Indonesia Website Awards

Resolusi 2024 Blogger Borneo: Masih Tetap Ngeblog Namun Fokus Niche Khusus

Tidak terasa 5 (lima) hari menjelang pergantian tahun. Tidak terasa juga aktivitas ngeblog Blogger Borneo sudah memasuki 14 (empat belas) tahun. Alhamdulillah masih tetap eksis dan update hingga saat ini.

Ini resolusiku, sekarang apa resolusimu di tahun 2024? Kalimat ini tampak beberapa kali melintas di beranda media sosial milik teman-teman seperjuangan yang selama ini beraktivitas di dunia digital.

Resolusi 2024 Blogger Borneo

Melihat, bahkan mungkin lebih tepatnya bisa disebut dengan mengalami langsung beberapa situasi di tahun 2023 ini, Blogger Borneo langsung teringat dengan pembicaraan pribadi dengan salah seorang praktisi SEO di Indonesia.

Zulfirman Tanjung atau lebih akrab dipanggil Bang Firman, Blogger Borneo mengenal sosok ini sudah cukup lama. Beliau mengawali usahanya dengan menjadi freelance SEO di tahun 2010. Brand business nya adalah SEOkage.Com.

Beberapa tahun lalu, entah kapan tepatnya karena sudah cukup lama, Blogger Borneo pernah mengajak Beliau untuk berdiskusi mengenai blog yang dikelola yaitu BloggerBorneo.Com. Tentu saja pembahasan seputar SEO dan upgrade trafik.

“Blog nya Mas Dwi fokus di niche apa?” ini merupakan pertanyaan awal yang dilontarkannya.

Mendapat pertanyaan seperti ini, langsung merasa kebingungan sendiri. Hhhmmm… Sekarang coba teman-teman buka bloggerborneo.com dan lihat tampilan serta kontennya, kira-kira niche blognya apa ya???

Nama Domain Menunjukkan Niche Blog???

Ada yang bilang bahwa nama domain itu merupakan cerminan dari niche konten blognya. Jika mengacu pada statement ini, tentu saja BloggerBorneo.Com harusnya fokus pada dua niche yaitu Blogger dan Borneo. Namun apa yang terjadi???

Jujur saja, ketika menemukan nama domain ini di pertengahan 2009 lalu, dasarnya bukan dikarenakan ingin fokus dengan niche nya melainkan lebih ke arah personal branding ingin menjadi seorang blogger yang dikenal dari Kalimantan.

Baca Juga:   Belajarlah Menjadi Seorang Pembaca yang Bijak

Alhamdulillah setelah lebih dari satu dasawarsa beraktivitas di dunia digital sebagai seorang blogger, nama Blogger Borneo telah cukup dikenal (mohon maaf bukan bermaksud pamer tapi memang inilah kenyataannya).

Oke, dari sisi personal branding mungkin nama Blogger Borneo telah cukup dikenal. Sekarang bagaimana dari sisi trafik??? Alhamdulillah juga sejak algoritma baru Google, trafik kunjungan harian mengalami PENURUNAN CUKUP DRASTIS.

Algoritma Google Fokus Niche Khusus

Ini merupakan gambaran sederhana dari proses update algoritma Google di tahun 2023 ini. Jika ingin membahas mengenai topik yang sifatnya gado-gado (all topics), lebih baik jadikan portal informasi online sekalian.

Memang sejak algoritma google mengalami update beberapa waktu lalu, banyak para blogger Indonesia yang mengeluh karena trafiknya mengalami penurunan tajam. Sama halnya seperti apa yang dialami oleh Blogger Borneo.

Nah, kembali ke pembahasan mengenai pembicaraan dengan Bang Firman Founder SEOkage.Com beberapa tahun lalu. Sepertinya baru kebaca apa makna dari pertanyaan yang dilontarkan pertana kali kepada Blogger Borneo.

Di sisi lain, Blogger Borneo justru ada beberapa blogger yang mengalami peningkatan trafik sesaat setelah algoritma Google berubah. Hhhmmm… Berarti memang benar dampaknya tidak hanya bersifat negatif, melainkan ada yang positif juga.

Niche Bisnis dan Keuangan

Dari pengamatan ini, Blogger Borneo pun mencoba untuk mempertimbangkan untuk mulai fokus di beberapa niche khusus saja. Diantara beberapa niche yang ada, sepertinya niche Bisnis dan Keuangan sepertinya oke untuk dipilih.

Sebenarnya kenapa harus memilih dua niche ini juga ada dasarnya. Di satu sisi, Blogger Borneo merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi UNTAN Jurusan Akuntansi yang tentu saja sudah banyak belajar mengenai keuangan.

Baca Juga:   Yayasan Hamid: 3 Alasan Penolakan Sultan Hamid II Tidak Mendasar

Di sisi lain, bidang keuangan sangat dekat dengan bidang bisnis karena menjadi salah satu faktor penentu sukses atau tidaknya sebuah usaha berjalan. Dan kondisinya masih banyak para pelaku usaha masih belum ngeh mengenai hal ini.

Jadi secara umum, kedua niche ini memiliki kesinambungan dimana Blogger Borneo memiliki latar belakang pendidikan yang mendukung juga. Jadi, kenapa tidak dimaksimalkan saja. Benar ngga?

Kenapa Tidak Membangun Blog Baru?

Nah, pertanyaan ini sebenarnya sudah cukup sering menggantung di kepala, namun selalu terbentur dengan beberapa pertimbangan, seperti: waktu, tenaga, dan modal. Sebenarnya Blogger Borneo sendiri sudah memiliki sebuah blog pribadi yaitu DwiWahyudi.Com.

Akan tetapi ketika bicara waktu, tidak dapat dipungkiri untuk membangun blog dari awal bukanlah hal mudah. Jika mengingat kisah membangun BloggerBorneo.Com sejak awal, berapa banyak waktu yang dibutuhkan setiap harinya.

Kedua mengenai masalah tenaga, yang kembali lagi ke pembahasan diatas. Jika mengingat kisah membangun BloggerBorneo.Com sejak awal, berapa banyak tenaga yang harus dikeluarkan setiap harinya.

Terakhir adalah modal, sebenarnya ini dapat menjadi solusi dari dua masalah diatas. Bahasa sederhananya semua tinggal hire orang dan bayar. Tapi bagaimanapun juga, ini tetap memiliki resiko yang sama bukan?

Penutup

Pada akhirnya, atas dasar beberapa pertimbangan, Blogger Borneo memutuskan untuk tetap menggunakan BloggerBorneo.Com sebagai salah satu resolusi 2024 dengan catatan akan lebih fokus ke niche Bisnis dan Keuangan.

Ketika bicara aktivitas ngeblog, tidak semudah membuatnya. Hal ini terkadang membuat banyak blogger di Indonesia terutama merasa putus asa dan memutuskan pensiun dari dunia perbloggeran Indonesia.

Padahal jika memang mau fokus dan dioptimalkan, masih banyak celah-celah berpotensi cuan bisa dimaksimalkan. Akan tetapi tentu saja semua butuh proses pembelajaran dan evaluasi secara terus menerus karena Google selalu update.

Baca Juga:   Asean Blogger Declaration, Not Declared

Semoga tulisan Blogger Borneo mengenai resolusi 2024 ini bisa menjadi motivasi dan semangat bagi diri sendiri maupun bagi kawan-kawan blogger lain yang ada di Indonesia. Always Happy Blogging… (DW)

RajaBackLink.com
Don`t copy text!