Indonesia Website Awards

Menu

Mode Gelap
Testimoni Mosehat, Merasakan Sendiri Efeknya untuk Vitalitas Setelah 3 Hari Konsumsi Darul Fikri Kubu Raya, Melihat dari Dekat Pondok Pesantren dengan Konsep Alam Terbuka Milenial Kreatif Selenggarakan Workshop Digital Skills Pontianak Pertama untuk UMKM Kalimantan Barat Inisiatif Mandiri, Relawan TIK Kalbar Lakukan Pemberdayaan Pandu Digital di Desa Tae Kabupaten Sanggau Digital Netizen Fair 2021 Pontianak, Ajari Masyarakat Kalimantan Barat Budaya Bermedia Digital

Hi-Tech · 22 Des 2014 06:11 WIB

Video di Youtube Kini Bisa Diputar Secara Offline


 Video di Youtube Kini Bisa Diputar Secara Offline Perbesar

Ditengah perkembangan arus informasi yang kian maju, siapa yang tidak mengenal sebuah situs penyedia layanan video steraming bernama Youtube? Ya, situs yang satu ini tentunya sudah sangat dikenal oleh para pengguna internet, baik dari anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar dan sudah mengenal internet maupun orang dewasa yang sudah terbiasa berselancar di dunia maya.

Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan melalui sebuah video yang ada di situs yang satu ini. Mulai dari hiburan hingga tutorial-tutorial bermanfaat dengan berbagai jenis kualitas gambar dapat kita nikmati secara online di Youtube. Kita hanya tinggal mengetikkan apa yang ingin kita tonton di Youtube pada kotak pencarian, dan beberapa saat kemudian akan muncul beberapa video yang sesuai dengan apa yang kita inginkan lengkap dengan durasi dan kapan video tersebut diunggah oleh sang pemilik akun di Youtube.

Kita hanya tinggal memilih video yang kita inginkan untuk diputar dan ditonton pada saat itu juga. Tidak hanya itu, bagi kamu yang memiliki kuota terbatas untuk menonton video-video yang ada di Youtube, dengan bantuan beberapa aplikasi tertentu, kamu bisa mendownload video yang kamu inginkan dan menontonnya kapan saja ketika kamu memiliki waktu luang. Software downloader gratis seperti Youtube Download Manager dapat membantu kamu mengunduh beberapa video dari Youtube.

YouTube Offline

Sumber: www.yourstory.com

Melihat peminat Youtube yang begitu ramai, Google selaku yang menaungi situs Youtube dikabarkan menyediakan layanan yang memungkinkan para pengguna Youtube memutar video yang ada di Youtube melalui smartphone para penggunanya secara offline atau tanpa adanya koneksi internet. Seperti apakah gebrakan baru yang dilakukan oleh Google melalui Youtube ini? Ini dia ulasannya.

Menurut rilis yang didapatkan dari Kompas Tekno, Jum’at, (12/12/14), Google kini tengah memperkenalkan pemutaran video yang dapat dilakukan secara offline oleh para pengguna Youtube yang menggunakan perangkat smartphone Android. Namun untuk saat ini pemutaran video Youtube yang dapat dilakukan secara offline baru hanya bisa dilakukan di Indonesia, India, dan Filipina. Upaya tersebut dilakukan untuk memperbanyak konten-konten populer YouTube di ketiga negara tersebut, tanpa koneksi internet.

Untuk bisa memutar video secara offline, ada beberapa proses dan dan tahapan yang harus dialui. Cara kerja dari layanan ini adalah YouTube akan menyimpan file cached dari video saat pengguna masih terhubung dengan koneksi internet. Video tersebut bisa disimpan dalam perangkat Android selama kurang lebih 48 jam untuk diputar secara offline sehingga pengguna tetap bisa menikmati video walau dalam keadaan offline. Video-video yang dapat diputar secara offline akan ditandai dengan ikon khusus, yang ketika di-tap atau disentuh akan menawarkan pilihan kualitas pemutaran video yang bisa dipilih untuk disimpan.

Menurut Google, dipilihanya negara Indonesia, India, dan Filipina sebagai Negara yang lebih dulu dapat menikmati layanan ini adalah karena ketiganya dianggap memiliki peranan penting dalam hal mobile internet, ditambah lagi masih sedikit pengguna yang berlangganan data dalam jumlah besar, dan juga koneksi internet yang belum merata.
“Asia membuktikan dirinya sebagai dunia yang sangat mobile dalam hal adopsi smartphone, tetapi akses data yang kencang dan terjangkau masih menjadi tantangan di wilayah tersebut,” ujar Google dalam postingan di blognya.

Karena itulah Google mencari cara untuk mengatasi kendala tersebut bagi pengguna produknya di negara-negara yang memiliki akses internet yang masih terbatas. (CW)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Laptop Aman untuk Mata, Teknologi Layar ASUS OLED Minimalisir Efek Radiasi Sinar Biru

30 Desember 2021 - 15:30 WIB

Laptop Aman untuk Mata

ASUS MD100, Dual Wireless Mouse Ringan dan Tangguh Hingga 10 Juta Kali Klik

26 Desember 2021 - 10:11 WIB

Mouse ASUS MD100

How Much Cost Does it Involve to Develop an AngularJS App and Website?

1 Desember 2021 - 15:39 WIB

How Much It Cost to Make an Angular App

UNISOC Luncurkan 4G Chipset T616 dan T606 Generasi Baru untuk Memenuhi Berbagai Kebutuhan 

5 September 2021 - 17:17 WIB

Unisoc 4G Chipset T606

8 Fitur Baru Windows 11, Tampilan dan Spesifikasi Perangkat yang Kompatibel

17 Juli 2021 - 16:36 WIB

Fitur Baru Windows 11

7 Rekomendasi Headset Gaming Terbaik Murah 2021

19 Juni 2021 - 15:33 WIB

Headset Gaming Terbaik Murah
Trending di Hi-Tech