Review dan Spesifikasi Teknis Samsung Galaxy S9 Plus

Ponsel pintar atau smartphone sudah seperti menjadi kebutuhan primer masyarakat era digital ini. Banyak hal yang dapat dilakukan menggunakan perangkat yang satu ini, mulai dari urusan pribadi hingga bisnis.

Era internet telah mempermudah kita untuk mengakses informasi. Sekarang, hal tersebut lebih dipermudah lagi dengan bantuan Samsung Galaxy S9 Plus yang selalu sedia di genggaman tangan kita. Semakin cepatnya perkembangan smartphone sekarang ini telah membuat masyarakat juga mengubah prioritas pandangan terhadap smartphone.

Mungkin perangkat ini terlihat tidak penting ketika banyak orang yang tidak menggunakannnya. Tetapi bagaimana jika hampir semua orang menggunakan perangkat ini? Apalagi jika lingkungan sosial terdekat kita juga hampir semuanya menggunakan smartphone.

Oleh karena itu, kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial untuk berkomunikasi juga telah berrevolusi karena telah dimediasi oleh perangkat ponsel pintar ini. Yang sebelumnya media hanya terkategorisasi pada media massa elektronik yang dikuasai oleh satu sumber dan bersifat satu arah, sekarang media tersebut telah bersifat banyak sumber dan dua arah.

Produsen smartphone berlomba untuk menjadikan produk mereka sebagai pilihan utama masyarakat, misalnya Apple, Samsung, Huawei, Sony, Windows Phone, dan lain-lain. Bahkan karena perang teknologi yang terimplementasi di ponsel pintar ini, telah lama dibentuk event tahunan yang mana pada event tersebut dipamerkan produk-produk baru dari setiap produsen perangkat digital, salah satunya adalah ponsel pintar.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY S9 PLUS

Pada Februari 2018 lalu Samsung meluncurkan beberapa produk terbarunya di Mobile World Congress (MWC) Barcelona, salah satunya adalah Samsung Galaxy S9 Plus. Produk ponsel pintar yang satu ini memiliki beberapa pembaruan dari versi sebelumnya, yaitu pada segi spesifikasi, fitur, dan desain. Produk ini merupakan produk yang banyak menjadi buah bibir masyarakat sebelum peluncuran resminya.

DIMENSI UKURAN

Dimensi lebar x tinggi x tebal smartphone yang satu ini adalah 73,8mm x 158,1mm x 8,5mm dengan bobot 189 gram. Meskipun ukurannya cukup besar, smartphone keluaran Samsung ini masih nyaman dipegang karena bobotnya yang cukup ringan. Anda tak perlu khawatir kemungkinan smartphone ini jatuh ketika digunakan karena anda tidak perlu menggenggamnya dengan kuat mengingat bobotnya cukup ringan.

DUAL SIM (HYBRID)

Dengan slot dual SIM yang tersedia pada smartphone ini memungkinkan anda untuk meningkatkan mobilitas tanpa perlu memiliki dua buah smartphone. Salah satu slot hanya bisa diisi dengan kartu SIM ukuran nano sedangkan slot yang satunya memiliki dual fungsi yang bisa disisipkan kartu SIM ukuran nano maupun MicroSD.

LAYAR

Spesifikasi layar dengan ukuran 6,2 inci Quad HD ditambah dengan Curved Super Amoled yang membuatnya terlihat lebih fungsional dan elegan. Rasio layar smartphone ini adalah 18,5:99,1 dengan densitas 529 ppi (piksel per inci).

KONEKTOR

Konektor yang tersedia adalah USB Type-C yang dapat mengirimkan data jumlah besar dengan waktu yang sangat singkat jika dibandingkan dengan USB 3.0. Selain itu, untuk audio juga tersedia konektor 3,5mm, yang mana merupakan jack audio paling umum sehingga mudah untuk mendapatkan earphone yang cocok maupun loud speaker ketika ingin mendengarkan musik dengan volume besar.

CPU

Samsung Galaxy S9 Plus dimotori dengan CPU Exynos 9810 untuk pemasaran Indonesia atau Snapdragon 845, 64bit OctaCore processor dengan 2,7/2,6 GHz Quad ditambah dengan 1,7 Quad.

RAM DAN MEMORI

Didukung dengan RAM sebesar 6GB dengan ruang memori sebesar 64GB sampai 256GB dan dapat ditambah sampai 400GB via kartu memori micro SD.

KAMERA

Samsung Galaxy S9 Plus dilengkapi dengan dua buah kamera, yaitu kamera utama (belakang) dan kamera depan. Kamera utama memiliki spesifikasi wide-angle dengan super-speed dual pixel dan 12MP sensor AF. Untuk telephoto dilengkapi dengan 12MP sensor AF. Kamera depan dengan dual 16MP + 8MP.

Samsung Galaxy S9 Plus Colours
Image: ZDNet.Com

Kamera juga dilengkapi dengan video gerakan lambat (slow motion video) 960 fps resolusi 720p dan 240fps untuk resolusi 1080p. Banyaknya aplikasi yang tersedia di pasaran dan laku untuk para remaja dan pemuda yang mengandalkan kamera, membuat smarphone ini menjadi pilihan karena spesifikasi kamera yang menyediakan banyak kapabilitas.

KONEKTIVITAS

Koneksi wireless yang tersedia adalah Bluetooth 5.0, NFC, Wi-Fi 802,11 a/b/g/n/ac (2,4/5GHz), VHT80 MU-MIMO, dan 1024QAM.

SPESIFIKASI LAINNYA

Smartphone ini didukung dengan 3500 mAh, fitur anti debu dan anti air IP687, dan sistem operasi Android 8 Oreo. Spesifikasi terakhir ini cukup mutakhir sehingga smartphone ini dapat menyala dengan lebih lama, aman jika terkena air dan debu sehingga cocok untuk wilayah lembab dan kering, dan sistem operasi Android 8 Oreo yang user-friendly secara visual dapat memanjakan anda ketika menggunakannya.

FITUR SAMSUNG GALAXY S9 PLUS

Selanjutnya adalah fitur yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu messaging, sensor, dan browser. Untuk messaging, fiturnya adalah SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, dan IM.

Jenis-jenis sensor yang terpasang pada smartphone ini adalah sensor Iris, sensor tekanan (pressure), accelerometer atau sensor percepatan, sensor tekanan udara (barometer), sensor sidik jari (fingerprint), sensor keseimbangan (gyro), sensor gaya magnet bumi (geomagnetic), sensor Hall, sensor HR, sensor keberadaan benda (proximity), dan sensor cahaya hijau-kuning-merah (RGB light).

Browser didukung dengan HTML5 dan dilengkapi dengan fasilitas document editor, foto dan video editor, dukungan ANT, Samsung DeX (desktop experience support), dan Bixby natural language commands dan dictation. Format video yang didukung adalah MP4, DivX, XviD, dan H.256 player. Untuk format audio yang didukung Samsung Galaxy S9 Plus adalah MP3, WAV, eAAC+, dan FLAC player. (DW)

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

CommentLuv badge