5 Seri Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook 2022

Tidak berhenti untuk terus berinovasi dan mengembangkan model laptop bisnis terbaik, produsen laptop terkemuka di dunia ini mengeluarkan seri khusus untuk kalangan pebisnis yaitu ASUS ExpertBook B Series.

Image: ASUS.Com

ASUS ExpertBook 2022

Tidak semua kriteria laptop bisnis sesuai dengan intensitas dan kebutuhan kerja anda. Memilih laptop bisnis terbaik adalah pekerjaan sangat serius. Kesalahan dalam menentukan “rekan kerja” ini bisa saja beresiko mengganggu aktifitas harian bisnis anda dalam jangka panjang.

Untuk mendukung aktifitas bisnis anda membutuhkan perangkat portable yang terbaik. Yang mempunyai komponen dengan ketahanan optimal, kapasitas penyimpanan sangat lega, jaminan teknologi keamanan terkini, dan fitur-fitur yang membantu bisnis.

Selain itu layanan service center yang luas dan bisa diandalkan, daya tahan tinggi baterai, fast-charging, fitur-fitur bisnis dan keamanan maksimal, inovasi teknologi terbaru, serta  spesifikasi gahar untuk kecepatan dan performa terbaik.

Tak perlu khawatir dan ragu, kami punya kandidat terkuat untuk itu. Perkenalkan laptop bisnis terbaik 2022, ASUS ExpertBook B series!

Seri ASUS ExpertBook Terbaru

Tidak tanggung-tanggung, produsen laptop yang menguasai 50% pasaran laptop di Indonesia ini langsung memberi anda 5 pilihan laptop segmen bisnisnya untuk disesuaikan dengan tingkat kebutuhan aktifitas bisnis anda.

Mana dari kelima seri jawara laptop bisnis ini yang paling kompatible menemani hari-hari sibuk dan meningkatkan produktifitas anda, jangan kemana-mana, kita akan tuntas mengulasnya.

Kelima seri laptop bisnis terbaik keluaran ASUS ini antara lain:

  1. ASUS ExpertBook B1 B1400,
  2. ASUS ExpertBook B3 Flip B3402,
  3. ASUS ExpertBook B5 Flip B5302,
  4. ASUS ExpertBook B7 Flip B7402, dan
  5. ASUS ExpertBook B9 B9400.

1. ASUS ExpertBook B1 B1400

Merupakan seri termurah dari ASUS ExpertBook B1 B1400, dirancang untuk bisnis, menjadikannya pilihan cerdas untuk pemula yang ambisius, organisasi pendidikan yang mapan, dan perusahaan yang sedang berkembang dari semua ukuran. Kinerja tinggi, daya tahan tingkat militer, dan penyesuaian ekstensif menjadikan laptop ini layak menjadi pilihan utama. 

Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B1 B1400
Image: ASUS.Com

2. ASUS ExpertBook B3 Flip B3402

Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B3 Flip B3402 dirancang khusus untuk kerja dan pembelajaran hybrid. Seri laptop ini adalah pendamping terbaik untuk guru dan siswa, dan rekan yang sempurna untuk pengguna bisnis dan profesional. Dengan desain yang serbaguna dan tangguh, belajar atau bekerja di mana saja bukan lagi impian.

3. ASUS ExpertBook B5 B5302F

ASUS ExpertBook B5 Flip B5302 dibuat untuk kesuksesan bisnis dalam gaya, dengan sasis yang dibuat secara presisi dan minimalis. Desain yang dapat dilipat 360° dan panel yang memukau untuk fleksibilitas tertinggi. Laptop ini didesain untuk perjalanan jarak jauh dengan masa pakai baterai 12 jam yang luar biasa, dan direkayasa dengan banyak teknologi mutakhir untuk meningkatkan efisiensi kerja Anda saat bepergian.

Laptop ASUS Terbaik ASUS ExpertBook B5 B5302
Image: ASUS.Com

4. ASUS ExpertBook B7 Flip B7402

ASUS ExpertBook B7 Flip adalah laptop premium berkemampuan 5G yang dirancang untuk mempercepat bisnis Anda. Bekerja dimana saja lebih mudah dari sebelumnya dengan koneksi data secepat kilat dan jaringan aman pribadi Anda sendiri. Desain 360°-flippable membuat Anda dapat menikmati lingkungan kerja yang imersif untuk semua kebutuhan bisnis Anda berkat lampu indikator status pengguna,

5. ASUS ExpertBook B9 B9400

Kuasai dunia bisnis dengan ASUS ExpertBook B9. Sasisnya yang ramping, dibuat dengan presisi, dan minimalis mendorong batas ringan untuk portabilitas tertinggi, sekaligus memberikan ketangguhan yang tiada tara. Hal ini dibuat untuk pekerjaan dengan masa pakai baterai sepanjang hari yang luar biasa, dan direkayasa dengan banyak teknologi mutakhir untuk meningkatkan efisiensi kerja Anda saat bepergian.

Baca Juga:   Cara Kerja AC, Memahami Mekanisme Sistem Air Conditioner
Laptop Bisnis Terbaik ASUS ExpertBook B9 B9400
Image: ASUS.Com

Spesifikasi ASUS ExpertBook

Secara umum, masing-masing seri ASUS ExpertBook B Series yang dikeluarkan tahun ini memiliki beberapa spesifikasi standar, antara lain:

Jenis Prosesor

  • Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)
  • Intel® Core™ i3-1115G4 Processor 1.7-3.0 GHz (6M Cache, up to 4.1 GHz)
  • Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Sistem Operasi

  • Windows 10 Home (Rekomendasi Windows 10 Pro for Business)
  • Windows 10 Pro (Rekomendasi Windows 10 Pro for Business)
  • Free Upgrade to Windows 11 (Syarat dan Ketentuan Berlaku)

Kartu Grafis

  • Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)
  • Intel® UHD Graphics
  • NVIDIA® GeForce® MX330

Tipe Layar

  • 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS-level Panel, Anti-glare display, LED Backlit, 220nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:84 %
  • 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:84 %

Memori Internal

  • Memory Max Up to:48GB
  • 16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB

Media Penyimpanan

  • 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • Up to 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • Up to 2TB HDD + 1TB PCIe® SSD Gen 3

Keyboard dan Touchpad

  • Chiclet Keyboard, 1.5mm Key-travel, Spill-resistant Keyboard, Support NumberPad

Kamera

  • 720p HD camera with privacy shutter

Port Utama

  • 1x USB 2.0 Type-A
  • 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A
  • Type-C full function
  • 1x VGA Port (D-Sub)
  • 1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • 1x DC-in

Slot Tambahan

  • 1x DDR4 SO-DIMM slot
  • 1x M.2 2280 PCIe 3.0×2
  • 1x STD 2.5” SATA HDD

Keunggulan ASUS ExpertBook B Series

5 varian laptop bisnis ASUS ExpertBook B Series ini memiliki banyak kelebihan dibanding kompetitornya. Sebutlah dari segi desain yang ultra-portable, spesifikasi hardware performa tinggi, layar touch-screen reolusi tinggi, kekuatan material cashing, fitur-fitur bisnis dan keamanan canggih, kompatibilitas dengan jaringan internet kecepatan tinggi 5G, dan segudang inovasi brilian dari ASUS.

ASUS ExpertBook B Series juga mengantongi standar sertifikasi platform Intel® EVO™ sebagai jaminan laptop bisnis performa tinggi. Yaitu sertifikasi Intel yang menilai spesifikasi hardware dan kehandalan kinerja sebuah laptop.

Beberapa syarat sertifikasi platform Intel® EVO™ selain wajib menggunakan prosesor generasi terbaru, juga perangkat konektifitas kecepatan tinggi, integrasi terbaik kartu grafis, daya tahan baterai maksimal , kecepatan pengisian daya dan syarat spesifikasi performa tinggi lainnya.

1. Prosessor Generasi Terbaru

Prosesor mempunyai peran vital dalam kecepatan pemrosesan data, dan deretan 5 seri laptop bisnis terbaik dari ASUS ini menghadirkan prosesor terbaik untuk anda. Ditenagai oleh prosesor generasi terbaru prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 dengan clockspeed tinggi, memberi jaminan respon lebih cepat dalam menangani tugas multi-tasking yang tergolong berat sekalipun.

2. Desain Tipis, Ringan, Stylish, Kekuatan Ekstrim dan Tahan Percikan Air

Aktifitas bisnis selain membutuhkan kecepatan juga mempertimbangkan desain stylish yang mendukung penampilan, serta kekuatan untuk durabilitas dalam mobilitas tinggi.

ASUS ExpertBook B1 B1400Percayalah, anda bisa dapatkan semuanya dalam jajaran seri laptop bisnis ini. ASUS ExpertBook B series mengedepankan style dan fleksibilitas. Dibuktikan dengan desain ultra-portablenya yang memliki pilihan form-factor layar yang bisa dibuka 180 derajat (Clamshell), dan layar yang mampu dibentangkan full melingkar 360 derajat (Convertible).

Ditambah dengan desain stylish yang tergolong tipis dan ringan untuk perangkat portable mobile dengan kemampuan sehandal itu. Ketebalannya hanya berkisar dibawah 2 cm, sedang beratnya di range 1kg hingga 1,61kg saja.

Baca Juga:   Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 5S

Dimensi bodi laptop bisnis terbaik ASUS ExpertBook pun secara keseluruhan juga sangat ringkas dan mudah untuk dibawa bepergian. Anda akan tetap merasa nyaman dan percaya diri saat melakukan segala aktifitas maupun perjalanan bisnis.

Dalam hal ketahanan serta kekuatan, tidak ada yang perlu diragukan, bahkan tergolong ekstrim. Cashing body-nya menggunakan magnesium-aluminium alloy pada bagian bawah dan belakang layar dengan sertifikasi ketahanan versi milter MIL-STD 810H.

Laptop bisnis kekuatan versi militer ini mampu menahan beban 28kg pada bagian tutup dan bawah tanpa kerusakan panel LCD. Termasuk serangkaian keselamatan dari droptest 120cm dalam kondisi menyala. Sebuah jaminan kekuatan dan ketahanan usia pemakaian yang paripurna bagi profesional bisnis dengan mobilitas tinggi seperti anda.

Jangan lupakan fitur Spill resistance yang menjamin keamanan dari kecelakaan kecil tak terduga saat anda tak sengaja menumpahkan minuman saat bekerja. Don’t worry, Semua masih aman terkendali.

3. Layar Resolusi Tinggi, Pilihan Touchscreen Tangguh dan Aman

ASUS ExpertBook B Series menghadiran pengalaman berbeda dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan anda dengan pilihan resolusi layar Full High Definition (FHD) 1920×1080 pixel dan Quad High Definition (QHD) 2560×1440 pixel pada 2 seri teratasnya.

Dengan ASUS OLED layarnya menghadirkan color gamut 100% DCI-P3 dengan sertifikasi PANTONE Validated Display, TÜV Rheinland untuk keamanan mata, dan HDR VESA DisplayHDR True Black.

Pilihan layar 13 dan 14 inci dengan Screen rasio mencapai 92%, serta aspek rasio unik 16:10 mampu memberikan view yang lebih lega, menampilkan ruang kerja visual yang lebih besar dibandingkan  rasio layar standar 16:9.

Hal itu akan lebih memudahkan anda dalam membaca artikel, menelusuri situs web, bekerja dengan spreadsheet, membaca grafik, dan lain-lain. Tersedia juga layar sentuh dengan fitur anti-silau dilapisi Corning glass® yang kokoh. Tentu dengan kemampuan mode tablet dan Stylus pen untuk lebih memudahkan input, hand-writing, dan menggambar.

Laptop bisnis terbaik convertible dengan fitur touchscreen ini hadir sebagai perangkat multifungsi. Selain tampil sebagai laptop, ASUS ExpertBook juga dapat digunakan sebagai tablet. Sehingga penyimpanan serta akses data tak perlu terpisah dalam perangkat berbeda.

Fitur lain yang bermanfaat dari sisi layar adalah fitur keamanan layar ASUS Private View 2, yang berguna melindungi informasi sensitif anda di ruang publik.

4. Kapasitas Memori Tinggi dan Kartu Grafis Handal

Prosesor intel generasi terbaru yang dipadukan memori onboard dan slot SO-DIMM untuk meningkatkan memori hingga 48 GB DDR4 3200Mhz melengkapi kecepatan pemrosesan data pada level yang akan mampu melebihi ekspetasi anda dalam bekerja dan meningkatkan produktifitas.

Integrasi sempurna dari arsitektur grafis yang dilengkapi dengan kartu grafis Intel® Iris® Xe dan prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 meningkatkan kinerja grafis komputer notebook sebesar 87%. Dengan kesempurnaan arsitektur grafis ini siap memberikan pengalaman visual yang lebih halus bagi anda.

5. Pengalaman Mengetik yang Menakjubkan

Laptop bisnis terbaik ASUS ExpertBook B Series memiliki desain keyboar yang dirancang untuk membuat pengalaman mengetik lebih menyenangkan, nyaman  dan akurat. Dengan Engsel ErgoLift posisi keyboard secara otomatis menyesuaikan sudutnya dengan layar untuk posisi mengetik yang paling nyaman.

ASUS ExpertBook B3 Flip B3402

Keyboard dengan backlight akan tetap memungkinkan anda mengetik di lingkungan minim cahaya dengan mudah. Begitu juga inovasi ASUS NumberPad 2.0 pada touchpadnya.

Anda bisa mengaktifkannya dengan mengetuk pojok kanan touchpad, maka akan muncul keypad numerik bercahaya LED untuk input angka dengan praktis. Ini sangat memudahkan anda dalam mengolah data yang melibatkan banyak data berupa angka.

Satu lagi fitur menarik di bagian keyboard adalah ASUS Antibacterial Guard yang mampu menjaga area mengetik anda tetap higienis. Mulai dari area keyboard, sandaran tangan (Palmrest) dan touchpad. Perlindungan anti bakteri ASUS ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99%!

Baca Juga:   The Impact and Limitations of Artificial Intelligence on Marketing Content Creation

6. Media Penyimpanan Besar dan Canggih

Anda tidak perlu khawatir dengan tumpukan data pekerjaan yang terus bertambah setiap saat. Karena laptop bisnis terbaik ASUS ExpertBook B Series menyediakan media penyimpanan PCIe SSD berkapasitas hingga hingga 2TB yang memungkinkan untuk dikonfigurasikan secara RAID demi peningkatan performa. Untuk tipe tertinggi yaitu ASUS ExpertBook B9400 dibekali media penyimpanan dual-SSD RAID untuk storage yang jauh lebih besar dan performa lebih cepat.

7. Sistem Keamanan Berlapis

Data pribadi maupun data bisnis sangatlah sensitif dan rentan kemungkinan pencurian data baik secara online maupun offline. Oleh karena itu ASUS dengan jagoan seri laptop bisnisnya ini tidak main-main dalam mencegah hal-hal tersebut dengan menyematkan sistem keamanan canggih berlapis.

Diantaranya Fingerprint sensor integrated with Power Key, HDD User Password Protection and Security, BIOS Booting User Password Protection, Kensington Security Slot™, Computrace ready from BIOS, dan modul TPM 2.0 (Trusted Platform Module).

Spesifikasi Umum ASUS ExpertBook B Series

TPM 2.0 adalah modul yang memiliki fitur enkripsi. Sehingga data dalam ExpertBook anda tetap aman walau SSD terhubung ke perangkat lain. Pada penggunaan webcam, dilengkapi dengan kamera Infra Red  sebagai face recognition untuk opsi sign-in wajah yang terintegrasi dengan Windows Hello.

Teknologi pengenalan wajah ASUS ini mampu menangkap tekstur wajah anda meskipun dalam keadaan minim cahaya.

8. Konektifitas Kecepatan Tinggi

Dalam hal konektifitas nirkabel, ASUS ExpertBook B Series menggunakan Bluetooth 5.2 dan modul WiFi 6 (802.11ax) untuk kecepatan transfer data  terbaik. Selain itu juga dilengkapi dengan slot simcard untuk koneksi 4GLTE dan koneksi super cepat 5G pada 2 seri, yaitu B7 dan B9.

5 seri terbaru laptop bisnis terbaik ini masih dilengkapi dengan port ethernet sehingga sangat cocok untuk pekerjaan para network administrator dan mereka yang masih membutuhkan konektivitas ke jaringan perangkat komputer lain secara fisik.

Melengkapi konektivitas lainnya, tersemat di bodinya port USB Type-A, HDMI, dan combo audio jack. Termasuk port Thunderbolt 4. Yaitu port dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi yang memungkinkan untuk dihubungkan ke berbagai perangkat profesional. Port tersebut juga sekaligus berfungsi sebagai fasilitas pengisian daya. Ini memungkinkan Anda untuk mengisi daya menggunakan power bank.

9. Fitur-fitur Unggulan Lain Termasuk Sistem pendingin

Kamera HD 720p dengan fungsi terintegrasi dengan Windows Hello. Baterai 66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion yang mampu bertahan lebih dari 12 jam. AI noise cancelling, teknologi Artificial Intelegent ini berfungsi meredam bising bertenaga AI dua arah untuk meredam kebisingan saat komunikasi jarak jauh.

Sebagai laptop bisnis terbaik dengan bodi tipis biasanya rentan panas. Laptop bisnis terbaik ASUS Expert Book 2 seri tertinggi yaitu B7 dan B9 telah dilengkapi dengan sistem pendingin canggih yang disebut Sistem Pendingin Hibrida Lanjutan (AHCS).

Sistem Pendingin Laptop Bisnis ASUS ExpertBook
Image: ASUS.Com

Advance Cooling sistem ini menambahkan pelat logam yang bersifat konduktif ke kipas. Sehingga meningkatkan luas permukaan sistem pendinginan sebesar 39%. Hal itu sangat membantu peningkatan kinerja laptop secara keseluruhan sampai dengan 55% .

Sistem pendingin AHCS ini mampu menghilangkan panas dengan cepat saat diperlukan. Dan hal itu tanpa mengganggu aktifitas kerja anda karena berlangsung hampir tanpa suara untuk tugas yang lebih ringan.

Kesimpulan

B Series merupakan singkatan dari Business Series, ASUS paham bahwa para pebisnis membutuhkan perangkat pendukung operasional harian mereka seperti laptop yang nyaman dan aman dibawa kemana-mana, terutama bagi mereka yang memiliki tingkat mobilitas tinggi sehingga harus berpindah-pindah tempat secara cepat.

Secara umum, semua laptop bisnis terbaik ASUS ExpertBook B Series hanya memiliki 1 (satu) warna yaitu Hitam, sesuai dengan kesan yang ingin dimunculkan yaitu elegan dan profesional. Bentuk bodi dibuat tangguh dan kokoh sesuai standar militer bersertifikasi ML-STD 810H sehingga aman dan nyaman dibawa kemana-kemana.

Laptop bisnis terbaik ASUS ExpertBook dibuat dengan desain ergolift, membuat jari Anda berada dalam posisi nyaman ketika mengetik. Keyboardnya juga dilengkapi dengan fitur backlit (lampu latar) sehingga tetap dapat digunakan di tempat dengan pencahayaan kurang. Bagi para pengguna yang sering berkutat dengan angka, dapat langsung mengaktifkan fitur Numpad 2.0 dengan menekan tombol di pojok kanan atas touchpad.

Semua seri laptop bisnis terbaik ASUS ExpertBook B Series dapat dibeli melalui ASUS Online Store. (DW)

Don`t copy text!