Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

6 Peluang Bisnis di Instagram, Berapa Modal yang Dibutuhkan???

Jika selama ini banyak orang berpikiran bahwa menjalankan bisnis melalui media sosial bisa tanpa biaya alias modal, sadarlah bahwa kisah itu hanyalah sekedar bahasa pemanis saja. Sekarang mau tahu berapa modal yang dibutuhkan untuk mulai menjalankan bisnis melalui media sosial???

Peluang Bisnis Modal Instagram
Image: SocialMediaWeek.Com

Instagram sebagai salah satu media sosial yang memiliki pengguna cukup banyak, untuk saat ini banyak dimanfaatkan oleh para penggunanya sebagai sumber penghasilan. Jika diantara para pembaca selama ini hanya menggunakan akun Instagramnya untuk kebutuhan komunikasi dan narsis pribadi saja, mulailah berpikir menjadikan Instagram sebagai mesin uangmu.

Sekarang sebelum bicara mengenai modal apa saja yang dibutuhkan untuk bisa memulainya, Blogger Borneo akan menjelaskan mengenai 6 peluang bisnis yang bisa dijalankan dengan menggunakan Instagram. Yang harus dipahami sebelumnya, Instagram merupakan salah satu media sosial yang menjadikan foto, gambar, dan video sebagai konten utama dalam berinteraksi.

6 PELUANG BISNIS DENGAN INSTAGRAM

Berikut adalah 6 (enam) peluang bisnis yang bisa dijalankan hanya dengan bermodalkan Instagram, antara lain:

1. Menjadi Food Lovers

Sekilas, memang benar bahwa ini merupakan bisnis daring yang bergerak di bidang makanan. Khusus untuk kamu yang punya hobi makan, mengapa tidak mencoba bisnis semacam ini.

Tugas kamu hanya melakukan pemotretan berkonsep dan bagus untuk foto sebuah makanan, lalu lakukan ulasan dan promosi dengan cukup detail.

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mengunjungi berbagai restoran atau kafe di sekitar kota tempat tinggal kamu. Kegiatan seperti ini menjadikan hobi dan bisnis bisa dijalankan bersamaan.

2. Menjadi “Traveller”

Ini juga bisnis yang tepat untuk para traveller. Menjadi traveller juga banyak diminati kaum muda saat ini. kegiatannya sangat menyenangkan karena kita bisa jalan-jalan ke sejumlah kota hingga mancanegara. Tugas yang harus dilakukan seorang traveller juga hanya mengunggah foto perjalanan dengan bagus dan berkonsep.

Foto yang baik akan mendatangkan respons yang baik juga dari pengikutkamu. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari melakukan ulasan tempat wisata atau negara yang sedang kamu kunjungi tersebut dari tawaran endorsement yang datang.

3. Menjadi “Media Partner”

Bisnis lewat Instagram selanjutnya adalah menjadi media partner. Tugas atau pekerjaannya adalah mencari atau menggalang dana untuk sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan.

Untuk melakukan promosi lewat sosial media, kamu bisa membuat akun Instagram dan promosikan acara atau kegiatan yang pernah dibuat.

Usahakan akun Instagram kamu lebih fokus untuk acara tertentu. Pasanglah tarif untuk setiap organisasi atau instansi yang ingin dipromosikan kegiatannya oleh media partner kamu.

4. Buka Bisnis Online

Bisnis tanpa modal, yakin bisa? Tentu saja, mulai lakukan bisnis onlinr. Walaupun terkesan umum, bisnis online milik kamu bisa dibuat sedikit berbeda dengan bisnis online lainnya. Misalnya, dengan menjual produk kecantikan atau mode wanita secara online.

Lakukan promosi secara berkala untuk bisnis online tersebut. Buatlah konsumen selalu suka dengan produk dan pelayanan dari usaha kita. Awali dengan menjadi dropshipper produk yang sedang populer saat ini untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

5. Jadi Selebgram

Belakangan ini, selebritis Instagram (selebgram) menjadi profesi bagi seseorang yang memiliki banyak pengikut di Instagram-nya. Kamu harus fokus dalam mengisi akun Instagram tersebut agar selalu ditunggu oleh para pengikut.

Tentukan, apakah Instagram milik kamu lebih cenderung pada hal yang lucu, kontroversi, atau unik dan cantik. Dengan begitu akan banyak merek yang ingin dipromosikan produknya lewat Instagram kamu. Keuntungan maksimal bisa didapatkan dari sana.

6. Bikin Bisnis Jual Foto

Karena Instagram hanya untuk mem-posting foto, kesempatan ini bisa digunakan untuk menjual foto kita. Coba kamu unggah hasil foto terbaik kamu di beberapa situs, seperti InstaStock Images.

Seseorang bernama Daniel Arnold juga pernah berhasil menjalankan bisnis semacam ini. Ia menjual fotonya yang bertemakan urban. Dari situ, ia berhasil meraih keuntungan hingga ratusan juta rupiah dalam waktu satu hari. Sungguh luar biasa bukan…

BERAPA MODAL YANG DIBUTUHKAN?

Setelah Blogger Borneo menjelaskan mengenai peluang bisnis apa saja yang bisa dijalankan menggunakan Instagram, sekarang akan dibahas mengenai berapa modal yang dibutuhkan untuk mulai menjalankannya.

Karena Instagram dalam penggunaannya harus diinstal di smartphone, maka modal utama yang harus dimiliki adalah smartphone, utamakan memiliki spesifikasi cukup mumpuni untuk koneksi jaringan dan kualitas kamera optimal. Khusus mengenai merek dan tipenya, Blogger Borneo sendiri untuk saat ini menggunakan ASUS ZenFone 3 ZE520KL seharga Rp. 3.500.000,-. Alhamdulillah Blogger Borneo mendapatkan smartphone ini secara gratis langsung dari ASUS Indonesia, jadi bisa dikatakan tanpa modal alias GRATIS. 😉

Baca Juga: Spesifikasi Unggulan ASUS ZenFone 3 ZE520KL

Modal berikutnya yang dibutuhkan adalah paket data internet bulanan, biayanya bervariasi mulai dari 100 ribu – 300 ribu per bulan. Blogger Borneo menggunakan 2 (dua) provider yang saling mendukung yaitu Telkomsel (Pasca Bayar) dan XL (Pra Bayar).

Yang terakhir adalah modal dalam bentuk dana operasional harian, dari pengalaman Blogger Borneo mengeluarkan biaya kurang lebih 50-100 ribu per hari untuk bahan bakar kendaraan dan konsumsi. Jumlah biaya operasional yang dikeluarkan sangat dipengaruhi dengan aktivitas Blogger Borneo sendiri.

Sekarang sudah bisa dihitung berapa modal yang dibutuhkan untuk mulai menjalankan 6 peluang bisnis dengan Instagram. Jangan pernah sekalipun memiliki pemikiran menjalankan bisnis modal gratis karena bagaimanapun juga, tenaga, pikiran, maupun materi yang dikeluarkan tetap akan dianggap sebagai modal meski nilainya tidak besar. Salam sukses… (DW)

Referensi:

  • http://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/04/140000726/inilah-cara-menghasilkan-rupiah-dengan-hanya-bermodal-instagram

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.