Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Video di Youtube Kini Bisa Diputar Secara Offline

Ditengah perkembangan arus informasi yang kian maju, siapa yang tidak mengenal sebuah situs penyedia layanan video steraming bernama Youtube? Ya, situs yang satu ini tentunya sudah sangat dikenal oleh para pengguna internet, baik dari anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar dan sudah mengenal internet maupun orang dewasa yang sudah terbiasa berselancar di dunia maya.

Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan melalui sebuah video yang ada di situs yang satu ini. Mulai dari hiburan hingga tutorial-tutorial bermanfaat dengan berbagai jenis kualitas gambar dapat kita nikmati secara online di Youtube. Kita hanya tinggal mengetikkan apa yang ingin kita tonton di Youtube pada kotak pencarian, dan beberapa saat kemudian akan muncul beberapa video yang sesuai dengan apa yang kita inginkan lengkap dengan durasi dan kapan video tersebut diunggah oleh sang pemilik akun di Youtube.

Kita hanya tinggal memilih video yang kita inginkan untuk diputar dan ditonton pada saat itu juga. Tidak hanya itu, bagi kamu yang memiliki kuota terbatas untuk menonton video-video yang ada di Youtube, dengan bantuan beberapa aplikasi tertentu, kamu bisa mendownload video yang kamu inginkan dan menontonnya kapan saja ketika kamu memiliki waktu luang. Software downloader gratis seperti Youtube Download Manager dapat membantu kamu mengunduh beberapa video dari Youtube.

YouTube Offline
Sumber: www.yourstory.com

Melihat peminat Youtube yang begitu ramai, Google selaku yang menaungi situs Youtube dikabarkan menyediakan layanan yang memungkinkan para pengguna Youtube memutar video yang ada di Youtube melalui smartphone para penggunanya secara offline atau tanpa adanya koneksi internet. Seperti apakah gebrakan baru yang dilakukan oleh Google melalui Youtube ini? Ini dia ulasannya.

Menurut rilis yang didapatkan dari Kompas Tekno, Jum’at, (12/12/14), Google kini tengah memperkenalkan pemutaran video yang dapat dilakukan secara offline oleh para pengguna Youtube yang menggunakan perangkat smartphone Android. Namun untuk saat ini pemutaran video Youtube yang dapat dilakukan secara offline baru hanya bisa dilakukan di Indonesia, India, dan Filipina. Upaya tersebut dilakukan untuk memperbanyak konten-konten populer YouTube di ketiga negara tersebut, tanpa koneksi internet.

Untuk bisa memutar video secara offline, ada beberapa proses dan dan tahapan yang harus dialui. Cara kerja dari layanan ini adalah YouTube akan menyimpan file cached dari video saat pengguna masih terhubung dengan koneksi internet. Video tersebut bisa disimpan dalam perangkat Android selama kurang lebih 48 jam untuk diputar secara offline sehingga pengguna tetap bisa menikmati video walau dalam keadaan offline. Video-video yang dapat diputar secara offline akan ditandai dengan ikon khusus, yang ketika di-tap atau disentuh akan menawarkan pilihan kualitas pemutaran video yang bisa dipilih untuk disimpan.

Menurut Google, dipilihanya negara Indonesia, India, dan Filipina sebagai Negara yang lebih dulu dapat menikmati layanan ini adalah karena ketiganya dianggap memiliki peranan penting dalam hal mobile internet, ditambah lagi masih sedikit pengguna yang berlangganan data dalam jumlah besar, dan juga koneksi internet yang belum merata.
“Asia membuktikan dirinya sebagai dunia yang sangat mobile dalam hal adopsi smartphone, tetapi akses data yang kencang dan terjangkau masih menjadi tantangan di wilayah tersebut,” ujar Google dalam postingan di blognya.

Karena itulah Google mencari cara untuk mengatasi kendala tersebut bagi pengguna produknya di negara-negara yang memiliki akses internet yang masih terbatas. (CW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.