6 Cara Jualan Online Tanpa Modal, Cukup Tawarkan dan Tidak Perlu Stok Barang

Kegiatan jualan online tanpa modal dan stok barang merupakan salah satu cara berbisnis yang saat ini banyak dilakukan. Pasalnya dengan perkembangan dunia internet, kini berjualan pun bisa dilakukan dimanapun.

Image: Google.Com

Cara Jualan Online Tanpa Modal

Memang jika dilihat sepintas, cara jualan online tanpa modal dan stok barang memang dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari internet. Akan tetapi harus dapat dipahami bahwa perencanaan matang sebelum menjalani usaha online ini juga harus dilakukan.

Banyak diantara para pengusaha online pemula pada akhirnya memutuskan diri untuk mundur dikarenakan banyak faktor, beberapa diantaranya adalah banyaknya kompetitor untuk produk sejenis, perang harga, kualitas layanan pengiriman, promosi kurang efektif, dan sejenisnya.

Oleh karena itu, disini Blogger Borneo akan menuliskan informasi mengenai bagaimana cara jualan online tanpa modal dan stok barang. Oke, untuk ulasan lebih lengkapnya dapat langsung disimak berikut ini:

1. Memastikan Produk yang Dijual

Cara jualan online tanpa modal yang pertama yaitu dapat dilakukan dengan memastikan terlebih dahulu produk yang akan dijual. Penjual dapat memulainya dengan memastikan produk yang dikuasainya. Hal ini dapat dilakukan dengan mengetahui dengan pasti asal serta seluk beluk produk.

Baca Juga:   BAHAYA Self Branding dan Ketenaran dalam Dunia Internet Marketing

Selain itu, riset pun harus dilakukan secara mendetail sebelum dipasarkan. Pastikan juga untuk mengetahui kebutuhan pasar saat ini yang tengah banyak diperlukan apa. Jadi kemungkinan bisnis berjalan baik pun bisa diprediksi.

2. Membuat Akun Media Sosial

Selanjutnya, cara yang bisa dilakukan oleh setiap pebisnis yaitu dengan membuat akun media sosial. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan zaman yang canggih, membuat media sosial sangat dibutuhkan. Terlebih lagi dalam kegiatan transaksi jual beli online.

Ketika telah memutuskan pembuatan sosial media, maka jangan lupa untuk membuat keterangan terkait informasi produk selengkapnya. Lampirkan beberapa keterangan berupa deskripsi atas produk yang dijual. Selanjutnya buatlah konten dengan produk yang menarik.

Selain itu, hal yang bisa tidak boleh dilewatkan yaitu untuk memastikan bahwa foto profil dari sosial media jelas. Mengingat banyaknya akun jualan yang dapat membuat konsumen ragu dan bingung. Oleh sebab itu, penting untuk memberikan identitas profil pengenal yang jelas.

3. Mencari Supplier dan Terapkan Dropship

Pencarian supplier juga menjadi salah satu cara terbaik agar bisnis tanpa stok barang dan modal bisa terlaksana. Pasalnya banyak di luaran sana, pedagang dengan skala besar yang mampu melayani permintaan reseller. Berlangsungnya kegiatan tersebut tentu dinamakan dengan sistem dropship.

Baca Juga:   Catatan 13 Tahun Tsunami Aceh: Bahkan Malaikat Pun Terpekur Muram

Memungkinkan penjual hanya akan melakukan bisnis dengan menerima pesanan dari pembeli meski tidak mempunyai produk. Jadi saat mendapatkan pesanan, maka pebisnis bisa memintanya pada supplier untuk mengirimkannya pada pembeli. Selain itu, supplier juga bisa mengirimkannya atas nama toko pebisnis.

4. Mengunggah Produk Secara Konsisten

Hal yang perlu dilakukan ketika menjadi pebisnis online yaitu harus selalu aktif dalam mengunggah produk. Setiap hari dengan menggunakan waktu secara efektif dan konsisten, maka pembeli juga akan serius. Membuat minat untuk melakukan transaksi pun kemungkinan besar terjadi.

Pasalnya, jika seorang pebisnis online tidak aktif dalam mengunggah produk yang dijualnya, maka produk tidak akan terjual. Cukup dengan melakukan unggahan pada setiap sosial media atau toko online. Jangan lupa juga untuk mengunggah testimoni dari pelanggan yang sudah membeli.

Namun yang harus pebisnis pelajari dalam mengunggah konten produk, tentu harus diiringi oleh keterangan yang sifatnya edukatif. Mengingat setiap produk yang dijual adalah barang yang bermanfaat untuk digunakan. Jadi ada baiknya untuk membuat konten yang mampu memberikan pengetahuan.

5. Menggunakan Koneksi

Strategi yang dipakai sebagai salah satu cara jualan online tanpa modal yaitu dengan memakai koneksi. Ketika melakukan penawaran dalam bentuk promosi. Jangan lupakan orang sekitar atau terdekat untuk membantu kegiatan promosi.

Baca Juga:   Utak Atik Kandidat Calon Gubernur Kalimantan Barat Periode 2018-2023

Pemanfaatan kerabat untuk bisa memasarkan produk yang dijual juga memiliki pengaruh yang besar pada pendapatan. Mengingat promosi yang dilakukan tidak memerlukan biaya. Jadi secara tidak langsung iklan pun dilakukan tanpa harus membayar.

Pebisnis bisa meminta bantuan dari kerabat atau teman terdekat dengan mengunggah produk yang dijual pada akun media sosialnya. Cukup dengan memanfaatkan fitur repost atau share, maka jangkauan promosi pun bisa lebih luas. Memungkinkan peluang produk untuk terjual pun lebih besar.

6. Menggunakan Program Afiliasi  dan E-Commerce

Terakhir, cara jualan online tanpa modal yang dapat dilakukan dengan mudah yaitu bergabung program afiliasi. Untuk cara kerja dari program ini sendiri sangat mudah dan praktis. Cukup dengan membagikan tautan terkait afiliasi produk yang akan dijual.

Namun, pemanfaatan platform e-commerce pun tentu bisa menjadi salah satu pilihan selain program afiliasi. Mengingat peran pebisnis dalam berjualan bisa dikatakan sebagai tangan pertama seorang reseller atau dropshipper. Pelajari ketentuan setiap platform e-commerce dalam memasarkan produk.

Itulah ulasan terkait jualan online tanpa modal dan stok barang yang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Sebenarnya dengan adanya kemudahan teknologi, berjualan bukan lagi hal sulit. Kini setiap orang sudah bisa memulai bisnisnya cukup lewat smartphone. (DW)

Don`t copy text!