Sony Xperia 1, Smartphone Istimewa Dengan Triple Kamera

Mungkin, nama Sony dalam persaingan smartphone sudah tidak se-populer beberapa tahun yang lalu, terutama di Indonesia. Setelah adanya masalah mengenai ketenagakerjaan di Indonesia, Sony secara resmi menarik diri dari industri smartphone di Indonesia. Artinya, Indonesia bukan lagi menjadi pemasaran produk Xperia yang digarap oleh Sony.

Hal ini memang memercikkan kekecewaan, terutama para fans setia Xperia yang ada di Indonesia. Namun, meskipun demikian, produk Sony tetap bisa didapatkan dengan seri global.

Nah, turut meramaikan ajang MWC 2019 beberapa bulan yang lalu, Sony merilis salah satu smartphone terbaru mereka yang dinamakan Xperia 1.

Bisa dikatakan bahwa Xperia 1 adalah penerus dari Xperia XZ3 yang sebelumnya telah hadir dan menjadi salah satu smartphone gahar yang mempesona. Memang, untuk urusan kualitas, produk Sony tidak perlu diragukan lagi.

Xperia 1 hadir ke pasaran untuk menyapa pengguna smartphone di kalangan menengah ke atas. Artinya, produk ini masuk ke kelas flag ship yang menawarkan spesifikasi istimewa dan bisa diandalkan.

Xperia 1 Hadir dengan Spesifikasi Gahar

Masuknya Xperia 1 dalam kelas flag ship sebenarnya bisa menjadi tanda jika spesifikasi dari smartphone ini begitu istimewa. Kombinasi yang apik antara desain yang sangat elegan dan detail spesifikasi yang memuaskan adalah daya tarik tersendiri dari produk Xperia 1.

Status produk ini sudah tersedia karena dikeluarkan pada bulan Februari yang lalu. Lantas, bagaimana spesifikasi dari produk Xperia 1 ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Body Tips dengan Frame Aluminum

Produk Sony senantiasa ditandai dengan body yang cukup simple namun elegan, tak terkecuali Xperia 1. Ya, smartphone ini hadir dengan body yang bisa dikatakan cukup istimewa dengan dimensi 167 x 72 x 8.2 mm. Artinya, Xperia 1 memiliki ketebalan kurang dari 9 mm! Tipisnya ponsel ini tentu akan membuatnya mudah untuk dioperasikan.

Selain itu, berat produk smartphone ini hanya 178 gram saja. Dengan berat yang sangat ringan, pengguna akan merasa sangat mudah untuk membawanya ke mana saja.

Masih terkait body dari Xperia 1, apa yang menarik dari produk ini adalah build body yang diterapkan. Sony menggunakan bahan glass untuk bagian depan dan belakang yang membuat Xperia 1 ini tampak menarik. Tidak hanya itu, frame Xperia 1 dibuat dengan bahan aluminum yang membuatnya tampak tidak hanya elegan namun juga sangat modern.

Display Istimewa dengan Perlindungan Maksimal

Bergeser pada display, pengguna akan menemukan display yang sangat luar biasa dari Xperia 1 ini. Ya, hal ini dikarenakan produk besutan Sony ini menggunakan layar OLED capacitive touchscreen yang akan menampilkan display begitu tajam. Layar tajam ini dikombinasikan dengan ukuran 6,5inch yang memberikan kepuasan lebih saat menonton video.

Hal lain yang menarik dari display yang ditawarkan oleh Xperia 1 adalah resolusi besar 1644×3840 piksel dengan kerapatan 643ppi. Juga, ada Corning Gorilla Glass 6 yang ditambahkan sebagai protector dari layar agar tidak mudah terkena goresan. Detail layar yang diusung oleh Xperia 1 begitu berkelas untuk smartphone tipe flag ship.

Platform Terbaru dan Gahar

Kekuatan Xperia 1 selain tampilannya yang elegan adalah platform yang digunakan. Biasa dikatakan jika Xperia 1 menggunakan platform yang begitu istimewa dan sangat andal. Untuk OS, smartphone ini menggunakan Android 9.0 Pie terbaru yang nantinya akan mendapatkan upgrade ke Android 10.0.

Selain itu, Xperia 1 menggunakan paduan chipset Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm) dan CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485). Kombinasi ini sangat mengagumkan dan menghasilkan kecepatan akses yang luar biasa.

Kecepatan akses Xperia 1 dibarengi dengan penggunaan GPU Adreno 640. GPU ini secara langsung akan menghasilkan grafis yang begitu istimewa,

Memori Luas Anti Lag

Memori seringkali menjadi salah satu pertimbangan saat pembelian smartphone baru. Nah, lalu bagaimana dengan memori yang disematkan dalam produk Xperia 1 ini? Sony menawarkan dua pilihan produk Xperia 1 dilihat dari memori yang digunakan.

Dalam hal ini, ada pilihan produk Xperia 1 dengan memori internal 64 GB dan RAM 6 GB serta memori internal 128 GB dan RAM 6 GB. Dilihat dari spesifikasi yang diusung, kedua pilihan ini menawarkan memori yang begitu besar dan tentu saja melegakan.

Tidak hanya itu, jika memori tersebut dirasa masih kurang, ada slot micro SD yang disiapkan. Slot untuk memori eksternal ini mampu menampung kartu memori dengan kapasitas hingga 1 TB yang disediakan untuk opsi Xperia 1 dual SIM.

Kamera Triple dengan Kekuatan Luar Biasa

Apa yang sangat terkenal dari produk Sony adalah kualitas kamera. Ya, memang tidak dapat dipungkiri bahwa kamera adalah salah satu spesialisasi Sony, sehingga produk smartphone mereka selalu menawarkan detail kamera yang mengagumkan.

Untuk produk Xperia 1 ini, Sony menggunakan triple kamera yang luar biasa. Kamera utama dari Xperia 1 terdiri dari 12 MP + 12 MP + 12 MP. Kombinasi kamera ini akan menghasilkan capture gambar yang sangat tajam dan menyerupai kenyataan. Tidak hanya itu, kamera Xperia 1 dibekali dengan beberapa fitur yang sangat mengesankan.

Fitur yang ada dalam kamera utama Xperia 1 ini adalah LED flash, panorama, HRD dan juga eye tracking. Dengan aneka fitur tersebut tentu mengambil gambar menggunakan Xperia 1 akan lebih mengasyikkan.

Lalu, bagaimana dengan spesifikasi kamera depan dari Xperia 1?

Tampaknya, Sony kurang peduli dengan kebutuhan pengguna untuk melakukan selfie. Kamera depan smartphone ini hanya 8 MP dengan fitur HRD. Tentu, kamera ini cukup kecil meskipun bisa menghasilkan gambar yang cukup tajam.

Baterai Kuat dan Fitur Fast Charging

Untuk masalah baterai, Xperia 1 memiliki baterai tanam dengan kapasitas 3300mAh. Dilihat dari kapasitasnya, memang baterai yang ditawarkan Xperia 1 tidak terlalu besar dan mungkin menjadi salah satu titik lemah dari smartphone ini. Hanya saja, pihak Sony mengatakan bahwa baterai Xperia 1 bisa bertahan hingga 79 jam untuk penggunaan normal.

Selain itu, pada baterai ini ditanamkan fitur fast charging 18W yang sangat menarik. Dengan dilengkapi USB power delivery 2.0, pengisian baterai pada smartphone ini bisa lebih cepat dan stabil.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang Xperia 1 yang menjadi salah satu produk terbaru Sony. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, smartphone ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan sensasi menggunakan smartphone yang terbaik.

Tersedia beberapa pilihan warna Xperia 1, seperti hitam, abu-abu, ungu dan putih. Konon, Xperia 1 dijual di pasaran dengan harga 14 jutaan. Harga tersebut memang cukup tinggi namun sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan. Sayangnya, Xperia 1 tidak secara resmi hadir di Indonesia. Fans Xperia 1 di Indonesia hanya bisa mendapatkan smartphone ini dengan versi global. (DW)

BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
Masukkan Alamat Email Anda untuk Berlangganan
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.