Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Belajar Teknik Online Marketing dari Nyonya Xiaomi

Ada hal yang sangat mengejutkan beberapa tahun belakangan dalam jagat ponsel baik di Indonesia bahkan di dunia. Sebuah merek asal Tiongkok membuat dunia kepincut, bukan soal kualitas barang “Made in China” ataupun soal kualitas bahannya yang tidak menarik. Tapi soal ludesnya penjualan beberapa gadget yang dikeluarkan oleh Nyonya satu ini dengan cepat. 1000, 5000, atau bahkan 100.000 gadget bisa dijual olehnya dengan cepat, baik dalam hitungan jam maupun dalam hitungan hari. Saking lajunya, ia bahkan kini dengan gagahnya membuntuti Apple dan Samsung dalam hal penjualan gadget sedunia.

Xiaomi, begitulah kita menyebutnya. Vendor yang dibangun oleh Leijundan menjadi perusahaan kenamaan asal Tiongkok ini dengan percaya diri menyebar dan mengukuhkan nilai penjualan yang sangat baik menyusul vendor-vendor besar lainnya. Ia berdiri diatas kakinya sendiri dengan cara yang berbeda. Ibaratnya bila burung bangau berdi ri dengan satu kakinya, ia berdiri setidaknya hanya dengan beberapa jari kakinya saja. Langkah jenius dan sangat modern diterapkan oleh XiaoMi dalam menghadapi pasar smarpthone baik di dalam Tiongkok bahkan di luar negeri. Hal yang sangat mencolok adalah XiaoMi tidak mengandalkan iklan konvensional seperti baliho, brosur, iklan televisi, stand-stand promosi di pusat perbelanjaan. Namun si Nyonya satu ini lebih tertarik untuk memasarkan produknya secara online melalui seller terpercaya.

Model Xiaomi Mi3
Sumber: arenagratisan.blogspot.com

Di Indonesia sendiri Xiaomi menunjuk Lazada.co.id dan blibli.com sebagai kepanjangan tangan mereka. Melalui dua merchant inilah, XiaoMi berhasil meraup ratusan ribu penjualan hanya dlam hitungan minggu. Tapi apa sih sebenarnya hal yang dimiliki XiaoMi hingga ia sedemikian lihai menjual scara online? Bagi anda para penjual online, mari kita simak beberapa tips yang bisa kita pelajari dari kemampuan XiaoMi :

1. Ready Stock

Jarang sekali kita mendengar bahwa ada pelanggan XiaoMi yang tidak mendapatkan produk yang sudah di-inden jauh hari sebelumnya. Hampir semua inden produk ke XiaoMi sukses. Ini dikarenakan XiaoMi seringkali menyediakan produk dengan jumlah yang terbatas dan sudah diberitahukan kepada konsumen terlebih dahulu. Nah, sebagai penjual Online, tentu kita tidak ingin pelanggan kecewa dengan produk kia yang kehabisan dong 😀

2. Teknologi Terbaru dan Bersaing

XiaoMi berhasil memanfaatkan keuntungan dengan tidak memasarkan produknya secara online dan mengupgrade produk keluarannya sejajar dengan gadget merek ternama seperti samsung. Jadi jangan heran kalau XiaoMi mampu menjual smartphone yang levelnya setara dengan Samsung maupun Apple. Sama-sama memiliki kamera mumpuni, layar anti gores, dual simcard, video berkualitas tinggi speaker garang, hingga prosesor yang WOW namun harganya hanya setengah dari saingan yang lain 😀 Nah, sudah selayaknya kita juga selalu punya inovasi terbaru pada produk-produk yang kita jual kan?

3. Fast Respons – OnTime Delivery

Ini nampaknya menjadi salah satu hal yang sangat dipegang teguh oleh XiaoMi. Ia memaparkan kualitas produknya secara jelas pada merchant yang telah ditunjukknya, namun juga rendah hati, sangat jarang kita menemukan XiaoMi menggunakan trik saling sindir dengan merek lain atau protes pada pelanggan yang banyak bertanya. Peluncuran dan Pengiriman smartphone yang selalu tepat waktu juga nampaknya membuat banyak konsumen percaya dengan Nyonya dari Timur ini. Sebagai penjual online, jangan kapok menerima pertanyaan dari konsumen, maka dari itu sampaikanlah detil dari produk yang kita miliki dengan jelas. Bila kita mengandalkan COD ataupun transfer, kirmkanlah produk kita tepat waktu ke tangan konsumen

4. Harga Wajar – Desain Gahar

Meskipun sudah sangat booming, Xiaomi tidak serta merta segera menaikkan harga produk yang berikutnya. Malah, semakin banyak konsumen yang membeli produknya, XiaoMi tetap mempertahankan kualitas dan harga dari smartphone yang dikeluarkannya. Inilah yang jelas membuat banyak dari calon pembeli baru bahkan yang sudah membeli percaya. Desain yang tidak monoton, dan elegan khas XiaoMi juga menjadi suatu hal yang sangat penting. Sebagai penjual mempertahankan harga dan tidak melulu mepertontonakn desain yang sama juga sangat wajib lho hukumnya.

Nah itulah beberapa tips yang patut kita pelajarai dari Nyonya XiaoMi sebagai seorang penjual Online. Nampaknya tidak lama lagi, sang Nyonya akan bisa menjadi Ratu di Pasar Gadget Smartphone dunia. Kita tunggu saja ya waktunya… 😀

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
1 Comment
  1. Bimakuru says

    bagaimana dengan kualitas ? saya sendiri belum pernah memakain produk xiaomi hihihi…

Leave A Reply

Your email address will not be published.