BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

14 Trik Mudah Mengatasi Mobil Baret

Mobil baret tentu saja perlu penanganan. Pasalnya, bodi mobil yang tadinya mulus bisa terlihat cacat dengan goresan baret mobil. Kasus mobil baret atau goresan pada bodi mobil bisa dikategorikan dalam baret dalam dan baret halus. 

Cara Mudah Menghilangkan Sendiri Baret pada Bodi Mobil

Baret dalam umumnya menimbulkan kerusakan cukup serius pada cat mobil. Sedangkan baret halus tidak banyak merusak cat.

Baret dalam bisa terjadi karena gesekan dengan benda keras ataupun tajam sehingga membuat cat mengelupas. Sedangkan baret halus bisa terjadi karena gesekan dengan dahan atau kuku, bisa diatasi atau setidaknya disamarkan dengan perlakuan yang tepat.

Lantas, bagaimana cara perbaiki mobil baret? Tentu saja, membawa mobil ke bengkel menjadi cara paling praktis untuk menjawab masalah tersebut.

Namun, kamu bisa melakukannya sendiri dengan mudah. Dengan catatan, baret pada bodi mobil masih dalam kategori lecet ringan.

Untuk mengetahui bagaimana melakukannya, ini caranya mengatasi lecet mobil ringan.

Beberapa cara berikut bisa kamu lakukan untuk menghilangkan baret pada kendaraan kesayangan. Berikut ini beberapa caranya:

Menghilangkan Baret Mobil dengan Membawanya ke Bengkel

Cara pertama yang paling mudah dan pasti berhasil dilakukan adalah menghilangkan baret dengan membawa ke bengkel.

Ketika kendaraan kesayangan dibawa ke bengkel untuk diservis, tentu saja kamu harus melakukan perbaikan dan cat ulang untuk mobil baret yang parah dan dalam.

Biaya cat mobil baret untuk menghilangkan baret mobil cukup bervariasi, tergantung kondisi kerusakannya. Sebelum menjalaninya, kamu harus tahu dulu kualitas pengerjaan dan harga yang ditawarkan.

Menghilangkan Baret Mobil dengan Lakukan Cat Ulang

Melakukan cat ulang menjadi salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan baret mobil yang dalam. Namun, sebaiknya lakukan pengecatan mobil di bengkel dan kamu mungkin akan mendapati bahwa biaya cat mobil baret cukup mahal.

Hanya saja, jika kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, sebaiknya berhati-hatilah karena proses pengecatan mobil bukan sesuatu yang mudah. Proses pengecatan mobil harus dilakukan dengan hati-hati, detail, dan akurat agar tidak terjadi belang pada bodi mobil.

Pasalnya, fungsi cat mobil yang memiliki peran sangat besar pada keindahan, estetika, dan daya tarik mobil.

Jika kamu salah sedikit saja dalam melakukan pengecatan, kesalahan tersebut mungkin akan sangat terlihat dan memengaruhi penampilan mobil menjadi kurang enak dipandang.

Namun, tidak semua jenis mobil dapat menjadi lebih baik tampilannya meskipun diperbaiki dengan cara dicat ulang.

Jadi sebelum mengecat ulang sebaiknya kamu mengetahui dulu apakah mobilmu memang perlu dicat ulang atau diperbaiki dengan cara lain.

Ketika kamu ingin mengecat ulang mobil, jangan melakukan cat begitu saja. Sebelum melakukannya, kamu perlu mengamplas terlebih dahulu bagian mobil yang mengalami baret.

Cat mobil yang dapat kamu gunakan harus bukan hanya berbahan dasar cat, melainkan telah dicampur juga dengan bahan tiner.

Jika kamu ingin melakukan cat ulang, pastikan untuk membeli warna cat yang sesuai. Misalnya, cara menghilangkan baret pada mobil merah adalah dengan cat merah, atau cara menghilangkan baret pada mobil silver adalah dengan menggunakan cat silver.

Kompon Penghilang Baret Mobil

Baret halus bisa diatasi dengan menggunakan kompon. Caranya dengan mengoleskan kompon pada bagian tergores dan mengusap goresan dengan gerakan memutar memakai lap kering. Kemudian bersihkan sisa kompon dengan lap microfiber

Menutup Baret Mobil dengan Gambar

Menutup mobil baret dengan gambar yang artistik tidak hanya mengubah tampilan mobil, tetapi juga merupakan cara yang sangat efektif untuk menutupi goresan. Selain itu, cara ini juga cukup mudah dan murah untuk dilakukan.

Kamu bisa menggunakan stiker berwarna di atas goresan untuk menyembunyikannya secara efektif. Namun, keberhasilan pada trik ini tergantung pada kreativitas dan imajinasi kamu juga. Tak hanya itu, posisi garis merupakan faktor penting dalam menutupi goresan.

Menggunakan Spray Paint Khusus Mobil

Spray paint dapat digunakan sebagai pengganti cat mobil biasa dan cukup mudah untuk digunakan karena tersedia dalam bentuk kaleng semprot.

Jenis cat ini juga tersedia dalam berbagai warna dan dengan harga yang tergolong cukup terjangkau. Kamu dapat menggunakannya sebanyak yang kamu perlu dan spray paint ini dapat disimpan untuk penggunaan selanjutnya jika masih tersisa.

Spray paint adalah pilihan yang sangat baik ketika mobil kamu memiliki cukup banyak goresan dan terdapat area baret yang cukup luas yang perlu dicat ulang. Namun, sekali lagi pastikan bahwa warnanya sama persis atau setidaknya terlihat mirip.

Namun, melakukan cat dengan spray paint mungkin memerlukan beberapa persiapan. Kamu juga harus terlebih dahulu membersihkan permukaan secara menyeluruh diikuti dengan pengamplasan dengan amplas halus.

Kamu bisa menyemprotkan cat ke area yang tergores. Jangan lupa, kamu juga perlu mengoleskan clear-coat diikuti dengan waxing untuk memberikan tampilan akhir yang lebih bersih, rapi, dan mengkilap.

Menghilangkan Baret dengan Losion Antinyamuk

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi baret halus adalah losion antinyamuk. Bahan kandungan yang ada di dalam losion antinyamuk ini dapat memudarkan bahkan menghilangkan lapisan baret pada mobil.

Losion anti nyamuk bisa dioleskan pada baret halus dan ditunggu selama 20 detik sebelum dibilas memakai air bersih dan dilap.

Sebelum melakukannya, kamu harus memastikan bahwa lap halus yang kamu gunakan benar-benar kering, karena jika basah bisa jadi kandungan yang ada di losion antinyamuk tersebut akan hilang.

Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil dengan Pasta Gigi

Pasta gigi dapat digunakan sebagai alternatif penghilang baret kaca mobil. Langkah pertama untuk menghilangkan baret dengan pasta gigi adalah dengan memastikan mobilmu bersih sebelum dioles dengan bahan tersebut. Lalu, siapkan kain dengan bahan yang lembut untuk dijadikan media mengolesnya.

Kemudian, coba basahi kain tersebut menggunakan air bersih, lalu berikan pasta gigi secukupnya, sesuai dengan lebar goresannya. Gosok bagian mobil yang terkena baret dengan gerakan melingkar untuk hasil yang merata.

Cara menghilangkan baret mobil dengan pasta gigi ini hanya dapat kamu lakukan jika kondisi baret pada mobil tergolong ringan ringan.

Menghilangkan Baret Mobil dengan Minyak Rem

Minyak rem juga dapat menjadi obat penghilang baret kaca mobil. Langkah pertama, kamu perlu menuang minyak rem yang sudah disiapkan ke kanebo kering. Sebaiknya tuang secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan menggunakan minyak rem.

Berikan minyak rem sesuai dengan kebutuhan saja. Lalu jika sudah dituang kamu bisa coba mengoles minyak rem tersebut ke permukaan mobil yang baret secara merata.

Menghilangkan baret mobil dengan minyak rem sebenarnya tidak susah dan malah cenderung mudah. Akan tetapi kamu tetap perlu berhati-hati sebab sifat minyak rem sangatlah keras dan dapat merusak cat mobil yang baik-baik saja.

Jadi, jika terjadi kesalahan saat memoles mobil dengan minyak rem, dikhawatirkan tampilan mobilnya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Tipe Wax

Cara menghilangkan baret pada body mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan tipe wax. Salah satu merek tipe wax yang terkenal adalah Kit.

Cara menghilangkan baret mobil dengan Kit dapat dilakukan dengan mudah dan bahkan relatif aman dilakukan oleh amatir ataupun pemula. Namun perlu dicatat bahwa cara ini hanya ampuh untuk mengatasi baret mobil yang goresannya bersifat halus.

Terdapat dua jenis tipe wax, yaitu yang berbentuk padat dan cair. Wax yang berbentuk cair dapat membuat goresan tampak lebih samar. Sebab, bahan wax cair memiliki sifat abrasif.

Namun saat menggunakan wax cair, sebaiknya kamu berhati-hati. Sebab, jika kamu menggosoknya terlalu keras, hal itu dapat membuat goresan justru bertambah bertambah.

Sementara itu, wax padat cenderung tidak memiliki kandungan bahan yang bersifat abrasif sehingga relatif lebih aman untuk digunakan.

Pakai Scratch Remover untuk Menyamarkan Baret Mobil

Scratch remover merupakan salah satu cara lain untuk membantu menyamarkan baret pada mobil. Sama seperti pasta gigi dan kompon, bahan yang satu ini juga hanya ampuh untuk mengatasi baret mobil yang tidak terlalu parah.

Kamu dapat dengan mudah mencari dan membeli cairan scratch remover ini di toko-toko aksesoris mobil. Dan cara penggunaannya juga cenderung mudah.

Untuk memakainya, kamu hanya perlu mengoleskan cairan ini ke body mobil yang terkena baret secara merata.

Setelah itu, gosoklah bagian yang sudah dioles tadi menggunakan kain microfiber. Sebaiknya kamu melakukan proses ini selama beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal.

Menggunakan Lakban untuk Menyamarkan Mobil Baret

Lakban juga dapat menjadi solusi untuk goresan mobil. Namun, lakban hanya akan bekerja dengan baik untuk goresan yang agak kecil dan tidak terlalu dalam.

Kamu hanya perlu mendapatkan lakban yang cocok dengan warna cat mobilmu. Hal tersebut seharusnya tidak menjadi masalah dan akan mudah didapatkan karena saat ini lakban tersedia dalam berbagai warna.

Kamu juga harus memasang lakban secara merata pada bagian mobil yang baret. Lakukan dengan teliti dan hati-hati untuk menghindari lipatan dan garis berisi udara. Cobalah melakukannya dengan pelan-pelan agar hasilnya bisa sehalus mungkin.

Kamu dapat menggunakan lakban untuk waktu yang cukup lama setidaknya sampai mendapatkan opsi lain yang lebih murah dan mudah.

Memakai Semir Sepatu untuk Menyamarkan Baret

Sama seperti pasta gigi dan lakban, semir sepatu juga terbukti berguna setidaknya untuk goresan yang cukup ringan pada mobil kamu. Tetapi alat ini hanya akan bekerja paling baik dengan mobil yang memiliki warna cat yang cenderung terlihat gelap.

Namun, ada beberapa warna semir sepatu yang lebih terang juga seperti warna krim dan coklat yang tersedia di pasaran dari beberapa merek.

Temukan saja warna semir sepatu yang sesuai dengan warna mobil kamu. Sebelum mengaplikasikan semir sepatu ke goresan, jangan lupa untuk mencuci mobilmu terlbih dahulu.. Baru setelah itu kamu dapat mengoleskan semir sepatu pada baret untuk memudarkannya.

Memakai Cat Kuku Warna Senada

Cat kuku dengan banyak warna yang cukup lengkap dapat dipakai untuk menutupi baret mobil. Dengan catatan, cat kuku yang digunakan harus sesuai dengan warna mobilmu.

Namun, satu hal yang mungkin perlu kamu perhatikan adalah, beberapa cat kuku dapat berubah warna akibat oksidasi setelah mengering.

Jadi, sebelum mengoleskannya pada baret di mobil, ada baiknya kamu melakukan tes terlebih dahulu di media lain untuk menyesuaikan kecocokan warnanya.

Memakai Air Mendidih

Air mendidih dapat digunakan untuk menghilangkan penyok yang tidak diinginkan pada kendaraan kamu.

Caranya cukup mudah hanya dengan merebus air dalam teko, siapkan juga panci berisi air dingin. Kemudian, tuangkan air panas dari teko ke bagian yang penyok. Ketika bagian besi mobil tersebut panas, doronglah bagian yang penyok keluar.

Selanjutnya, tuangkan air dingin dengan cepat ke area tersebut untuk membantu mempertahankan bentuknya dan juga membantu agar mengeras lebih cepat.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi baret pada bodi mobil. Selamat mencoba! (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More