Indonesia Website Awards

Cara Menggunakan NFC dan Mengaktifkannya di Android dan iPhone

Image: Freepik

NFC (Near Field Communication) adalah teknologi yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain yang berada dalam jarak dekat, biasanya dalam radius beberapa sentimeter.

Sejak diperkenalkan pertama kali, teknologi NFC (Near Field Communication) telah mengalami perkembangan yang signifikan dan memiliki dampak besar pada berbagai industri. NFC digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk pembayaran mobile, berbagi file, dan banyak lagi.

Perkembangan NFC

Sejak diperkenalkan pertama kali, teknologi NFC (Near Field Communication) telah mengalami perkembangan yang signifikan dan memiliki dampak besar pada berbagai industri. Berikut adalah beberapa perkembangan terbaru dalam teknologi NFC:

1. Pembayaran Mobile

Salah satu penggunaan utama NFC adalah dalam pembayaran mobile. Layanan seperti Apple Pay, Google Pay, dan Samsung Pay telah menjadi populer, memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran di toko fisik, aplikasi, dan situs web dengan cepat dan aman menggunakan perangkat mereka.

RajaBackLink.com

2. Kartu Identitas Digital

Beberapa negara dan organisasi telah mulai mengadopsi teknologi NFC untuk menciptakan kartu identitas digital. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi identifikasi mereka dalam bentuk elektronik yang dapat diakses dengan menggunakan perangkat NFC yang kompatibel.

3. Transportasi Publik

NFC digunakan luas dalam sistem transportasi publik di seluruh dunia. Kartu transportasi yang dilengkapi NFC atau aplikasi mobile dengan fitur NFC memungkinkan pengguna untuk membayar tiket dan mengakses layanan transportasi dengan mudah.

4. Kunci Pintar

NFC digunakan dalam pengunci pintar (smart locks) untuk mengontrol akses ke rumah atau gedung. Pengguna dapat membuka pintu dengan mendekatkan perangkat mereka yang memiliki chip NFC ke pengunci pintar yang kompatibel.

5. IoT (Internet of Things)

NFC digunakan dalam konteks Internet of Things (IoT) untuk menghubungkan dan mengendalikan perangkat pintar. Dengan NFC, perangkat dapat dengan mudah dihubungkan dan dikonfigurasi.

6. Penggunaan dalam Pemasaran

NFC digunakan dalam kampanye pemasaran yang interaktif. Misalnya, tag NFC pada poster atau kemasan produk dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan, mengejar promo, atau mengarahkan pengguna ke situs web atau aplikasi tertentu.

7. Kesehatan

NFC digunakan dalam aplikasi kesehatan, seperti perangkat pelacakan kesehatan yang berkomunikasi dengan smartphone. Ini memungkinkan pemantauan yang lebih baik atas kondisi kesehatan individu.

8. Penggunaan di Event dan Transportasi Umum

Di berbagai acara besar dan transportasi umum, tag NFC digunakan untuk tiket digital dan ID akses.

9. Perangkat Elektronik Konsumen

NFC semakin sering digunakan dalam perangkat elektronik konsumen, seperti speaker pintar, headphone, dan perangkat seluler untuk menghubungkan perangkat dengan cepat dan mudah.

10. Keamanan dan Privasi

Dengan perkembangan teknologi, keamanan dan privasi dalam penggunaan NFC semakin ditingkatkan untuk melindungi pengguna dari ancaman keamanan.

Perkembangan terus berlanjut, dan NFC diperkirakan akan terus menjadi bagian penting dari ekosistem teknologi yang semakin terkoneksi dan bergerak ke depan. Teknologi NFC yang semakin canggih juga dapat memungkinkan lebih banyak aplikasi inovatif di masa depan.

Cara Menggunakan NFC

Di bawah ini, saya akan menjelaskan cara mengaktifkan dan menggunakan NFC pada perangkat Android dan iPhone.

Gunakan NFC di Android

1. Pastikan NFC Aktif

  • Buka Pengaturan (Settings) di perangkat Android Anda.
  • Gulir dan cari opsi “NFC” atau “Wireless & Networks” (Bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Anda).
  • Aktifkan NFC dengan menggeser tombol atau memilih opsi “Aktifkan” atau “Nyalakan”.

2. Menggunakan NFC

NFC diaktifkan, Anda dapat menggunakannya untuk berbagai tujuan:

  • Pembayaran Mobile: Gunakan aplikasi pembayaran mobile seperti Google Pay atau Samsung Pay untuk melakukan pembayaran di toko yang mendukung NFC.
  • Berbagi File: Untuk berbagi file, pastikan perangkat lain juga memiliki NFC aktif. Sentuhkan perangkat Anda satu sama lain, dan ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk memulai transfer file.
  • Pengaturan Automatis: Anda dapat mengatur tindakan otomatis saat mendeteksi tag NFC. Misalnya, membuka aplikasi tertentu atau mengaktifkan mode “bisnis” saat Anda menyentuh tag NFC yang sesuai.
Baca Juga:   7 Tips Memelihara Kambing yang Baik dan Sesuai dengan Anjuran Islam

Aktifkan NFC di iPhone

1. Pastikan NFC Aktif:

  • Buka Pengaturan (Settings) di iPhone Anda.
  • Gulir dan cari opsi “NFC” (biasanya di bawah “Wallet & Apple Pay” atau “Privacy”).
  • Aktifkan NFC dengan menggeser tombol ke posisi “On.”

2. Menggunakan NFC:

  • NFC di iPhone digunakan terutama untuk pembayaran mobile melalui Apple Pay.
  • Untuk membayar dengan Apple Pay, buka aplikasi Wallet dan tambahkan kartu kredit atau debit Anda. Kemudian, saat berada di lokasi yang mendukung Apple Pay, dekatkan iPhone Anda ke pembaca NFC dan verifikasi pembayaran dengan sidik jari atau kode PIN.

Perlu diingat bahwa penggunaan NFC pada iPhone terutama terbatas pada pembayaran mobile dengan Apple Pay. Untuk penggunaan NFC yang lebih luas, seperti berbagi file atau pengaturan tindakan otomatis, Android umumnya memberikan lebih banyak fleksibilitas.

NFC untuk Pembayaran Digital

NFC (Near Field Communication) adalah teknologi yang penting dalam penggunaan mobile payment. Dalam konteks mobile payment, NFC memungkinkan perangkat mobile Anda untuk berkomunikasi dengan terminal pembayaran yang kompatibel dalam jarak yang sangat dekat, biasanya hanya beberapa sentimeter.

Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah tanpa harus menyentuhkan kartu kredit fisik atau mengisi rincian pembayaran secara manual.

Berikut adalah cara NFC digunakan untuk mobile payment:

1. Aktifkan NFC di Perangkat Anda

Pastikan NFC diaktifkan di perangkat mobile Anda. Biasanya, Anda dapat mengaktifkannya melalui pengaturan perangkat Anda.

2. Tambahkan Kartu Pembayaran

Anda perlu menghubungkan kartu kredit atau debit Anda ke aplikasi mobile payment yang mendukung NFC. Aplikasi seperti Apple Pay, Google Pay, atau Samsung Pay memungkinkan Anda untuk menyimpan informasi kartu Anda dengan aman di dalam aplikasi.

3. Verifikasi Identitas

Beberapa aplikasi mobile payment memerlukan verifikasi identitas, seperti sidik jari atau kode PIN, sebelum melakukan pembayaran. Hal ini untuk meningkatkan keamanan transaksi.

4. Lakukan Pembayaran:

  • Saat berada di toko yang mendukung NFC, seperti supermarket, restoran, atau toko retail, pastikan terminal pembayaran juga memiliki logo NFC.
  • Buka aplikasi mobile payment Anda.
  • Pilih kartu pembayaran yang ingin Anda gunakan.
  • Tempelkan bagian belakang perangkat mobile Anda yang memiliki chip NFC ke terminal pembayaran (biasanya bagian atas atau sisi terminal) dengan lembut dan singkat.
  • Tunggu sebentar, dan transaksi akan diproses. Anda mungkin perlu mengonfirmasi transaksi dengan verifikasi tambahan, seperti sidik jari atau kode PIN, tergantung pada pengaturan keamanan Anda.

5. Selesaikan Transaksi

Setelah transaksi selesai, Anda akan menerima pemberitahuan konfirmasi dan tanda bukti pembayaran di perangkat Anda.

Keuntungan menggunakan NFC untuk mobile payment termasuk kecepatan, kenyamanan, dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Karena transaksi NFC hanya dapat dilakukan dalam jarak yang sangat dekat, risiko pencurian data kartu atau pembayaran yang tidak sah sangat minim.

Pastikan untuk memantau aktivitas pembayaran Anda secara teratur dan gunakan fitur keamanan yang ditawarkan oleh aplikasi mobile payment Anda, seperti pemberitahuan transaksi dan penguncian aplikasi dengan PIN atau sidik jari, untuk melindungi akun Anda.

NFC untuk Smart Lock

Penggunaan NFC (Near Field Communication) dalam sistem penguncian pintar (smart lock) memungkinkan pemilik rumah atau bangunan untuk membuka pintu atau mengakses area yang terkunci dengan cara yang aman dan nyaman. Berikut adalah cara NFC digunakan dalam smart lock:

Baca Juga:   Inknoe ClassPoint Membuat Metode Pembelajaran Lebih Menarik dan Interaktif

1. Integrasi NFC

Smart lock dilengkapi dengan chip NFC yang memungkinkan komunikasi dengan perangkat mobile yang memiliki kemampuan NFC, seperti smartphone atau kartu identitas digital.

2. Pengaktifan Lock

Pemilik rumah atau pengguna yang memiliki akses dapat mengaktifkan smart lock dengan cara mendekatkan perangkat yang memiliki NFC, seperti smartphone atau kartu identitas digital, ke sensor NFC yang terdapat pada smart lock.

3. Verifikasi Identitas

Untuk meningkatkan keamanan, akses ke smart lock melalui NFC dapat memerlukan verifikasi tambahan, seperti PIN, kata sandi, atau sidik jari. Hal ini memastikan bahwa hanya pemilik yang sah yang dapat membuka pintu atau mengakses area yang terkunci.

4. Pembaruan Hak Akses

Pemilik atau administrator sistem dapat mengelola hak akses dan mengizinkan atau mencabut akses orang lain dengan mudah melalui aplikasi mobile atau perangkat terhubung lainnya. Ini memungkinkan untuk memberikan akses sementara atau akses terbatas.

5. Jejak Akses

Smart lock seringkali menyimpan jejak akses, sehingga pemilik dapat melihat siapa yang membuka pintu dan pada waktu apa. Ini berguna untuk tujuan keamanan dan pemantauan.

6. Koneksi Internet

Beberapa smart lock terhubung ke internet, yang memungkinkan pemilik untuk mengendalikan akses ke pintu dari jarak jauh melalui aplikasi mobile atau web.

7. Kemampuan Multi-Akses

Dalam banyak kasus, smart lock dapat mengelola akses dari berbagai perangkat NFC yang berbeda, seperti smartphone atau kartu identitas digital yang berbeda-beda.

8. Kemudahan Instalasi

Instalasi smart lock dengan NFC seringkali cukup mudah dan dapat dilakukan oleh pemilik rumah tanpa perlu mengganti seluruh sistem kunci.

Penggunaan NFC dalam smart lock meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna. Pengguna dapat membuka pintu tanpa perlu membawa kunci fisik atau mengingat kombinasi angka. Selain itu, pengelolaan akses menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan dari jarak jauh melalui aplikasi mobile.

Namun, seperti halnya dengan teknologi apa pun, penting untuk menjaga keamanan sistem dan perangkat yang terhubung ke smart lock agar terhindar dari ancaman keamanan. Selalu pastikan untuk menggunakan sandi atau verifikasi tambahan yang kuat dan rutin memperbarui perangkat lunak smart lock Anda untuk menjaga keamanan.

NFC untuk Identitas Digital

Penggunaan NFC (Near Field Communication) untuk ID card atau kartu identitas digital telah menjadi semakin populer karena memberikan kemudahan akses dan keamanan yang lebih tinggi daripada kartu fisik biasa. Berikut adalah cara NFC digunakan untuk ID card:

1. Penyimpanan Informasi Identitas

Informasi identitas individu, seperti nama, nomor identifikasi, foto, dan informasi lainnya, dapat disimpan dalam bentuk elektronik pada chip NFC yang terdapat pada kartu identitas digital.

2. Konektivitas NFC

Kartu identitas digital dilengkapi dengan chip NFC yang memungkinkan komunikasi dengan perangkat yang memiliki kemampuan NFC, seperti ponsel pintar atau pembaca NFC yang sesuai.

3. Verifikasi Identitas

Pemilik kartu identitas digital dapat menggunakan perangkat mobile mereka yang memiliki NFC untuk mengakses informasi identitas mereka. Ini dapat melibatkan menyentuhkan atau mendekatkan kartu identitas digital ke perangkat NFC.

4. Keamanan Tambahan

Untuk meningkatkan keamanan, akses ke informasi identitas yang disimpan dalam kartu dapat dilindungi dengan kata sandi, PIN, sidik jari, atau verifikasi lainnya. Ini memastikan bahwa hanya pemilik yang sah yang dapat mengakses informasi tersebut.

5. Aplikasi Tambahan

Kartu identitas digital dengan NFC dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk akses ke gedung atau ruangan yang terkunci, kontrol kehadiran karyawan, akses ke layanan medis, atau bahkan sebagai pengganti tiket dalam acara khusus.

6. Integrasi dengan Sistem IT

Baca Juga:   Apa itu Factory Reset dan Hard Reset Serta Perbedaannya

Kartu identitas digital dengan NFC dapat diintegrasikan dengan sistem informasi dan basis data yang lebih besar untuk memastikan keakuratan informasi dan efisiensi dalam manajemen identitas.

7. Kemudahan Pembaruan dan Manajemen

Salah satu keuntungan dari kartu identitas digital adalah kemampuan untuk memperbarui informasi dengan mudah, seperti perubahan alamat atau status pekerjaan. Ini dapat dilakukan secara online melalui sistem terkait.

8. Ketahanan dan Durabilitas

Kartu identitas digital yang menggunakan teknologi NFC biasanya dirancang tahan air dan tahan lama, sehingga dapat digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan.

Penggunaan kartu identitas digital dengan NFC membawa berbagai manfaat, termasuk pengurangan risiko kehilangan atau pencurian kartu fisik, kemudahan akses, dan kemampuan untuk menggabungkan berbagai fungsi ke dalam satu kartu. Namun, penting untuk memastikan keamanan data identitas yang disimpan dalam kartu dan mematuhi regulasi privasi yang berlaku.

NFC (Near Field Communication) adalah teknologi yang telah mengalami perkembangan signifikan dan memiliki berbagai penggunaan yang luas, termasuk dalam mobile payment, ID card, dan smart lock. Teknologi NFC memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jarak yang sangat dekat, dan ini telah membawa sejumlah manfaat, seperti kecepatan, kenyamanan, dan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Dalam mobile payment, NFC memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah menggunakan perangkat mobile mereka, seperti smartphone, tanpa perlu menyentuhkan kartu kredit fisik atau memasukkan rincian pembayaran secara manual.

Dalam ID card, NFC memungkinkan informasi identitas individu untuk disimpan dalam bentuk elektronik pada chip NFC. Ini membawa manfaat keamanan dan kemudahan akses, serta kemampuan untuk mengintegrasikan ID card dengan berbagai aplikasi dan sistem.

Dalam smart lock, NFC memungkinkan pemilik rumah atau pengguna untuk membuka pintu atau mengakses area yang terkunci dengan cara yang aman dan nyaman dengan mendekatkan perangkat NFC mereka ke sensor pada smart lock. Ini memungkinkan manajemen akses yang lebih baik dan memungkinkan pemilik untuk memberikan akses sementara atau akses terbatas kepada orang lain.

Penggunaan NFC terus berkembang dan terus memberikan inovasi dalam berbagai bidang, termasuk teknologi pembayaran, keamanan, dan manajemen identitas. Tetapi, seperti dengan semua teknologi, perlu menjaga keamanan data dan perangkat yang terhubung untuk melindungi informasi pribadi dan sistem dari ancaman keamanan. (DW)

Don`t copy text!