BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Apakah Router Extender Bermanfaat dalam Meningkatkan Kecepatan Internet?

Router extender merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk membantu memperluas jangkauan sinyal internet yang Anda miliki. Perangkat ini umumnya digunakan di tempat-tempat yang memiliki struktur tembok tebal atau dalam area pancaran gelombang elektromagnetik kuat dimana pancaran sinyal internetnya dapat terhambat.

Router Extender

Ketika Anda merasa sinyal internet yang diterima di satu area agak sulit diakses padahal sedang berada di pusat keramaian, hal ini bisa diakibatkan oleh kedua faktor seperti telah dijelaskan diatas. Dalam istilah sehari-hari, area tersebut sering disebut sebagai zona blindspot.

Umumnya zona blindspot akan banyak ditemukan di area-area perkotaan padat penduduk dimana tata letak kotanya dipenuhi dengan bangunan-bangunan tinggi sehingga tembok dindingnya menghalangi pancaran sinyal internet sehingga sulit diakses.

Nah, disinilah router extender memegang peran penting sebagai “perpanjangan tangan” untuk meneruskan sinyal internet tersebut sehingga dapat melewati celah diantara dinding bangunan yang menghalangi sehingga pada akhirnya dapat diakses oleh para pengguna.

Router extender biasa disebut juga sebagai repeater atau booster karena memiliki fungsi sama yaitu membuat para pengguna bisa tetap terhubung ke internet pada kecepatan yang sama dan seimbang meskipun sedang berada di zona blindspot.

Cara Kerja Router Extender

Melihat cara kerja Router Extender, secara sederhana dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Baca Juga:   Cara Menjaga Keamanan Digital Saat Bekerja Online
Cara Kerja Router Extender
Image: ITNesia.Com

Pada dasarnya, sinyal internet yang dipancarkan oleh provider ke router yang dimiliki akan memiliki jangkauan yang telah ditentukan. Kecepatan sinyal internet disini dipengaruhi oleh jenis dan kapasitas router, serta paket yang digunakan.

Dalam kondisi normal, pancaran internet yang dipancarkan tidak selalu dapat menjangkau setiap sudut ruangan. Pada ruangan yang terhalang oleh tembok tebal atau alat masak seperti microwave, sinyal internet cenderung akan lemah atau bahkan sama sekali tidak bisa diakses.

Untuk mengatasi masalah ini, digunakanlah router extender. Pertama-tama sambungkan perangkat ini dengan router induk yang terpasang, kemudian jadikan sebagai pemancar sinyal pembantu.

Banner 1

Indonesia WP Theme

Setelah itu letakkan perangkat ini di ruangan yang sulit menerima pancaran sinyal internet dari router utama, dan perhatikan betapa sinyal kini menjadi kuat dan bisa digunakan dengan baik.

Fungsi Memperkuat Sinyal

Melihat fungsinya sebagai penguat sinyal internet, jangan salah mengira bahwa penggunaan router extender akan meningkatkan kecepatan internet karena penghubungan antara router dan extender ini sifatnya adalah menyiarkan ulang sinyal yang dipancarkan router.

Router extender terhubung langsung dengan listrik, kemudian dikoneksikan dengan router menggunakan media sinyal yang dipancarkan oleh antenanya. Antena ini berfungsi menangkap sinyal dari router, menyiarkannya kembali, serta menangkap respon dari perangkat user dan mengirimkannya pada router untuk diproses.

Jadi cukup jelas bahwa untuk memperkuat sinyal internet dalam zona blindspot, Anda bisa menggunakan router extender. Akan tetapi jika Anda ingin kecepatan internet meningkat, langsung hubungi ke perusahaan penyedia jasa layanan internet yang digunakan.

Baca Juga:   WhatsApp Business Available in Italy: How it Works, Costs and Opportunities

Kapan Router Extender Bisa Digunakan?

Pada dasarnya, selama sinyal internet yang dipasang sudah bisa dinikmati oleh para pengguna sesuai dengan tujuan pemasangan dan tanpa ada kendala, maka perangkat ini tidak terlalu diperlukan. Akan tetapi jika ternyata setelah dipasang masih terdapat zona blindspot, maka penggunaan router extender bisa menjadi pertimbangan.

Sebenarnya ada beberapa merek router dijual dengan kemungkinan untuk dimodifikasi. Khusus untuk bagian antena, beberapa merek router “mengijinkan” Anda untuk melakukan modifikasi berupa penambahan atau penggantian antena. Hal ini dilakukan demi memperluas jangkauan dari sinyal internet yang dipancarkan oleh perangkat.

Selain melakukan modifikasi, ada cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mencoba memindahkan router induk yang digunakan ke tempat yang lebih tinggi, yang tidak terhalang oleh benda tebal. Namun jika cara ini masih tidak memberikan solusi, ya terpaksa harus menggunakan router extender.

Kesimpulan

Router extender adalah perangkat yang digunakan untuk memperkuat sinyal internet di area yang sulit ditembus dikarenakan adanya lapisan dinding tebal atau berada dalam area pancaran gelombang elektromagnetik kuat dari perangkat elektronik yang ada di sekitarnya.

Penggunaan router extender sebenarnya hanya untuk membantu memperkuat sinyal, bukan meningkatkan kecepatan internet. Satu hal yang harus diingat adalah kecepatan yang dimiliki oleh layanan akan tetap sama dan sesuai dengan kapasitas router induk.

Baca Juga:   Data Back-up and Also Recovery Providers: 5 Advantages in 2022

Dalam proses pemasangannya sangat mudah, setingan awal bisa dilakukan melalui router induk dengan mengakses IP 192.168.100.1. Atau jika Anda bingung, bisa langsung meminta petunjuk ke pihak penjual perangkat guna pemasangannya.

Diantara beberapa merek router extender yang ada, salah satu diantaranya adalah Totolink. Perusahaan vendor perangkat telekomunikasi ini sudah berdiri sejak tahun 1999. Hingga saat ini, Totolink menjadi salah satu brand router extender yang perangkatnya sudah banyak digunakan di berbagai belahan dunia. (DW)

Sumber Biznet Home

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More