Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Peluang Usaha Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Selama ini banyak orang berpikir bahwa untuk menjadi seorang pengusaha membutuhkan modal yang sangat besar, harus memiliki sebuah kantor luas dan uang yang begitu banyak. Kita tidak sadar bahwa rumah tinggal sebenarnya dapat menjadi alternatif lokasi usaha jika diinginkan. Untuk modal usahanya sendiri, tidak semata-mata harus melihatnya dari segi materi atau uang. Blogger Borneo kira setiap manusia pada dasarnya telah diberi “modal” untuk menjalankan usaha, yaitu: kesehatan fisik, memiliki akal pikiran, dan diberi kemampuan untuk belajar. Dan jika diperhatikan, rata-rata pengusaha sukses di Indonesia adalah orang-orang yang sehat, cerdas, kreatif, dan mampu melihat peluang usaha di lingkungan sekitarnya.

Peluang Usaha Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil
Sumber: www.shutterstock.com

Selain itu, perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat pada saat ini khususnya dibidang internet dan social media juga turut memberikan kesempatan lebih besar bagi siapa saja untuk memanfaatkannya. Jika selama ini sebuah pekerjaan hanya bisa dilakukan secara offline, dengan adanya internet dan social media hal itu bisa dilakukan secara online. Dari sisi marketing, internet dan social media dapat digunakan juga sebagai media promosi yang cukup efisien dan ampuh karena kebiasaan masyarakat untuk memperoleh informasi sudah mulai mengalami pergeseran dari media offline ke media online.

Nah, pada kesempatan ini, Blogger Borneo akan memberikan informasi seputar peluang bisnis rumahan yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Adapun bidang usaha rumahan yang akan dijalankan bisa berbentuk dagang (memiliki fisik produk) ataupun jasa (mengandalkan keterampilan/skill). Beberapa peluang usaha bisnis rumahan tersebut, antara lain:

BIDANG KULINER

Bagi yang hobi masak dan membuat kue, peluang usaha rumahan yang dapat dijalankan seperti: bisnis katering makanan, jasa pembuatan kue ulang tahun, jasa pembuatan kue kering dan kue basah untuk lebaran, dan lain sebagainya. Untuk menjalankan bisnis kuliner ini modal awal yang dibutuhkan, antara lain: alat-alat pendukung operasional dan bahan-bahan dasar penyusun produk. Hanya saja untuk peluang bisnis bidang kuliner sangat dipengaruhi oleh kualitas rasa dan tampilan sajian.

Peluang Bisnis Rumahan Bidang Kuliner
Sumber: www.shutterstock.com

BIDANG PENDIDIKAN

Ruangan luas dirumah dapat dimanfaatkan sebagai tempat kursus dan bimbingan belajar. Apalagi jika lokasi rumah berada ditengah-tengah komplek yang cukup luas atau setidaknya berada di kawasan cukup strategis. Biasanya dikarenakan tuntutan kurikulum ketat disertai dengan kesibukan orang tua menyebabkan Sang Anak harus pandai mencari alternatif tempat belajar tambahan. Modal awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tempat kursus dan bimbingan belajar tidaklah terlalu besar. Hanya saja yang perlu diingat disini adalah karena terkait dengan jasa maka pengalaman dan kualitas pengajaran Sang Guru akan sangat berpengaruh.

BIDANG KONSULTAN

Menurut Wikipedia, konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa konsultasi dalam bidang keahlian tertentu, seperti: jasa akuntansi keuangan, konsultan perpajakan, konsultan manajemen, konsultan hukum, dan lain-lain. Konsultan sifatnya berdiri sendiri dan tidak menjadi bagian langsung dari sebuah perusahaan atau institusi. Oleh karena itu, seorang konsultan biasanya memanfaatkan rumahnya sebagai kantor usahanya. Karena masih terkait dengan jasa layanan maka kualitas dan jam kerja konsultan tersebut dapat berpengaruh terhadap tarif yang ditawarkan.

Peluang Bisnis Rumahan Konsultan Freelance
Sumber: www.shutterstock.com

Sebenarnya masih banyak lagi bidang-bidang lain yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah peluang bisnis rumahan. Hanya saja pada kesempatan kali ini Blogger Borneo hanya memberikan penjelasan dari 3 bidang saja, yaitu: Bidang Kuliner, Bidang Pendidikan, dan Bidang Konsultan. Jika diantara kawan-kawan ada yang ingin berkonsultasi langsung dapat langsung menghubungi: 0856 5 0303 66 / 0822 553 553 59. Selamat berwirausaha… (DW)

Sumber Referensi:

  • http://www.maxmanroe.com/peluang-bisnis-usaha-modal-kecil-yang-bisa-dikerjakan-dari-rumah.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Konsultan
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
18 Comments
  1. nuri says

    ANe dari 087894224837 moh nur gan..ane udh bayar 100k untuk review id.feedgur.com. senin 25/8 kata agan di sms antri 1 postingan lagi,, lalu kata2ya ganti lagi upgrade blognya di tgl 27 ini bgmna sih jelsnya..reviewqnya serius gak sih

    1. Blogger Borneo says

      Oke Bro, mohon maaf sebelumnya karena banyak kesibukan belakangan ini. Besok tulisan reviewnya publish ya… 🙂

  2. Priyadi says

    semangat bang…. walaupun ada komplain santai je..
    ngomong2 dapat gambar shutterstock tanpa watermark cam mane tuh??

    1. Blogger Borneo says

      Ya namanya berjalan itu kan gak selalu mulus dan lurus, sesekali berbelok-belok dan ada kerikil tajam di jalan. Intinya adalah hak untuk komplen adalah milik semua orang, tinggal bagaimana kitanya saja menghadapinya. Btw, kebetulan punya akun di SS Om 🙂

  3. bisnis borneo says

    You need to be a part of a contest for one of the most useful sites on the net.
    I will highly recommend this blog!

  4. Rumah Ayu says

    Wah, inspiring banget nih sob. Thanks yah sudah share…

    1. Blogger Borneo says

      Iya, sama2. Ma kasih udah berkunjung dan berkomentar yach…

      1. pendidikan indonesia says

        mas berapa lama anda mengelolah bisnis rumahan ini ?

        1. Dwi Wahyudi says

          Ya kurang lebih 3 tahunan lah.

  5. Okenya says

    Baca postingan diatas jadi teringat quotes dari Mary Kay Ash (sama-sama inspiring sob):

    Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.

  6. blog ops says

    terima kasih ya mas infonya salam kenal

    1. Dwi Wahyudi says

      Sama2, salam kenal kembali. Ditunggu kunjungannya kembali ya? 😀

  7. obat gendang telinga pecah says

    salam kenal, semoga bermanfaat ilmunya

    1. Dwi Wahyudi says

      Salam kenal kembali, Amin… 🙂

  8. iApkData says

    Banyak juga ya bang bisnis yang bisa dipelajari. Salam kenal

    1. Dwi Wahyudi says

      Salam kenal kembali, ma kasih udah komentar 🙂

  9. Dani says

    Banyak bisnis dalam keseharian kita, mungkin mulanya hanya dari hobi atau hal kecil, tetapi kalo digeluti dengan ulet dan serius, Insya Allah akan membuahkan hasil.

    1. Dwi Wahyudi says

      Amin… 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.