Beranda Opini Hari Blogger Nasional, Saksi Bisu On Off Pesta Blogger 2012

Hari Blogger Nasional, Saksi Bisu On Off Pesta Blogger 2012

BERBAGI

Entah kenapa ketika membaca status teman-teman di dunia maya yang mengucapkan selamat Hari Blogger Nasional, ingatan saya langsung tertuju kesebuah alamat link yang beralamat di www.pestablogger.com. Kalau tidak salah dalam sejarah perbloggeran Indonesia, Hari Blogger Nasional dicanangkan pertama kali pada tanggal 27 Oktober 2007. Bertepatan dengan penyelenggaraan Pesta Blogger yang pertama, Menteri Komunikasi dan Informasi pada saat itu, Bapak Muhammad Nur ikut menjadi bagian dari proses penetapan tanggal ini menjadi momen bersejarah bagi dunia perbloggeran Indonesia.

Empat tahun kemudian, konsep penyelenggaraan kegiatan dengan nama Pesta Blogger ini diubah menjadi On Off Indonesia. Kota Pontianak sendiri dalam perjalanannya sudah pernah beberapa kali menjadi mitra pelaksana untuk kegiatan roadshow yang sampai tahun lalu masih rutin dilakukan. Sedangkan untuk tahun 2012 ini, sepertinya kondisinya dalam keadaan mati suri karena dari kedua alamat situs yang ada, yaitu: www.pestablogger.com dan www.onoffid.org, tidak ada satupun informasi bisa diperoleh. Bahkan tampilan Server Not Found langsung muncul begitu kedua link ini diakses, ada apa gerangan???.

Jika mau dikaitkan off-nya link Pesta Blogger dan On Off Indonesia dengan perayaan Hari Blogger Nasional ke-5, sepertinya kurang sreg rasanya jika harus melihat kenyataan bahwa eksistensi para punggawa pencetus berdirinya momen spesial tersebut kembali diragukan. Oke, mungkin secara individu para punggawa tersebut masih tetap eksis dengan aktifitasnya masing-masing sampai detik ini. Namun bagaimana pula dengan brand name yang sudah mereka ciptakan dulunya?. Apakah eksistensinya harus sangat terpengaruh dengan aktifitas personal para punggawannya sehingga jika semuanya sibuk maka nasib sang brand name pun turut menjadi tak jelas. Sungguh sangat disayangkan…

Dari beberapa event besar yang dulunya rutin dilaksanakan setiap tahunnya, sepertinya untuk tahun 2012 ini yang tersisa hanyalah 2-3 event saja. Selain Pesta Blogger dan On Off Indonesia, event Sharing Keliling juga ikut mengalami penundaan sampai batas waktu yang tidak dapat ditentukan. Mungkin hanya Blogger Nusantara yang masih bertahan dengan konsep roadshow dan event kopdar akbarnya dimana untuk tahun kedua penyelenggarannya dipusatkan di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Cuma ini pun masih belum dapat dipastikan apakah nantinya akan bisa selalu eksis atau tidak, jadi kita lihat nantilah. Hehehehe… Yang pasti, dari sudut pandang pribadi semoga aja kondisi ini hanya bersifat insidentil sehingga di tahun-tahun berikutnya event-event besar bagi para bloggerian bisa kembali diselenggarakan. Aminnnn… Selamat Hari Blogger Nasional ya teman-teman… (DW)

 

16 KOMENTAR

  1. Muktamar blogger sebagai penebeng keramaian pesta blogger by cangkrukan bunderan hi tetap musti jalan nggak ya kalo pesta bloggernya bubar?

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

CommentLuv badge