang masuk dalam kategori 10 mobil terbaru di IIMS 2019 ini dijual dengan harga 679 juta rupiah (off the road). Di tipe ini, ditambahkan sistem MBUX (Mercedes-Benz User Experience) dalam bentuk layar multimedia yang terkoneksi langsung dengan panel instrumen digital. Fitur terpasang pun sangat semarak dan terdapat asisten pribadi yang dapat mengoperasikan beberapa fitur lewat voice command.

9. Honda BR-V

Harga: Rp. 238.000.000,- (OTR)

Peremajaan tipe BR-V telah dilakukan oleh Honda dalam produk yang dimunculkan dalam Telkomsel IIMS 2019. Sebagai produsen otomotif kategori low SUV yang jumlah penggunanya terus bertambah di Indonesia, Honda harus melakukan beberapa perubahan serta penambahan fitur. Di seri yang diluncurkan kali ini, pada bagian eksterior telah ditambahkan fitur baru berupa smart key, tombol start-stop, pengatur ketinggian kursi pengemudi dan center headrest di kursi baris kedua. Selain itu, juga ada head unit baru 8-inci floating capacitive touchscreen.

10. Hyundai Kona

Harga: Rp. 363.900.000,- (OTR)

Di urutan terakhir terdapat Hyundai Kona. Compact crossover asal korea ini telah siap bersaing dengan Mazda CX-3, Honda HR-V dan rival lain di kelasnya. Hyundai Kona dibekali mesin 2,0 liter bertenaga 149 PS dengan torsi puncak 179 Nm. Seri yang masuk dalam kategori 10 mobil terbaru di IIMS 2019 ini merupakan satu-satunya menggunakan transmisi otomatis 6-speed. Kelebihan lain, sistem multimedia layar sentuh dengan operasi layaknya smartphone. Di dalamnya terdapat sejumlah aplikasi seperti Youtube, navigasi GPS dan lain sebagainya.

Nah, apabila ada diantara para pecinta otomotif yang memiliki rencana untuk membeli mobil dalam waktu dekat, semoga saja tulisan mengenai 10 mobil terbaru di IIMS 2019 ini bisa menjadi bahan pertimbangan. (DW)

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More