Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Desain Baru iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Lebih Lebar Lebih Lega

“Tidak ada orang yang mau membeli telepon berukuran besar” pernyataan ini pernah diucapkan oleh mendiang Steve Jobs, CEO Apple saat itu, pada saat peluncuran iPhone 4 tahun 2010 silam. Menurut Steve Jobs yang sangat anti dengan telepon berukuran besar, ukuran ideal layar sebuah telepon adalah 3,5 inci sama seperti yang dimiliki oleh iPhone 4 pada saat itu. Di saat para vendor smartphone sedang gencar-gencarnya meluncurkan produk-produk smarphone berukuran layar lebar, Steve Jobs tetap konsisten untuk mempertahankan ukuran “ideal” menurut persepsinya. Tidak terasa empat tahun berjalan, Tim Cook yang merupakan CEO Apple pengganti Steve Jobs melakukan sebuah gebrakan dengan meluncurkan iPhone versi 6 dengan ukuran layar 4,7 inci dan iPhone versi 6 plus dengan ukuran layar 5,5 inci. Sepertinya untuk kali ini Tim Cook mencoba untuk “berkompromi” dengan selera para pengguna dimana ukuran layar menjadi standar kenyamanan dalam melakukan aktivitas keseharian.

iPhone 6 and iPhone 6 Plus White
Sumber: http://mashable.com/2014/06/30/iphone-6-mockups/

Dibandingkan dengan versi terdahulunya yaitu iPhone 5S dan iPhone 5C, bentuk desain iPhone 6 dan iPhone 6 Plus agak sedikit berbeda. Ukuran lebih ramping dengan bentuk sudut menyerupai iPad membuat kedua produk keluaran terbaru Apple ini tampak lebih segar dan elegan. Selain itu, bentuk dan letak tombol Power On juga mengalami perubahan dibanding versi sebelumnya. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus menggunakan chip terbaru versi A8, chip ini diklaim memiliki kinerja 25 persen lebih cepat dari versi sebelumnya yaitu A7. Untuk chip grafisnya digunakan versi M8 yang merupakan penyempurnaan dari M7. Dengan M8, kinerja iPhone 6 dan iPhone 6 Plus akan meningkat hingga 50 persen diikuti dengan peningkatan sensor gerak yang dimiliki. Bahan layar yang digunakan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus masih sama dengan versi sebelumnya, hal ini mementahkan isu yang sempat beredar dulu dimana kedua produk terbaru Apple ini akan menggunakan material layar berbahan dasar safir. Material safir yang dikenal sangat tangguh dan anti goresan hanya digunakan pada kaca kameranya saja.

iPhone 6 and iPhone 6 Plus Black
Sumber: http://www.macrumors.com/roundup/iphone-6/

Pelebaran ukuran layar iPhone 6  dan iPhone 6 Plus turut berpengaruh terhadap kualitas resolusi yang dihasilkan. Pada iPhone 6, resolusinya adalah 750 x 1.344 pixel sedangkan pada iPhone 6 Plus resolusinya adalah 1.080 x 1.920 pixel. Meski begitu, Apple tetap mempertahankan kualitas resolusi maksimal di angka 8 megapixel dengan penambahan sensor baru untuk menghasilkan kualitas foto lebih baik. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dilengkapi dengan lensa berdiafragma f/2,2 dan didukung oleh LED Flash ganda yang akan memberikan nuansa warna lebih alami ketika menggunakan flash. Khusus iPhone 6 Plus, Apple juga memberikan tambahan fasilitas berupa Feature Optical Image Stabilization. Fitur ini berfungsi untuk meminimalisir guncangan ketika pengguna memotret dalam kondisi gelap.

Satu fitur lagi yang dipasang ada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus adalah NFC. Fitur yang baru pertama kali dipasang Apple ini dapat difungsikan sebagai alat pembayaran. Untuk mendukung penggunaan fitur NFC, Apple Pay telah menjalin kerjasama dengan banyak bank dan merchant di seluruh dunia. Fitur NFC juga dilengkapi dengan teknologi pemindai sidik jari TouchID sehingga proses pembayaran via Apple Pay akan lebih mudah dan aman.

Jika dilihat dari spesifikasi dan fitur yang dimiliki, tentu saja iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memiliki kinerja yang lebih baik. Akan tetapi, dari sisi desain dan lebar layar Apple tetap akan mempertahankan versi sebelumnya yaitu iPhone 5S dan iPhone 5C. Sekarang pilihan tinggal diserahkan kepada calon pengguna, ingin menggunakan layar 4 inci (iPhone 5S dan 5C), 4,7 inci (iPhone 6), atau 5,5 inci (iPhone 6 Plus). Silahkan memilih… (DW)

Sumber : Info Komputer Edisi Oktober 2014

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.