Indonesia Website Awards

Menu

Mode Gelap
Testimoni Mosehat, Merasakan Sendiri Efeknya untuk Vitalitas Setelah 3 Hari Konsumsi Darul Fikri Kubu Raya, Melihat dari Dekat Pondok Pesantren dengan Konsep Alam Terbuka Milenial Kreatif Selenggarakan Workshop Digital Skills Pontianak Pertama untuk UMKM Kalimantan Barat Inisiatif Mandiri, Relawan TIK Kalbar Lakukan Pemberdayaan Pandu Digital di Desa Tae Kabupaten Sanggau Digital Netizen Fair 2021 Pontianak, Ajari Masyarakat Kalimantan Barat Budaya Bermedia Digital

Liputan · 23 Okt 2013 09:31 WIB

Kalbar SMESCO Expo dan Pekan Layanan Publik 2013


 Kalbar SMESCO Expo dan Pekan Layanan Publik 2013 Perbesar

Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Pontianak ke 242 yang jatuh pada tanggal 23 Oktober 2013, Pemerintah Kota Pontianak menggelar pameran UKM dengan tema Kalbar SMESCO Expo 2013. Kegiatan pameran yang diselenggarakan dari tanggal 23-26 Oktober ini diikuti oleh puluhan UKM lokal maupun UKM daerah lain di Indonesia. Menurut informasi dari Pontianak Post, pada penyelenggaraan Kalbar SMESCO Expo 2013 diikuti oleh 30 kabupaten/kota, 4 provinsi, 10 BUMN dan belasan pelaku UMKM. Untuk prosesi pembukaannya sendiri secara simbolis diresmikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pontianak, Bapak Ignatius Ika.

Kalbar SMESCO Expo 2013 - PCC

Kalbar SMESCO Expo 2013 diharapkan dapat menjadi momen pertemuan antar pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia, ini tentunya akan membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM lokal untuk dapat lebih melebarkan pemasaran produknya. Dari pantauan dilapangan, terdapat stan-stan UMKM dengan berbagai macam kategori, antara lain: kuliner, kerajinan tangan, fashion, tanaman hias, otomotif, dan lain sebagainya. Pada penyelenggaraan tahun ini, Kalbar SMESCO Expo 2013 dilaksanakan berbarengan dengan Pekan Pelayanan Publik. Tampak beberapa stan instansi pelayanan publik berada diantara stan-stan para peserta UMKM lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa dokumentasi yang berhasil diambil ketika saya berkunjung ke Pontianak Convention Center (PCC), lokasi dimana Kalbar SMESCO Expo 2013 diselenggarakan.

Stand Peserta Pameran PCC SMESCO

Stand Para Peserta Kalbar SMESCO Expo 2013

Stand Pemkot Pontianak PCC SMESCO

Stand Pemkot Pontianak di Kalbar SMESCO Expo 2013

Stand UKM Binaan BI PCC SMESCO

Stand UKM Binaan Bank Indonesia di Kalbar SMESCO Expo 2013

Stand UKM Binaan Kubu Raya PCC SMESCO

Stand UKM Binaan Pemkab Kubu Raya Kalbar SMESCO Expo 2013

Salah satu stand UKM yang menurut saya unik adalah milik binaan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, di stan ini terdapat beberapa jenis produk khas Kubu Raya salah satu diantaranya adalah Hasil Anyaman Keladi Air. Siapa yang bakal mengira ditangan para ibu-ibu kreatif ini, tanaman keladi air dapat menjadi produk-produk khas bernilai ekspor.

Selain stand bagi para peserta UKM, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (DISPERINDAGKOP) Pemerintah Kota Pontianak juga menyediakan satu stand gratis bagi Pontianak Creative Association (PCA) dimana pada kesempatan ini stand tersebut diisi oleh teman-teman dari Komunitas Komikus Pontianak. Mungkin bagi teman-teman yang berkunjung ke Kalbar SMESCO Expo 2013 bisa berkunjung ke stand ini, kebetulan saya ada mengambil dokumentasi hasil karya cipta mereka.

Stand PCA Komunitas Komikus Pontianak PCC SMESCO

Gimana nih Friends hasil kreasinya? Sungguh luar biasa bukan? Sepertinya apa yang dilakukan teman-teman dari Komunitas Komikus Pontianak ini telah menunjukkan bahwa mereka memiliki talenta di bidang industri kreatif. Sekarang tinggal bagaimana mengarahkan dan mengangkat hasil kreasi mereka ke cakupan yang lebih luas. Hhhmmm…

Dalam kesempatan ini, salah satu pihak pendukung kegiatan yaitu Sriwijaya Air Pontianak juga ikut memeriahkan dengan menampilkan dua artis ibu kota, yaitu: Yani Libels dan Sherly Me. Rencananya kedua artis ibukota ini akan menghibur masyarakat yang berkunjung ke acara Smesco Expo Kalbar 2013 di Pontianak Convention Center (PCC) pada Jum’at malam (23/10/2013). Selain mendatangkan Yani Libels dan Sherly Me, Sriwijaya Air Pontianak juga menyerahkan piala dan hadiah kepada para pemenang lomba mewarnai tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK) yang dilaksanakan pada sore harinya.

Oke, demikian sedikit ulasan dari saya mengenai Kalbar SMESCO Expo 2013. Semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat semakin mengangkat nama kota Pontianak di kancah Nasional atau bahkan Internasional. Dan tidak lupa diakhir tulisan saya turun mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN KOTA PONTIANAK, semoga di usianya yang ke 242 tahun kota khatulistiwa ini dapat terus berbenah dan semakin menjadi lebih baik. Aminnn… (DW)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

ASUS Hadirkan ROG Zephyrus Duo 15 SE di Film Spider-Man No Way Home

25 Desember 2021 - 12:00 WIB

Spider-Man No Way Home

Gathering Relawan TIK Kalbar, Silaturahim Sekaligus Evaluasi Kegiatan Menutup Tahun 2021

4 Desember 2021 - 15:47 WIB

Gathering Relawan TIK Kalbar 2021

Relawan TIK Kota Pontianak Ajarkan Peserta Membuat Website Menggunakan WordPress

2 Desember 2021 - 16:16 WIB

Relawan TIK Kota Pontianak

Milenial Kreatif Selenggarakan Workshop Digital Skills Pontianak Pertama untuk UMKM Kalimantan Barat

28 November 2021 - 14:24 WIB

Workshop Digital Skills Pontianak

Inisiatif Mandiri, Relawan TIK Kalbar Lakukan Pemberdayaan Pandu Digital di Desa Tae Kabupaten Sanggau

27 November 2021 - 16:14 WIB

Pemberdayaan Pandu Digital di Desa Tae Kabupaten Sanggau

Peresmian ASUS ROG Store Terbesar di Indonesia Pantai Indah Kapuk Jakarta

25 November 2021 - 19:48 WIB

ROG Store Terbesar di Indonesia
Trending di Liputan