UBSI Pontianak Ajarkan Cara Menggunakan Aplikasi Akuntansi UKM ke Anggota PontiMarket.Com

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak dalam salah satu program kerjasamanya memberikan pelatihan bertemakan "Mengatur Omset Ketje" kepada para anggota Komunitas UMKM Kalbar PontiMarket.Com, Kamis (29/08/2019).

Alhamdulillah setelah sempat beberapa kali mengalami pergeseran waktu pelaksanaan, akhirnya UBSI Pontianak bekerjasama dengan Komunitas UMKM Kalbar PontiMarket.Com bisa menyelenggarakan Pelatihan Cara Menggunakan Aplikasi Akuntansi UKM di 3 (tiga) hari menjelang bergantinya bulan Agustus 2019.

Bertempat di salah satu ruangan lantai 3 (tiga) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak yang terletak di kawasan Jalan Abdul Rahman Saleh No.A-18 atau lebih dikenal sebagai Jalan BLKI. Blogger Borneo bersama dengan salah seorang co-founder PontiMarket.Com yaitu Pak Edi Suprianto turut hadir dalam kesempatan ini.

Aplikasi Akuntansi UKM

Bapak Muhamad Nasihin, M.Kom dalam sesi pembukaan kegiatannya menyampaikan bahwa kegiatan kali ini merupakan bagian dari program Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dibuat oleh UBSI Pontianak dengan target para pesertanya berasal dari pihak luar universitas (masyarakat umum).

“Dalam penyampaian materinya, nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan para peserta. Tinggal disampaikan saja ke universitas. Insya Allah jika sejalan pihak universitas akan mendukung sepenuhnya.” demikian sosok dosen yang saat ini memegang jabatan sebagai ketua program memberikan pernyataan.

Baca Juga: Sertifikasi Zahir Accounting BSI Pontianak

Di saat bersamaan, Bu Yulia, SE, MM yang merupakan dosen UBSI Pontianak sekaligus pemateri miniworkshop “Mengatur Omset Ketjeh” ini menjelaskan bahwa berdasarkan hasil diskusi dengan pihak internal universitas dimana kebanyakan para pelaku UMKM Kalbar bertanya mengenai bagaimana membuat laporan keuangan usaha yang baik dan benar, diambilah keputusan untuk menjadikan “Belajar Akuntansi menggunakan Aplikasi” sebagai tema pertemuan pertama.

Pemateri Dosen UBSI Pontianak
Image: PontiMarket.Com

Profil Singkat

Menurut Bu Yulia, pada pertemuan pertama ini memang sengaja tim UBSI Pontianak memilih Akuntansi UKM sebagai aplikasi yang digunakan karena sifatnya GRATIS. Aplikasi berbasis android ini bisa langsung diinstal di smartphone para pelaku UMKM Kalbar melalui link Google Play Store.

Selain gratis, aplikasi android ini juga cukup mudah digunakan dan memiliki tampilan sederhana sehingga tidak akan sulit untuk dipelajari. Hal ini terbukti ketika para peserta yang hadir dapat langsung mengimplementasikan penggunaan aplikasi Akuntansi UKM di gadgetnya masing-masing.

Akuntansi UKM adalah sistem aplikasi keuangan sederhana yang dapat digunakan oleh Usaha Kecil dan Menengah. Akuntansi UKM digunakan untuk memenuhi kebutuhan standar pengelolaan sistem informasi keuangan dalam perusahaan sehingga pencatatan keuangan perusahaan tersistem dengan baik dan benar untuk meminimalisir resiko kebangkrutan.

Cara Menggunakan Aplikasi Akuntansi UKM
Image: AkuntansiUKMID.Com

Aplikasi Akuntansi UKM yang dibangun ini diharapkan pengguna yang tidak bisa akuntansi dapat belajar akuntansi, yang tidak suka dengan akuntansi menjadi menyukai akuntansi dengan tutorial-tutorial yang telah disediakan. Karena mau tidak mau sebagai seorang pengusaha kita harus mengerti akuntansi.

Fitur Aplikasi

Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi Akuntansi UKM, antara lain:

  • Jurnal Harian: Input Jurnal Harian Perusahaan.
  • Buku Besar: Laporan Jurnal Harian yang Sudah Diinput.
  • Neraca Saldo: Laporan Keseimbangan Nilai Jurnal Harian yang Diinput.
  • Laporan Laba Rugi: Laporan Laba atau Rugi Perusahaan.
  • Laporan Neraca: Laporan Keuangan Perusahaan.
  • Export CSV: Simpan Laporan dalam Bentuk File CSV (Excel) Sehingga Dapat Dicetak Melalui Komputer.

Selama kurang lebih 2,5 jam para peserta tetap fokus pada materi yang disampaikan mengenai cara menggunakan aplikasi Akuntansi UKM. Rasa keingintahuan para pemilik UMKM Kalbar yang begitu besar membuat mereka tanpa terasa dapat menyelesaikan satu demi satu kasus transaksi keuangan yang diberikan oleh pemateri.

Video Tutorial

Karena pada pertemuan perdana ini jumlah peserta yang difasilitasi sangat terbatas, hanya sekitar 25 orang saja maka Blogger Borneo mencoba untuk membuat video tutorial singkat mengenai cara menggunakan aplikasi Akuntansi UKM. Silahkan bagi para pelaku UMKM Kalbar yang ingin belajar secara mandiri bisa langsung melihatnya di video tutorial dibawah ini:

Info Pendaftaran

Bagi para pelaku UMKM di Kalimantan Barat yang ingin mengikuti kegiatan selanjutnya bisa langsung melakukan pendaftaran ke Komunitas UMKM Kalbar PontiMarket.Com melalui Bapak Edi Suprianto via WhatsApp di nomor 0896-2381-7678.

Sedangkan bagi para lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin mendapatkan informasi lengkap mengenai proses pendaftaran mahasiswa baru UBSI Pontianak bisa langsung membuka website resminya di www.bsi.ac.id. Jika masih kurang jelas, langsung saja datang ke lokasi kampusnya (klik gambar peta Google dibawah ini).

Lokasi UBSI Pontianak

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More