12th Anniversary Buda’ Blogger, Merayakan Eksistensi dari Sebuah Komunitas

Image: Instagram/blogger_ptk

BloggerBorneo.com – Apa yang dirasa ketika sebuah komunitas telah mencapai usia lebih dari satu dasawarsa? Tentu saja akan ada rasa tidak percaya, bangga, bahagia, dan tentu saja akan dapat mempertahankan semangat untuk menjaga komunitas tersebut tetap eksis.

Membuat tidak semudah mempertahankan, sepertinya kalimat ini telah menjadi bahasa universal untuk kondisi apapun. Dan khusus komunitas ini, sepertinya kalimat tersebut sudah terpatri dalam diri masing-masing anggota yang secara ikhlas masuk dan menjadi bagiannya.

Happy Anniversary 12 Tahun

Komunitas Blogger Pontianak atau biasa disingkat dengan istilah KBP, sering disebut juga sebagai Buda’ Blogger, merupakan sebuah komunitas yang dibentuk 12 tahun lalu tepatnya pada tanggal 1 Juli 2012. Tidak terasa di tahun ini, usianya telah mencapai 12 tahun.

Blogger Borneo sendiri sejak beberapa tahun terakhir memutuskan diri untuk tidak bergabung ke komunitas manapun terkecuali komunitas private yang sifatnya ke urusan profesional, namun secara eksternal tetap mendukung segala aktivitas positifnya selama itu masih memiliki keterkaitan dengan aktivitas yang dilakukan.

Oleh karena itu, tanpa pikir panjang Blogger Borneo langsung merespon pesan masuk berisikan undangan untuk hadir dalam acara Happy Anniversary ke 12 Tahun Komunitas Blogger Pontianak yang dikirimkan oleh Siti Mustiani selaku Ketua KBP terpilih tahun 2024-2026.

First Time to CW Coffee @OCTO

Begitu melihat lokasi pelaksanaan acara, Blogger Borneo langsung tersenyum karena jaraknya sangat dekat sekali dengan rumah tinggal yaitu CW Coffee @OCTO. Mungkin kalau mau jalan kaki atau menggunakan sepeda jarak tempuhnya tidak seberapa, akan tetapi karena pada saat Hari H kondisi hujan gerimis maka terpaksa menggunakan kendaraan.

Sekilas mengenai CW Coffee @OCTO, lokasi ini berada tepat di pinggiran Jalan Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya. Selain area CW Coffee, dalam kawasan ini terdapat juga lapangan outdoor untuk Mini Soccer, area fitness indoor K-Gym, dan brand es krim Luuca. Sesuai namanya, OCTO Sports and Lifestyle Hub.

Meskipun sudah beberapa bulan softlaunch, namun Blogger Borneo belum pernah sama sekali berkunjung ke kawasan ini. Ya mungkin karena masih merasa nyaman dengan lokasi tempat nongkrong yang lama, sehingga masih berpikir dua kali untuk singgah kesini. Kalau bukan karena undangan dari Ketua KBP, mungkin kisah ini juga belum akan tertoreh di blog ini.

@bloggerborneo

♬ Rockin – Chris Alan Lee

Oh iya, bagi kawan-kawan yang juga belum pernah ke CW Coffee @OCTO, bisa melihat penampakan area kawasannya melalui video TikTok @BloggerBorneo diatas ya. Sepertinya memungkinkan juga untuk sambil kerja karena memiliki Business Corner dan Ruang Meeting yang disewakan.

Masih Didominasi Wajah Lama

Undangan hari Sabtu, 6 Juli 2024 jam 15.00 WIB sampai selesai, Blogger Borneo sendiri baru tiba di OCTO Sports and Lifestyle Hub sekitar jam 3 sore lewat sedikit. Kondisi hujan cukup lebat pada saat berangkat dari rumah membuat Blogger Borneo memutuskan untuk menggunakan ojek online, sambil ditemani Sang Buah Hati tercinta.

Setibanya di lokasi, masuk ke area parkiran langsung disambut oleh staf yang membawakan payung dan meminjamkannya agar tidak basah terkena hujan sampai di pelataran. Begitu memasuki ruangan, dari kejauhan sudah tampak dua orang sosok lama blogger Pontianak yaitu Radit Mananta dan Ero Pradolly Prasitha.

Blogger Borneo langsung menuju meja kasir untuk pemesanan dan kemudian menyempatkan diri untuk mengambil video untuk dipublikasikan ke TikTok, setelah itu baru bergabung dengan kawan-kawan dari Komunitas Blogger Pontianak yang telah hadir terlebih dahulu.

Kurang lebih 15 menit kemudian, Ibu Ketua Komunitas pun datang, lalu disusul oleh beberapa blogger lainnya seperti pasangan suami istri Multi Juniar Siahaan dan Charis Dominggus. Tampak hadir juga sosok Ketua Komunitas Blogger Pontianak terdahulu yaitu Fachrur Rozi, Founder KBP Edo Pradana Prasitha, dan Sekretaris serta Bendahara KBP saat ini yaitu Lola Prianti dan Oka Nurlaila.

Membahas Agenda Selanjutnya

Karena merasa posisi area awal duduk kurang nyaman untuk ngumpul bareng, ditambah juga jumlah para anggota Komunitas Blogger Pontianak (KBP) yang datang semakin banyak, maka diputuskan untuk menggunakan area outdoor dengan susunan meja dan kursi diseting sedemikian rupa.

Setelah sudah merasa nyaman dengan setingan meja dan kursi yang baru, maka sesi pembukaan pun dimulai oleh Ketua Komunitas Blogger Pontianak yang baru. Tak kenal maka tak sayang, sebelum masuk ke agenda inti, masing-masing yang hadir diperkenalkan langsung oleh Ibu Ketua.

Memang jika diperhatikan, ada juga beberapa wajah baru hadir dalam acara tersebut. Hanya saja karena waktunya terbatas, maka belum sempat untuk mengenalnya secara detail sehingga belum hafal nama dan alamat blog yang dimiliki saat ini. Mungkin di agenda selanjutnya yang akan dibahas kali ini, kemungkinan untuk itu bisa terwujud.

Ibu Ketua Komunitas membuka wacana untuk agenda KBP selanjutnya adalah berkunjung ke salah satu lokasi wisata yang ada di Kabupaten Mempawah yaitu Temajo Bay Resort. Lokasi ini dipilih selain karena jarak tempuhnya tidak terlalu jauh, juga memiliki penampakan yang menarik untuk dikunjungi.

Temajo Bay Resort

Sebenarnya jika bicara mengenai Temajo Bay Resort, Blogger Borneo sudah pernah berkomunikasi langsung dengan pihak pengelolanya untuk datang dan berkunjung sembari mempromosikan fasilitas apa saja yang dimiliki. Dan memang ketika melihatnya dari akun media sosialnya, cukup tertarik untuk datang, hanya saja waktunya belum bisa menyesuaikan.

Sekilas mengenai Temajo Bay Resort, mengutip dari tulisannya salah seorang Blogger Singkawang yaitu inimulti.com, Temajo Bay Resort adalah sebuah resort di Pulau Temajo yang terletak di Desa Sungai Kunyit Laut, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Wisata Pulau Temajo ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Keindahan hamparan laut biru dan hijaunya bukit yang mengelilingi pulau menyatu menjadi panorama yang memukau. Pantai di resort Temajo bernama Pantai Pasir Panjang dengan panjang sekitar 600 meter.

Pasir yang berada di pinggir pantai bersih dan empuk kala menyentuh telapak kaki. Tak heran banyak tamu resort yang senang bermain pasir dan berjalan di tepi pantai. Temajo Bay Resort mempunyai 2 villa dengan kapasitas 8 orang per villa. Selain itu, ada juga tenda dengan kapasitas 2 orang per tenda.

Penutup

Tidak terasa langit tampak eksotik di ujung senja, menandakan waktu sudah semakin sore dan menuju malam. Kondisi setelah hujan di sore itu membuat suasana terasa syahdu. Di akhir pembicaraan, pembahasan detail mengenai agenda kunjungan ke Temajo Bay Resort akan di-update kemudian.

Insya Allah jika ada waktu dan kesempatan, Blogger Borneo akan ikut serta dalam agenda kegiatan Komunitas Blogger Pontianak ini. Sekaligus ingin menuntaskan komunikasi dengan pihak pengelola yang telah terjalin cukup lama, semoga dilancarkan dan dimudahkan Allah SWT. Amin…

Sebelum mengakhiri tulisan liputan ini, tidak lupa Blogger Borneo ingin mengucapkan terima kasih kepada Siti Mustiani Ketua Komunitas Blogger Pontianak Tahun 2024-2026 yang telah mengundang secara pribadi untuk hadir dalam 12th Anniversary Buda’ Blogger.

Meskipun kondisi perbloggeran untuk saat ini sedang kurang menguntungkan bagi sebagian orang yang telah “gantung blog”, namun secara pribadi ngeblog itu bukanlah sebuah aktivitas yang berbicara hanya soal uang. Senoga komunitas ini tetap eksis dan konsisten menjadi tempat sharing dan diskusi bagi kawan-kawan Blogger Pontianak. (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More