BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

4 Aktivitas Menghasilkan bagi Lulusan PGSD Selain Menjadi Guru

Alhamdulillah memasuki bulan Mei, bulan dimana tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara dilahirkan. Tepatnya di tanggal 2 Mei 1889 di Kadipaten Paku Alaman Jogjakarta. Demi menghormati jasa Beliau maka pemerintah menetapkan hari lahirnya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Aktivitas Menghasilkan bagi Lulusan PGSD

Bagi Blogger Borneo sendiri, tanggal tersebut juga menjadi hari istimewa karena bertepatan dengan tanggal kelahiran 2 Mei 1982. Tidak terasa usia sudah mencapai 40 tahun, Alhamdulillah Allah masih memberikan umur dan kesehatan sehingga sampai detik ini blog ini selalu update dengan semua informasi yang semoga saja dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya. Amin…

Nah di hari pertama bulan pendidikan ini Blogger Borneo ingin berbagi tulisan mengenai jenis aktivitas menghasilkan bagi lulusan PGSD yang bisa dilakukan selain menjadi guru. Ya kita ketahui sendiri untuk menjadi seorang guru tidaklah mudah karena dari tahun ke tahun jumlah lulusan terus bertambah, sedangkan permintaan akan tenaga pengajar sangat terbatas.

Sengaja disini Blogger Borneo menggunakan istilah “aktivitas menghasilkan” karena sifatnya tidak seperti pekerjaan tetap dengan jam kerja harian dan gaji bulanan tetap. Jadi sebenarnya dapat juga dilakukan sebagai sumber penghasilan tambahan bagi para lulusan PGSD yang telah berstatus sebagai seorang guru.

Definisi PGSD

PGSD merupakan singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, merupakan salah satu jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dimana para lulusannya memang dipersiapkan untuk menjadi tenaga pengajar atau pendidik. Akan tetapi tidak semua lulusan pada akhirnya bekerja menjadi seorang guru karena keterbatasan tempat dan kesempatan.

Baca Juga:   A list of Must Recommended Online Resources for Students 

Dalam kondisi ini, para lulusan PGSD harus menjadi sosok kreatif dan mau belajar serta membuka diri dengan perkembangan zaman sehingga ketika keluar dari kampusnya tercinta tidak hanya terpaku dengan paradigma selama ini bahwa mereka hanya bisa bekerja menjadi seorang tenaga pengajar atau pendidik.

Berikut ini beberapa aktivitas menghasilkan bagi lulusan PGSD yang bisa dilakukan di era digital dan teknologi informasi saat ini, antara lain:

1. Membuka Kursus atau Menjadi Guru Private

Tidak semua orang bisa menjadi seorang guru atau tenaga pendidik, oleh karena itu para lulusan PGSD sebenarnya memiliki keistimewaan karena telah dibekali dengan ilmu dan keterampilan sesuai dengan bidang keilmuannya. Makanya ketika profesi guru masih belum dapat dicapai maka aktivitas menghasilan bagi lulusan PGSD yang pertama adalah menjadi guru private dengan sistem panggilan per siswa.

Banner 1

Indonesia WP Theme

Bagi yang memiliki sarana dan prasarana, dapat juga dengan membuka kursus atau bimbingan belajar di rumah. Banyak para lulusan PGSD sukses menjalankan usaha ini dari awal masih kecil dengan beberapa siswa hingga pada akhirnya memiliki brand lembaga kursus sendiri. Untuk di Pontianak sendiri, Lembaga Kursus THIYA menjadi salah satu contoh nyatanya.

2. Perancang atau Pengembang Media Belajar

Penyesuaian kurikulum sebagai dampak dari efek pandemi dua tahun terakhir menyebabkan banyak para guru dan tenaga pendidik merasa shock karena mereka harus cepat menyesuaikan diri. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim baru-baru ini mulai mengaktifkan Kurikulum Merdeka sebagai penyempurnaan dari kurikulum pendidikan sebelumnya.

Baca Juga:   7 Techniques to Be Successful in Online Classes

Sebenarnya jika diperhatikan kondisi ini umumnya dialami oleh para guru atau tenaga pendidik yang telah berusia 40 tahunan keatas dimana sebelumnya mereka tidak harus paham menggunakan teknologi informasi sebagai bagian dari implementasi kurikulum pendidikan terbaru. Disinilah aktivitas menghasilkan bagi lulusan PGSD untuk membuat sendiri rancangan media belajar dapat dilakukan.

3. Menjadi Konten Kreator

Aktivitas menghasilkan bagi lulusan PGSD selanjutnya adalah menjadi seorang konten kreator melalui beberapa platform, seperti: Blog, YouTube, Podcast, dan sejenisnya. Masih ada hubungan dengan penjelasan poin 2 (dua) diatas, disini peluang bisa ditangkap oleh para lulusan PGSD dengan menjadikan kedua platform tersebut sebagai media menyampaikan konten berkaitan dengan pendidikan dan edukasi.

Sudah cukup banyak informasi mengenai cara menjadi konten kreator yang menghasilkan, baik itu bersifat gratisan atau berbayar. Sekarang tinggal kembali lagi ke para lulusan PGSD apakah mau atau tidak untuk mempelajarinya secara serius dan konsisten. Bicara penghasilan bulanan, jika sukses memaksimalkan kedua platform tersebut jumlahnya bisa lebih besar dari penghasilan pekerja kantoran.

4. Menjadi Penyiar Radio

Kemampuan berkomunikasi yang baik terutama dengan anak-anak bisa dipelajari dan menjadi aktivitas menghasilan bagi lulusan PGSD terakhir yang akan dibahas pada tulisan ini. Jika dulu untuk dapat menjadi seorang penyiar radio, Anda harus melamar ke stasiun penyiar radio, maka untuk saat ini para lulusan PGSD dapat membuat siaran radio sendiri menggunakan Podcast atau Radio Streaming.

Baca Juga:   Tips Anti Nganggur di Era Milenial, Manfaatkan Internet sebagai Sumber Penghasilan

Mulai dari kamar, yang penting memiliki koneksi internet dan beberapa sarana pendukung minimal lainnya seperti mic, headphone, dan tentu saja laptop atau komputer dengan spesifikasi standar saat ini. Untuk rekomendasinya dapat menggunakan Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook.

Kesimpulan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah bidang ilmu yang memberi bekal tentang gimana caranya jadi seorang pendidik sekaligus pengajar bagi siswa-siswi Sekolah Dasar. Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan PGSD. Lulusan PGSD memang dicetak jadi Guru, tidak menutup kemungkinan bisa mencoba aktivitas menghasilkan lainnya.

Setiap lulusan PGSD berpeluang mengembangkan karir di bidang lain, hal ini dikarenakan kurikulum dan mata kuliah jurusan PGSD sangat mendukung lulusannya untuk mengembangkan kemampuannya di bidang lain. Selain menjadi guru SD, lulusan PGSD memiliki prospek kerja dan sukses berkarir di beberapa bidang lainnya.

Yang pertama, lulusan PGSD dapat berkarir menjadi peneliti pendidikan anak usia SD. Lulusan PGSD dapat juga bekerja dan berkarir di lembaga penelitian atau lembaga pendidikan sekolah, perguruan tinggi baik negeri atau swasta, serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta.

Bagi yang memiliki jiwa wirausaha, lulusan PGSD bisa menjadi seorang entrepreneur yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu contohnya adalah dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti bimbingan belajar, taman bermain anak, lembaga pelatihan guru sekolah dasar, atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang pendidikan dasar. (DW)

Sumber SekolahDasar.Net

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More