Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Kembali ke Titik Nol, Blogger Borneo Kembali Lahir

Tidak terasa pada bulan ini Blogger Borneo telah memasuki usia 8 tahun. Cukup lama memang blog ini telah menjadi saksi bisu dari proses pembelajaran seorang pemuda dari Pontianak yang pada saat itu telah bertekad dan memutuskan diri untuk menjadi seorang blogger.

Blogger Borneo dan ASUS ZenBook 3 Deluxe
Blogger Borneo dan ASUS ZenBook 3 Deluxe (Image: DeddyHuang.Com)

Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan. Di tahun ke-8, Blogger Borneo menjadikan kalimat tersebut sebagai tagline baru dimana setelah menjalani banyak perjalanan blogwalking secara offilne maupun online, Blogger Borneo pada akhirnya sudah bisa memastikan bahwa menjadi blogger telah menjadi salah satu pilihan hidupnya.

Agustus 2009 menjadi momen pertama kali Blogger Borneo lahir. Ya, mungkin bagi sebagian kawan-kawan akan bertanya kenapa memilih nama yang begitu universal pada awalnya. Kenapa tidak menggunakan nama spesifik saja seperti DwiWahyudi.Com, BloggerPontianakGanteng.Com, YudiBlogger.Com, atau nama apalah dimana pada saat itu semua nama domain ini masih bisa dibeli dan digunakan.

NAMA ADALAH DO’A

Sebenarnya pada saat itu Blogger Borneo sempat merasa ragu dengan pilihan nama tersebut, dalam artian jika diperhatikan secara sekilas namanya mirip sebuah komunitas. Tapi bagaimanapun juga Blogger Borneo sangat yakin akan sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa nama adalah do’a. Mungkin pada saat itu Blogger Borneo memang benar-benar ingin belajar menjadi seorang blogger dan sepertinya nama ini cocok digunakan karena sesuai dengan harapan di masa itu. Masih kuat ingatan di kepala, tagline pertama yang digunakan adalah The Famous Blogger from Borneo. 🙂

Selama menjalani aktivitas blogging 8 tahun lalu, Blogger Borneo telah banyak melewati perjalanan ruang dan waktu. Entah sudah berapa banyak waktu, tenaga, pikiran, dan materi yang telah dikeluarkan maupun diperoleh selama ini. Dan memang di awal mula memulai aktivitas, Blogger Borneo sama sekali tidak memikirkan mengenai bagaimana bisa menghasilkan uang dari ngeblog. Pada saat itu, salah satu alasan yang menjadi motivasi tersendiri hingga saat ini adalah bagaimana bisa memperkenalkan Kalimantan Barat ke dunia luas melalui tulisan-tulisan di blog.

Alhamdulillah hingga saat ini, telah begitu banyak pihak-pihak yang mengajak Blogger Borneo untuk bekerjasama khususnya dalam bidang review produk, placement content, dan liputan kegiatan. Tidak lupa Blogger Borneo ucapkan terima kasih banyak kepada ASUS Indonesia dan tentunya Bang Freddy Hernawan karena atas rekomendasi Beliau, Blogger Borneo bisa masuk menjadi bagian langsung dari Komunitas Blogger ASUS alias BLUS Community.

BLOGGER BORNEO REBORN

Di tahun ke-8 ini, setelah menimbang-nimbang cukup lama, akhirnya Blogger Borneo mengambil keputusan untuk “reborn” alias lahir kembali. Hal ini diambil karena Blogger Borneo merasa setelah sekian lama, haruslah dilakukan proses penyegaran. Selama 8 tahun beraktivitas, Blogger Borneo terus mengalami sebuah proses pembelajaran secara trial and error. Dan selama ini juga Blogger Borneo sudah pernah beberapa kali mengalami serangan jahat dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab sehingga secara internal sepertinya script-script tersebut masih tersisa dan mungkin masih ada beberapa diantaranya masih bisa aktif.

Beberapa waktu lalu, Blogger Borneo pernah mendapat saran dari salah seorang sahabat yaitu Bang Kurnia Ramadhan, Beliau menyarankan untuk melakukan opname secara keseluruhan terhadap file-file yang ada didalam folder dan databasenya jika ingin mendapatkan kinerja Blogger Borneo lebih optimal. Namun untuk melakukan proses tersebut tidaklah mudah dan tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Lagipula prosesnya harus dilakukan secara teliti dan cermat karena salah satu file saja bisa berdampak fatal.

Pada akhirnya, Blogger Borneo mengambil langkah ini sebagai salah satu cara me-refresh kembali dan merapikan semua yang sudah pernah ditulis dan dipublikasikan. Mulai detik ini hingga beberapa waktu kedepan sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan, proses pemindahan postingan akan dilakukan secara bertahap secara manual. Insya Allah di awal tahun 2018, proses ini sudah selesai dilakukan. Update terakhir ada sekitar 1.700-an postingan yang sudah terpublikasikan, namun sepertinya tidak semua akan di re-publish karena pasti ada beberapa diantaranya tidak memiliki manfaat.

Dan sebelumnya, Blogger Borneo ucapkan terima kasih kepada Bli Dokter Made aka BlogDokter.Net yang telah bersedia menjadi tempat curhat sekaligus memberi banyak pencerahan selama ini. Semua proses memang butuh waktu, tapi jika tidak dikerjakan sampai kapan harus menunggu. Selamat menjalani proses ini Blogger Borneo… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.