Tips Memilih Durian yang Baik dan Enak

Musim durian telah tiba. Perlahan namun pasti kios-kios yang menjajakan buah berkulit tajam namun isinya tetap selalu menjadi incaran para pecintanya mulai bermunculan di beberapa titik lokasi yang ada di kota Pontianak.

Meskipun bukan seorang pecinta buah durian, Blogger Borneo tetap merasa senang ketika musim durian tiba karena momen ini bisa dianggap sebagai saat istimewa kotaku tercinta. Siapa yang tak kenal dengan kualitas buah durian yang dijual di Pontianak? Kualitas rasa yang legit disertai dengan isi daging yang tebal membuat para pecinta durian dari seantero negeri menyempatkan diri untuk singgah dan mencicipi ketika berkunjung ke negeri khatulistiwa.

Dari beberapa “brand” durian yang ada, nama Durian Batang Tarang dan Karangan selalu menjadi pilihan utama para pecinta buah durian yang ada di Pontianak dan sekitarnya. Kedua nama brand tersebut merupakan nama daerah dimana buah durian tersebut dipanen.

DURIAN PONTIANAK

Karena bukan seorang pecinta buah durian, Blogger Borneo tidak paham mengenai bagaimana memilih buah durian yang baik dan enak. Selama ini selalu minta bantuan kepada sang penjual karena Blogger Borneo menganggap dialah yang paling expert untuk hal ini.

Memang jika diperhatikan, apa yang dilakukan sang penjual tersebut ketika memilih buah durian yang baik dan enak cukup dengan menimbang-nimbang dan mengetuk-ngetukannya dengan jari. Namun sepertinya tetap dibutuhkan pengalaman khusus untuk dapat menilai apa makna dari berat dan suara ketukannya.

Jangan lupa juga untuk mewaspadai tingkah pola dari para oknum penjual buah durian, terkadang mereka malah memilihkan buah yang kualitasnya kurang baik. Jadi ketika buah durian tersebut dibawa pulang dan dibuka, ketika dicicipi rasanya tidak seperti apa yang dibayangkan sebelumnya. Oleh karena itu biasanya Blogger Borneo meminta buah durian yang sudah dipilih untuk dibuka langsung sehingga bisa langsung dilihat kondisi daging buahnya dan dicicipi rasanya.

TIPS MEMILIH DURIAN

Nah, pada kesempatan ini Blogger Borneo ingin berbagi informasi mengenai tips memilih buah durian yang baik dan enak. Adapun informasi ini dikutip dari fanspage facebook miliknya Durian Malaysia. Oke langsung aja ya dibaca apa saja tipsnya. 🙂

Musim Durian
Image: Facebook.Com/DurianMalaysia

Tips 1: Bentuk Bulat

Durian berbentuk bulat mempunyai isi yang banyak berbanding bentuk lonjong.

Tips 2: Berat Durian

Makin ringan, makin banyak isi durian. Kalau ada dua durian yang sama beratnya, ambil yang paling ringan.

Tips 3: Tangkai Pendek dan Tebal

Tangkai pendek dan tebal menandakan isi yang tebal dan banyak. Perhatikan juga tangkai kering atau terpotong. Tak ada tangkai, jangan dibeli. Saya selalu tekan dengan kuku untuk cek tangkai lama atau baru.

Tips 4: Bunyi Padat

Ketuk durian dan pilih yang berbunyi padat pada saat diketuk.

Tips 5: Duri Pendek

Pilih durian yang berduri pendek dan jarang untuk isi yang padat.

Tips 6: Berbau Manis

Cium aroma durian dan cari yang berbau manis.

Tips 7: Juring

Durian berjuring lima paling ideal untuk dapatkan isi yang banyak dan besar. Makin banyak juring, makin kecil isi.

Tips 8: Kulit

Pilih durian yang belum dikelupas atau tidak merekah kulitnya. Perhatikan keadaan kulit, alau ada tompok hitam itu tanda isi dalamnya kurang bagus.

Tips 9: Warna

Sudah menentukan piliha, minta sang penjual untuk membelahnya. Lihat isi dan warnanya, sekalian cicipi rasanya apakah sesuai keinginan.

Tips 10: Musim

Beli durian ketika musim panas atau kering. Jangan ketika musim hujan atau lembab.

Demikian 10 tips memilih durian yang baik dan enak. Mumpung sekarang sedang musim durian di Pontianak, boleh terapkan ketika akan memilih durian. Ditunggu sharing pengalaman bagi kawan-kawan yang sudah berpengalaman. Selamat berburu durian… (DW)

Sumber: DenaiHati Network

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

CommentLuv badge