Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Tempat Praktek Terapi Pengobatan Bekam di Pontianak

Metode pengobatan bekam merupakan salah satu jenis pengobatan alternatif dengan cara mengeluarkan darah mati yang mengandung racun dari dalam tubuh seseorang. Dalam istilah jawa, bekam biasa disebut kop. Sedangkan di Pulau Sumbawa biasa disebut tangkik atau batangkik. Metode pengobatan bekam sudah dikenal sejak jaman Nabi Muhammad SAW, hanya saja pada saat itu alat yang digunakan berupa tanduk kerbau atau sapi, tulang unta, dan gading gajah.

Proses Pengobatan Bekam Sedang Berlangsung
Proses Pengobatan Bekam Sedang Berlangsung

Ada beberapa jenis bekam yang umum digunakan, antara lain:

1. Bekam Kering atau Bekam Angin

Menghisap permukaan kulit sekaligus memijat area permukaan disekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Bekam kering berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit secara mendadak atau digunakan untuk mengurangi rasa sakit di daerah punggung akibat rematik. Bekam kering baik dilakukan kepada pasien yang tidak tahan sakit dan takut melihat darah. Efek yang timbul dari proses bekam kering ini adalah kulit menjadi kehitaman (biasanya bertahan hingga 3 hari).

2. Bekam Basah

Merupakan proses lanjutan dari bekam kering. Pada area kulit yang sudah dibekam akan dilukai sedikit menggunakan jarum tajam dan kemudian dikeluarkan darah kotornya menggunakan cupping set atau hand pump. Lama proses pengeluaran darah adalah sekitar 3-5 menit, setelah itu darah yang keluar dibuang dan tempatnya dibersihkan kembali. Proses ini dilakukan paling banyak 7 kali. Setelah selesai, kulit bekas bekam tidak boleh terkena air kurang dari 3 jam.

3. Bekam Api

Untuk jenis bekam ini, media yang digunakan adalah api. Bekam api menggunakan gelas khusus yang terbuat dari kaca tebal. Bekam api banyak digunakan di negara Cina, sedangkan di Indonesia sendiri bekam api jarang digunakan.

Bekas Proses Pengobatan Bekam
Bekas Proses Pengobatan Bekam

Sebenarnya apa sih manfaat dari metode pengobatan ini? Karena saya sudah beberapa kali melakukan proses pengobatan alternatif bekam ini, maka manfaat yang dirasakan adalah badan terasa lebih ringan dan nyaman. Saya secara rutin melakukannya minimal 1 kali dalam sebulan.

Nah, apabila teman-teman berkeinginan untuk mencoba metode pengobatan bekam ini dapat langsung mendatangi tempat praktek pengobatan bekam di Pontianak. Alamatnya di Jl. Sei Raya Dalam Komp. Ruko BATARA 3 No.2 (Seberang Dapur Kita Serdam). Saya merekomendasikan klinik bekam ini karena pemiliknya yang biasa dipanggil Ustadz Ridlo merupakan Ketua Asosiasi Bekam Kalimantan Barat. Untuk ijin praktek, tidak perlu diragukan lagi karena Beliau telah mendapat persetujuan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya. Dan yang terakhir, metode pengobatan yang digunakan dijamin aman karena penggunaan jarum hanya sekali pakai alias selalu menggunakan jarum baru. Info lengkap bisa langsung menghubungi Beliau di 085822047425. (DW)

Catatan :

  • Untuk calon pasien wanita proses bekam akan dilakukan oleh istri Beliau yang juga memiliki keahlian dan pengalaman keterampilan sama dibidang bekam.

Sumber Referensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Bekam
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
5 Comments
  1. Muhammad Ali Mudzofar says

    modelnya seksi banget bang huahahaha..

    1. bloggerborneo says

      Kok tahu sih kalau itu adalah aqyu… 😛

  2. Delyanet Karmoni says

    ndak sakit k bang, keluar garah gitu? seram liatnye… 🙁 bedarah-darah…

    1. bloggerborneo says

      Ngga sakit kok Sis, mungkin masih sakitan kalau dicubit ama kamu. Eeeaaaa…. 😛

  3. M. Yuda says

    Berapa biaya untuk sekali bekam mas ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.