Indonesia Website Awards

Menu

Mode Gelap
Testimoni Mosehat, Merasakan Sendiri Efeknya untuk Vitalitas Setelah 3 Hari Konsumsi Darul Fikri Kubu Raya, Melihat dari Dekat Pondok Pesantren dengan Konsep Alam Terbuka Milenial Kreatif Selenggarakan Workshop Digital Skills Pontianak Pertama untuk UMKM Kalimantan Barat Inisiatif Mandiri, Relawan TIK Kalbar Lakukan Pemberdayaan Pandu Digital di Desa Tae Kabupaten Sanggau Digital Netizen Fair 2021 Pontianak, Ajari Masyarakat Kalimantan Barat Budaya Bermedia Digital

Hi-Tech · 15 Feb 2016 12:33 WIB

Cara Mengatasi Google Play Store yang Bermasalah


 Cara Mengatasi Google Play Store yang Bermasalah Perbesar

Tidak dipungkiri lagi bahwa saat ini perangkat berbasis Android paling banyak digunakan oleh para pengguna gadget. Berbagai kecanggihan serta kemudahan yang ditawarkan oleh sistem operasi tersebut menjadi alasan kuat mengapa banyak orang lebih suka menggunakannya. Meski begitu, tak ada sistem operasi yang sempurna, termasuk Android. Cepat atau lambat, sistem operasi pada perangkat yang kita gunakan akan mengalami masalah, entah itu karena kesalahan sistem atau kesalahan pengguna.

Seperti yang kita tahu, di Android Google adalah raja, dan Google Play Store merupakan rumah bagi semua aplikasi yang bisa kita gunakan di Android. Ada kalanya rumah tersebut mengalami masalah, pastinya masalah tersebut harus segera diatasi. Jika tidak, maka akan berpengaruh pada aplikasi lain bahkan juga pada perangkat yang kita gunakan.

Masalah yang sering terjadi biasanya aplikasi yang kita gunakan tidak berfungsi dengan baik. Ada beberapa aplikasi yang tiba-tiba saja menutup sendiri (force close) dan tidak mau berjalan. Bahkan terkadang aplikasi semisal Google Play Store dan Google Play Service juga ikut-ikutan bermasalah. Kalau sudah begini, kita sebagai pengguna harus pandai-pandai mengatasinya sebelum akhirnya kita menyerah dan membawa gadget kesayangan kita tadi ke service center terdekat.

Jika perangkat pintar yang kamu gunakan sudah menunjukkan tanda seperti yang disebutkan tadi, kemungkinan besar Google Play atau Google Play Service yang kamu gunakan sedang bermasalah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Begini caranya.

Google Play Store Icon

Google Play Store Icon (Sumber: AndroidCentral.Com)

RESTART PERANGKAT

Langkah paling mudah dan sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna Android ketika perangkat mereka bermasalah adalah melakukan restart. Meski terdengar sepele, melakukan restart pada perangkat Android untuk beberapa kasus terbukti berhasil mengatasi permasalahan yang terjadi pada perangkat kita. Namun ini tak selamanya selalu berhasil.

TUTUP PAKSA

Jika masalah yang kamu alami masih terasa meski sudah melakukan restart, cobalah untuk menutup secara paksa aplikasi Google Play Store. Untuk melakukannya cukup dengan menghilangkan Google Play Store dari halaman multitasking. Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa melakukannya melalui menu Settings – Apps – All. Cari aplikasi Google Play Store, tap lalu tekan menu Force Stop. Setelah beberapa saat, coba jalankan kembali Google Play Store-mu.

HAPUS CACHE DAN DATA

Dibalik performa menakjubkan yang dimiliki oleh perangkat Android, ada yang namanya cache dan data. Keberadaan keduanya sangat bermanfaat di Android, meski tak jarang menjadi penyebab perangkat jadi lelet dan masalah-masalah lainnya. Maka dari itu, untuk mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada perangkat kesayanganmu, coba untuk sesekali menghapus cache dan data aplikasi yang ada, terutama yang dimiliki oleh Google Play Store.

Untuk mengakses dan membersihkan cache serta data yang tak begitu penting, kamu bisa menuju ke menu Settings – Apps. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache dan datanya. Di sini kita contohkan Google Play Store. Klik Google Play Store lalu klik tombol Clear Cache, lalu Clear Data.

UNINSTALL

Cara ini jarang dilakukan, namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan jika masalah yang ditimbulkan sudah sangat menyebalkan. Untuk melakukannya langsung saja menuju ke menu Settings – Apps – Google Play Store. Klik menu Uninstall.

UPDATE SELALU

Ini adalah hal yang paling sering kita lupakan. Kita merasa cukup puas dengan aplikasi yang kita gunakan, sehingga enggan untuk melakukan update. Padahal ini adalah salah sat penyebab terjadi masalah pada perangkat kita. Untuk itu, pastikan semua aplikasi yang kamu gunakan berasal dari Google Play Store dan sudah dalam keadaan terupdate.

Itulah beberapa cara yang biasanya dilakukan ketika perangkat Android error dikarenakan Google Play Store yang bermasalah. Semoga bisa menyelesaikan masalah yang kamu alami. (BAIM)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Laptop Aman untuk Mata, Teknologi Layar ASUS OLED Minimalisir Efek Radiasi Sinar Biru

30 Desember 2021 - 15:30 WIB

Laptop Aman untuk Mata

ASUS MD100, Dual Wireless Mouse Ringan dan Tangguh Hingga 10 Juta Kali Klik

26 Desember 2021 - 10:11 WIB

Mouse ASUS MD100

How Much Cost Does it Involve to Develop an AngularJS App and Website?

1 Desember 2021 - 15:39 WIB

How Much It Cost to Make an Angular App

UNISOC Luncurkan 4G Chipset T616 dan T606 Generasi Baru untuk Memenuhi Berbagai Kebutuhan 

5 September 2021 - 17:17 WIB

Unisoc 4G Chipset T606

8 Fitur Baru Windows 11, Tampilan dan Spesifikasi Perangkat yang Kompatibel

17 Juli 2021 - 16:36 WIB

Fitur Baru Windows 11

7 Rekomendasi Headset Gaming Terbaik Murah 2021

19 Juni 2021 - 15:33 WIB

Headset Gaming Terbaik Murah
Trending di Hi-Tech