BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Strategi Marketing UMKM untuk Meningkatkan Penjualan Produk Tahun 2022

Dengan berbekal Strategi Marketing UMKM yang tepat nantinya akan menunjang kinerja perusahaan dalam hal keuntungan penjualan. Secara umum, strategi marketing merupakan suatu kegiatan yang perlu dilakukan dalam upaya memperkenalkan produknya secara luas.

Strategi Marketing UMKM

Jadi, jika saat ini Anda sedang mengelola bisnis dari nol dan ingin mendapatkan keuntungan serta basis pelanggan yang loyal sebagai sumber penghasilan, maka salah satu cara yang bisa Anda pertimbangkan untuk menerapkan strategi marketing produk untuk usaha kecil menengah berikut ini.

Strategi Marketing Produk dengan Internet

Dengan menggunakan internet dapat memudahkan anda untuk melakukan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia karena internet bisa menjadi media yang tepat untuk memulai bisnis dari nol.

Bagaimana bisa? Berbekal penetrasi jaringan internet ke seluruh pelosok nusantara, bahkan dunia, para pemula yang baru memasuki dunia bisnis bisa langsung memamerkan dagangannya melalui platform media sosial, marketplace, hingga website pribadi.

Ketiga platform di atas tentunya akan memberikan peluang besar bagi Anda untuk menjangkau konsumen, jadi Anda tinggal memaksimalkan nilai kepercayaan agar calon konsumen tidak ragu saat melakukan pembelian.

Nah, untuk strategi marketing UMKM melalui internet, Anda bisa mencoba membuat website toko online sendiri. Dengan begitu, brand Anda akan dikenal banyak orang.

Jalankan Riset Pasar untuk Mengenal Konsumen

Lakukan riset pasar sebelum Anda mulai menjual produk ke konsumen. Dengan memilih target marketing yang tepat bisa sedikit terbebas dari potensi kegagalan akibat dari keinginan konsumen.

Mengetahui pasar yang tepat untuk usaha mikro kecil menengah atau UMKM Anda tinggal menebak kelompok usia berapa saja yang bisa menggunakan produk atau jasa Anda.

Untuk jasa pembuatan website misalnya, target pasar yang bisa Anda bidik dalam hal ini cukup luas. Mulai dari para penggiat Usaha Kecil Menengah (UKM), perusahaan konvensional, hingga instansi pemerintah.

Pilih Lokasi Usaha yang Strategis

Jika Anda ingin memulai usaha kecil menengah secara offline, maka salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah lokasi tempat berdirinya warung Anda.

Seperti yang telah dibuktikan oleh para pengusaha konvensional, tempat-tempat strategis seolah memiliki magnet bisnis tersendiri karena relatif lebih sering dilihat oleh calon pembeli.

Kriteria pemilihan lokasi strategis sendiri tidak bisa sembarangan, karena harus menyesuaikan dengan target pasar dan segmen yang ingin dibidik.

Misalnya, jika saat ini Anda memiliki keinginan untuk membuka usaha jasa laundry pakaian, maka salah satu lokasi paling strategis yang bisa Anda pertimbangkan adalah kawasan sekitar kampus atau kos-kosan yang sebagian besar penghuninya tidak memiliki banyak waktu luang.

Dengan begitu peluang penjualan bisnis Anda akan jauh lebih besar.

Strategi Marketing Produk dengan Influencer

Strategi marketing UMKM dengan memanfaatkan jasa influencer, istilah influencer memang belum terlalu lama berkembang di Tanah Air.

Meski pengaruh dari para public figure yang dikenal banyak orang ini mampu memberikan dampak yang cukup signifikan baik dari sisi brand awareness maupun sebagai pendongkrak penjualan.

Dengan bisnis makanan kecil seperti Markobar dan Sang Pisang adalah Salah satu contoh usaha kecil menengah yang menggunakan strategi marketing.

Dua bisnis milik putra Presiden Jokowi itu berhasil menarik perhatian banyak orang karena didukung langsung oleh tokoh politik nomor satu di Indonesia saat ini.

Strategi Marketing Produk Melalui Marketing Afiliasi

Secara umum Affiliate Marketing memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan strategi marketing produk dari mulut ke mulut atau word of mouth.

Untuk bisa mendongkrak konsumen lebih banyak, Anda juga harus berani memberikan reward berupa insentif kepada setiap orang yang mendatangkan konsumen.

Penerapan strategi marketing produk dengan affiliate marketing sendiri merupakan cara yang paling menguntungkan kedua belah pihak, karena komisi baru akan diberikan setelah konsumen benar-benar membeli produk yang ditawarkan.

Promo Diskon

Siapa sih yang nggak suka dikasih diskon? Bentuk promosi saat ini dengan memberikan promo potongan harga masih cukup ampuh untuk menarik minat pelanggan.

Dengan memberikan diskon beberapa persen dari harga aslinya untuk menarik pengguna agar memesan lagi.

Strategi Marketing Produk Memanfaatkan Media Sosial

Strategi marketing UMKM memanfaatkan media sosial, lebih dikenal sebagai SMO (Sosial Media Optimization).

Usaha kecil menengah sendiri sangat drekomendasikan untuk memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi penjualan produk karena menjangkau banyak calon pelanggan yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Mengapa Strategi Marketing Penting?

Sebagian lainnya tidak melakukan strategi marketing, karena mereka mengatakan bahwa konsumen akan datang dengan sendirinya tanpa kita harus melakukan strategi marketing. Berikut ini beberapa pentingnya strategi marketing untuk bisnis:

Marketing berfungsi untuk mengkomunikasikan informasi produk kita kepada konsumen.

Marketing berperan sentral untuk membangun saluran media yang bertujuan untuk mengenalkan produk kepada konsumen mulai dari kelebihan produk kita, fitur serta berbagai informasi detail tentang produk.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis sangat dekat dengan persaingan. Persaingan bisnis merupakan hal yang biasa yang menjadi makanan sehari-hari para pemasar.

Biasanya seperti strategi harga, produk serta promosi yang ampuh untuk memenangkan persaingan.

Tanpa strategi marketing yang baik penjualan akan sulit mencapai hasil yang maksimal karena Marketing adalah darah perusahaan. Arus kas tidak akan tercipta tanpa dukungan strategi marketing yang baik.

Dengan strategi marketing memiliki tujuan untuk membangun merek kita. Merek dalam pengertian yang mendalam mengandung lebih dari sebuah logo.

Strategi marketing sangat dibutuhkan untuk membangun hubungan dengan konsumen, tidak hanya itu pebisnis bisa menyusun strategi retensi pelanggan sehingga konsumen menjadi loyal dan tidak lari ke pesaing

Marketing adalah garda depan dari bisnis kita yang melayani konsumen yang berperan untuk melanjutkan inovasi produk. Bisnis dalam jangka panjang akan sangat ditentukan oleh kekuatan merek, kualitas produk, serta komunikasi marketing yang berkelanjutan.

Dari beberapa hal tentang pentingnya strategi marketing di atas maka dapat dikatakan bahwa marketing memiliki peranan penting untuk mendukung bisnis dan usaha kita tetap berkembang saat ini dan di masa mendatang. memaksimalkan kita memaksimalkan strategi marketing?

Kesimpulan

Itulah strategi marketing yang bisa Anda terapkan ke dalam bisnis Anda. Selain beberapa poin di atas, sebenarnya masih ada beberapa macam strategi lain yang bisa Anda gunakan, misalnya seperti menawarkan produk gratis sebagai penguji.

Menjalin hubungan dengan sesama komuntas pebisnis untuk mendapatkan umpan balik satu sama lain, hingga membangun citra bisnis dengan cara melakukan kegiatan. Jadi, di antara berbagai strategi marketing produk yang sudah ada, kira-kira yang ingin Anda coba. (CWT)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More