BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

7 Tips Membeli Mobil Bekas yang Harus Diperhatikan di Kondisi Pandemi Saat Ini

Tips Membeli Mobil Bekas

Tidak terasa kondisi pandemi sudah berjalan 2 tahun, hampir sebagian besar aspek kehidupan manusia terdampak. Melihat ekonomi masyarakat mengalami penurunan bahkan ada yang menutup usahanya, membuat kita harus pandai menjaga putaran uang sekaligus kesehatan.

Khusus bagi Anda yang memiliki keinginan membeli mobil baru, sepertinya langkah terbaik yang bisa diambil di kala kondisi pandemi saat ini adalah membeli mobil bekas. Disini tidak bicara mengenai harga mobilnya, melainkan lebih mempertimbangkan dari aspek safe money di masa mendatang.

Nah, karena pertimbangannya sekarang adalah membeli mobil bekas maka tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berbeda ketika membeli mobil baru karena kondisinya belum pernah dipakai dan ada masa garansi layanan servis pemeliharaan dalam kurun waktu tertentu.

Untuk menghindari kemungkinan kerugian, maka Anda harus memperhatikan 7 tips membeli mobil bekas, sebagai berikut:

1. Tentukan Budget

Terkait dengan tujuan safe money, maka sejak awal sudah dapat tentukan berapa budget untuk membeli mobil bekas tersebut. Jika asumsinya dana yang dimiliki sebelumnya untuk membeli mobil baru adalah 300 juta, maka ketika pilihannya adalah membeli mobil bekas mungkin bisa dibudgetkan setengah dari dana tersebut.

2. Pilih Tipe

Tipe mobil dari beberapa produsen seperti Toyota dan Honda selama ini merupakan yang paling banyak dicari, meskipun jika dilihat harga jual bekasnya masih tergolong tinggi. Akan tetapi pertimbangan merek juga harus diperhatikan, untuk tipe mobil keluarga Toyota Rush bisa menjadi pilihan.

3. Lokasi Dekat

Membeli mobil bekas perlu kesabaran. Karena itu, cobalah rajin mengecek harga mobil yang diinginkan dari beberapa dealer mobil bekas yang ada di sekitar Anda. Sebenarnya tidak masalah jika harus membeli melalui situs online, yang penting pastikan dulu websitenya resmi dan terpercaya serta ada memberikan penawaran terbaik dalam bentuk garansi dan sejenisnya.

Baca Juga:  Tips Aman Ngeblog, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

4. Riwayat Kendaraan

Karena mobil bekas, tentu saja mobil tersebu sudah digunakan pemilik sebelumnya menjelajahi berbagai tempat. Di tips membeli mobil bekas keempat ini Anda harus mendapatkan informasi riwayat pemakaian mobil bekas yang akan dibeli. Disarankan membawa orang yang paham mengenai otomotif pada saat melihat kondisi mobil secara langsung.

5. Test Drive

Jangan sampai membeli kucing dalam karung, maka lakukan test drive untuk mobil yang akan dipilih. Pastikan semua fitur yang tersedia berfungsi normal dan rasakan selama mengendarai apakah merasa nyaman atau tidak. Pilih beberapa rute dengan kondisi jalan yang berbeda untuk memastikan dudukan dan suspensi mobil masih dalam kondisi standar.

6. Periksa Kelengkapan

Jangan lupa untuk memastikan kelengkapan dokumen karena ini merupakan salah satu tips membeli mobil bekas yang harus diprioritaskan. Beberapa dokumen yang harus dilihat, antara lain: BPKB, STNK, dan Buku Servis (opsional). Jika Anda merasa cocok dengan mobil bekas yang akan dibeli, langsung saja lanjut ke poin berikutnya.

7.  Lakukan Negoisasi

Nah, poin ini menjadi poin terakhir tips membeli mobil bekas yang harus diperhatikan. Setelah semua tips yang telah disampaikan diatas sudah sesuai dan tidak ada masalah, saatnya melakukan negosiasi harga ke pihak penjual. Sebelum melakukan negosiasi, bisa melakukan cek en ricek harga secara online untuk mendapatkan kisaran harga.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli mobil bekas Rush maka harga pasarannya ada di rentangan 150-250 juta menyesuaikan tahun produksi, model, jenis transmisi, dan tentu saja kondisi mobilnya.

Demikian tulisan mengenai 7 Tips Membeli Mobil Bekas yang Harus Diperhatikan di Kondisi Pandemi Saat Ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang memiliki rencana untuk membeli mobil bekas dalam waktu dekat. (DW)

Advertisement

Baca Juga:  Harga Calya Jakarta, Mobil yang Elegan dan Hemat Bahan Bakar
Sumber Liputan6.Com
Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards