BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19

Cara Download Sertifikat Vaksin

Warga DKI Jakarta yang ingin beraktivitas di luar rumah wajib divaksinasi covid-19. Warga harus menunjukkan sertifikat vaksin covid-19 sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan hingga berkunjung ke mal.

Aturan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 966 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19. Kepgub ini ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 3 Agustus 2021.

Warga yang ingin bepergian setidaknya sudah menerima vaksinasi dosis pertama. Meski begitu, ada pengecualian vaksinasi covid-19 bagi penyintas covid, anak-anak, dan kaum komorbid.

“Kecuali bagi warga yang masih dalam masa tenggang 3 bulan pasca-terkonfirmasi covid-19 dengan bukti hasil laboratorium, penduduk yang kontraindikasi dilakukan vaksinasi covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan medis dengan bukti surat keterangan dokter dan anak-anak usia kurang dari 12 tahun,” demikian bunyi Kepgub, Sabtu, 7 Agustus 2021.

Tahap Melakukan Download

Lantas, bagaimana cara mendapatkan sertifikat vaksinasi covid-19 agar dapat beraktivitas di Jakarta? Berikut caranya!

  1. Buka laman resmi pedulilindungi.id
  2. Pilih menu Login/Register di kanan atas layar
  3. Jika Anda belum memiliki akun harus membuatnya terlebih dahulu. Pilih Buat akun Peduli Lindungi
  4. Masukkan nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan nomor telepon yang digunakan saat proses registrasi vaksinasi
  5. Cek SMS dari Pedulicovid pada nomor ponsel yang didaftarkan
  6. Masukkan 6 digit nomor yang dikirim melalui SMS
  7. Sistem akan memverifikasi kode yang Anda masukkan
  8. Muncul tampilan laman Peduli Lindungi, pilih nama Anda di bagian kanan atas
  9. Klik sertifikat vaksinasi, lalu pilih sertifikat vaksin
  10. Klik buka sertifikat, nantinya kamu akan diminta melengkapi akun dengan memasukan nomor induk kependudukan (NIK) Anda. Klik submit
  11. Kamu akan kembali ke tampilan sertifikat vaksin. Nantinya akan muncul sertifikat vaksin pertama dan vaksin kedua jika sudah selesai menjalani vaksinasi
  12. Pilih sertifikat vaksin yang ingin kamu unduh. Klik unduh sertifikat, maka secara otomatis sertifikat vaksinasi akan terunduh.

Karena Blogger Borneo sudah mengikuti program Ayo Vaksin Covid 19 di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada awal bulan Juli lalu, maka mencoba untuk mengikuti langkah-langkah yang telah dituliskan diatas.

Akan tetapi sepertinya data Blogger Borneo belum masuk sehingga ketika dilakukan proses pencarian berdasarkan data-data yang diminta, nama Blogger Borneo tidak ada muncul dalam hasil pencarian. (DW)

Advertisement

Referensi MSN.Com
Indonesia Website Awards