KoinWorks, Cara Mudah Berinvestasi Hanya dengan 100 Ribu Saja

Seiring berkembangnya teknologi informasi khususnya di bidang Financial Technology atau lebih sering disebut fintech, beberapa perusahaan pun mulai bermunculan menghadirkan aplikasi-aplikasi yang memberikan kemudahan bagi para calon pelanggannya untuk melakukan investasi dengan mekanisme P2P atau Peer to Peer Landing.

KoinWorks – Sistem P2P Lending terkenal mudah dan cepat sehingga menjadi pertimbangan seseorang untuk mengakses platform ini, terutama bagi investor pemula. Jumlah investasinya pun tidak besar, cukup hanya dengan 100 ribu rupiah saja Anda sudah bisa menjadi investor. Mengenai jumlah besaran keuntungan hasil investasinya, dapat dilihat berdasarkan daftar peminjam (debitur).

Secara umum, yang dimaksud dengan P2P adalah sebuah sistem (platform) yang mempertemukan antara pemberi pinjaman (kreditur) dengan para peminjam (debitur). P2P memberlakukan sistem bunga untuk uang yang dipinjam. Nah, karena ini sifatnya pinjaman langsung maka kita dapat menjadi salah satu investor dengan memasukkan sejumlah dana didalam platform P2P nya.

KoinWorks

Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya, satu hal yang harus diperhatikan adalah segala bentuk investasi apapun termasuk di P2P Lending, pasti mengandung unsur keuntungan dan resikonya. Contohnya para investor akan mendapatkan imbal hasil (return) dari bunga yang dibebankan ke peminjam, sedangkan resikonya para investor juga bisa kehilangan dana diakibatkan kredit macet.

Melihat kondisi diatas, sudah menjadi keharusan bahwa seorang investor harus dapat memahami dengan baik berbagai risiko ini sejak awal, bahkan sebelum melakukan investasi. Investasi akan menguntungkan jika bisa memahami dan mengelola resikonya dengan cara yang tepat.

Peer to Peer Lending
Image: KoinWorks.Com

Ciri Perusahaan

Sebuah perusahaan fintech yang beroperasional berdasarkan sistem peer to peer lending pada umumnya memiliki 8 (delapan) ciri, sebagai berikut:

  1. Bersifat menyalurkan pinjaman dana untuk kebutuhan konstruktif (bukan konsumtif), seperti: Pinjaman Bisnis, Pendidikan, Kesehatan, dan sejenisnya;
  2. Dana investasi bersumber dari masyarakat atau perusahaan tertentu (bukan dari perusahaan penyedia layanannya);
  3. Bunga pinjaman lebih rendah dibandingkan lembaga keuangan konvensional maupun fintech balance-sheet lending;
  4. Masyarakat umum bisa juga berkontribusi untuk meminjamkan dana dan mendapatkan bunga (seperti investasi);
  5. Seluruh prosesnya terjadi secara online, kapan pun dan di mana pun;
  6. Dapat menjadi pilihan investasi alternatif dan menjadi sumber pendapatan tambahan bagi para Investor;
  7. Mendapat dukungan dari OJK dan BI demi meningkatkan inklusi keuangan; dan
  8. Dapat membantu UMKM lebih berkembang dengan dukungan modal usaha yang murah dan terjangkau.

Kelebihan dan Kekurangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa melakukan investasi di perusahaan fintech P2P Lending memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, sebagai berikut:

Kelebihan Peer to Peer Lending

  • Bebas bodong karena sudah mendapat dukungan penuh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI);
  • Kendali dan pengelolaan penuh langsung oleh para investor melalui halaman dashboard nya masing-masing;
  • Bunga bursa saham saat sekarang ini semakin rendah;
  • Investasi alternatif bagi semua kalangan;
  • Imbas bagi hasil yang seimbang berdasarkan nilai prosentasi yang sudah disepakati sebelumnya.

Kekurangan Peer to Peer Lending

  • Dana tidak bisa ditarik sebelum waktu Jatuh Tempo;
  • Periode pendanaan cenderung lama, minimal 3 (tiga) bulan dan maksimal 24 (dua puluh empat) bulan;
  • Jika pihak penyedia layanan bangkrut, tidak ada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS);
  • Resiko kredit macet atau gagal bayar oleh Peminjam.
Skema Peer to Peer Lending KoinWorks
Image: KoinWorks.Com

Cara Memilih Produk

Dalam dunia investasi, keuntungan dan resiko merupakan 2 (dua) hal yang harus siap diterima oleh para Investor. Oleh karena itu, sebelum berinvestasi sudah tentu para calon investor harus melakukan analisa terhadap perusahaan-perusahaan yang butuh pendanaan.

Melalui aplikasi, para calon investor dapat memilih perusahaan-perusahaan mana saja yang masuk dalam kategori aman dan menjanjikan. Ada 5 (lima) hal yang harus dipertimbangkan dalam proses pemilihan produk pendanaan, antara lain: Jenis Pinjaman, Fleksibilitas Kontrol, Fitur, Aspek Legal, dan Perlindungan.

Investasi Minim

KoinWorks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani pendanaan online P2P Lending dengan machine learning yang inovatif, menghubungkan Pendana dengan Peminjam dalam sebuah platform teknologi mutakhir. Pendana dapat mendanai mulai dari 100 ribu rupiah dan Peminjam dapat mengajukan pinjaman dengan bunga rendah.

Manfaat bagi Pendana

KoinWorks menjadi alternatif investasi bagi masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan dan berpotensi menjadi sumber pendapatan dalam jangka panjang. Cara cerdas menabung di era modern, kapan pun, di mana pun.

Manfaat bagi Peminjam

KoinWorks memungkinkan Peminjam untuk mendapatkan modal usaha, pinjaman pendidikan, atau kesehatan secara online tanpa perlu mendatangi kantor KoinWorks. Mudah dan terjangkau bagi siapa saja.

KoinWorks merupakan platform P2P lending yang bisa memberikan pinjaman kepada para pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta individu yang membutuhkan dana untuk melanjutkan pendidikan atau membayar biaya rumah sakit. Saat ini, KoinWorks mengaku telah mempunyai 50.000 pemberi pinjaman di dalam platform mereka.

Penilaian Kelayakan

KoinWorks menerapkan sistem penilaian kelayakan kredit yang ketat oleh tim ahli berpengalaman sekaligus menggunakan algoritma machine learning.

Tolak Ukur Penilaian

  • Keuangan Terkini.
  • Dokumentasi Pendukung.
  • Riwayat dan Laporan Keuangan.
  • Reputasi Pribadi.
  • Reputasi Merek dan Interaksi dengan Pelanggan.
  • Koneksi Media Sosial.
  • Data dari Mitra KoinWorks.
  • Vendor dari Pihak Ketiga.
  • Logical Analysis.

Check and Balance

  • Wawancara Lewat Telepon.
  • Pemeriksaan Lewat Mitra.
  • Kunjungan Lapangan.

Penilaian Lain

  • Tren Industri.
  • Portofolio Pinjaman.
Persentase Bunga Efektif Tahunan KoinWorks
Image: KoinWorks.Com

Penentuan Skor

Di KoinWorks, ada 5 skor kredit utama (A, B, C, D, E) dan setiap skor terdiri dari 5 tingkatan turunan (A1 – E5, total ada 25 tingkatan). Skor tersebut menjadi indikator penting bagi Pendana karena menjadi indikator tingkat risiko dan suku bunga suatu pinjaman. Semakin mendekati skor A1, maka semakin rendah risiko suatu Pinjaman, tetapi semakin rendah pula tingkat suku bunganya (low risk, low return).

Sebaliknya, semakin mendekati skor E5, maka semakin tinggi risiko dan tingkat suku bunganya (high risk, high return). Penentuan skor kredit tersebut akan bergantung pada Penilaian Kelayakan Kredit terhadap seluruh data pengajuan pinjaman.

Fitur Robo Lending

RoboLending merupakan fitur yang akan mempermudah investor dalam memaksimalkan return investasi sesuai jangka waktu yang dikehendaki. Setiap investor akan mendapatkan pengembalian sesuai bunga yang tertera di dalamnya di akhir jangka waktunya, menggunakan metode pengembalian Lump Sum.

Ilustrasi Cara Kerja

Sebagai contoh investor A berinvestasi sebesar 100 juta pada salah satu fitur dengan tenor 12 bulan dan suku bunga 15%. Setelah memasukkan dana investasi di RoboLending, investor A hanya perlu menunggu agar waktu yang terdapat di keterangannya menurun hingga 0 agar algoritma machine learning mulai mengotomatisasikan investasinya.

Dana investasi Anda sebesar Rp 100.000.000 akan didistribusikan ke beragam produk pinjaman secara otomatis oleh RoboLending. Di bulan ke-12, estimasi pengembalian sebesar 15% akan diterima oleh investor A di akun investornya. Dana tersebut kemudian bisa dicairkan atau diinvestasikan kembali di RoboLending atau di produk lainnya.

Sosialisasi Koinworks

Pada tanggal 6 Juni 2018 lalu, bertempat di Hotel Santika Pontianak, KoinWorks pernah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Fintech Lending di Pontianak yang dibawakan langsung oleh Chief Marketing Officer (CMO) Jonathan Bryan. Blogger Borneo sendiri hadir dalam kegiatan ini. Memang pada saat itu, nama KoinWorks sendiri masih cukup asing terdengar di kota Pontianak.

Pada saat mendapat penjelasan dari Jonathan Bryan mengenai KoinWorks secara keseluruhan, Blogger Borneo langsung merasa tertarik untuk belajar berinvestasi melalui aplikasi yang untuk saat ini bisa diakses melalui link www.koinworks.com. Ya maklum saja, jika dulu untuk dapat menjadi seorang investor membutuhkan modal cukup besar, sekarang melalui KoinWorks nilai investasinya bisa hanya dengan 100 ribu rupiah saja.

Cara Pendaftaran

Bagi siapa saja yang berminat untuk menjadi bagian langsung dari KoinWorks baik itu sebagai pendana atau investor ataupun peminjam, dapatkan promo koin sebesar 75 ribu rupiah yang dapat langsung digunakan untuk berinvestasi.

Link Pendaftaran KoinWorks

Isikan semua data yang diminta dan lakukan proses verifikasi setelah proses pendaftaran dilakukan.

Referensi:

  • https://id.techinasia.com/koinworks-pendanaan-seri-a
  • https://www.cermati.com/artikel/ingin-investasi-di-p2p-lending-perhatikan-dulu-6-hal-ini
  • https://www.finansialku.com/pengalaman-investasi-p2p-lending/

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More