Jasa Kursus Mengemudi Pontianak, Cara Mudah Belajar Menyetir Mobil

Jasa Kursus Mengemudi Pontianak Lembaga Pendidikan Sekolah Mengemudi Kendaraan Bermotor Roda Empat dan Roda Dua "Bina Sarana". Lama Belajar 10 Hari (1 Jam Per Hari). Waktu Menyesuaikan. Paket Belajar dengan Sertifikat.

Jasa Kursus Mengemudi Pontianak – Keterampilan mengemudi atau menyetir mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib baik pria maupun wanita. Meskipun belum mempunyai mobil, hal itu bukan berarti menjadi alasan untuk tidak belajar mengemudikan mobil. Salah satu manfaatnya, keterampilan mengemudi bisa menunjang karier.

Saat memutuskan belajar mengemudi dan mempunyai mobil pribadi, sebaiknya Anda berlatih mengemudi di tempat kursus mengemudi Pontianak. Selain mendapat ilmu dari pelatih-pelatih handal, Anda akan mendapat pengalaman lebih banyak. Selain lebih aman, belajar mengemudi di tempat kursus juga menghindarkan mobil kesayangan Anda dari ancaman kerusakan.

Jasa Kursus Mengemudi Pontianak

Sebelum mulai belajar mengemudi, sebaiknya pahami dulu fitur-fitur dasar kendaraan dasar seperti cara menghidupkan dan mematikan mesin, cara menggunakan lampu, dan cara mengaktifkan wiper.

Setelah mengetahui semua fitur standar, di tempat kursus mengemudi Pontianak, Anda akan diberi pengetahuan tentang teori umum dan aturan dasar mengemudi seperti mengenal rambu-rambu lalu lintas dan mengerti arti serta marka jalan.

Inilah beberapa rincian pengetahuan dan pelajaran yang biasanya didapat setiap pertemuan pada saat kurus mengemudi.

1. Pertemuan ke Satu 

Untuk pemanasan, siswa akan dibawa ke kawasan dengan kondisi lalu lintas macet. Selain melatih kesabaran, siswa diberi pengarahan oleh instruktur tentang aturan dasar berkendara yaitu ketika macet, pengemudi tidak boleh egois karena mobil harus berbaris rapi di antara mobil lainnya.

Siswa juga dibimbing tentang cara bagaimana mengatur kopling supaya saat macet, mesin mobil tidak mati.

2. Pertemuan ke Dua 

Siswa berkendara ke jalanan yang berbelok-belok. tujuan dari latihan ini adalah membuat lengan pengemudi tidak kaku dan mulai terbiasa untuk mengemudi,  kemudian membiasakan pengemudi untuk melihat kaca spion di kanan dan kiri.

Selain melatih ketenangan di jalanan berkelok, siswa juga akan dihadapkan pada lajur dua arah untuk melatih mental dan membuat siswa terbiasa.

3. Pertemuan ke Tiga 

Siswa akan berlatih di jalan menanjak. Hal itu dilakukan karena sebagian pengendara mobil terkadang belum terbiasa merasakan jalanan yang masuk kategori menanjak. Tanjakan, meski tidak curam, akan membuat mobil mundur. Jadi, jangan remehkan tanjakan meski kemiringannya sedikit.

Saat di jalan menanjak, siswa dilatih menggunakan kopling dengan lebih baik lagi dan melenturkan tangan dalam memegang setir karena terkadang jalan menanjak juga memuliki banyak belokan.

4. Pertemuan ke Empat 

Siswa berlatih bagaimana cara parkir. Setiap tempat kursus mengemudi sudah mempunyai tempat khusus untuk berlatih parkir. Selain melatih ketenangan, dalam latihan parkir, siswa akan diarahkan bagaimana cara menggunakan kopling karena memarkir mobil membutuhkan keahlian mengatur kopling agar mesin tidak mudah mati.

Saat belajar parkir, biasanya instruktur turun dari mobil kemudian melihat keahlian siswa menggunakan kopling dan mengendalikan setir.

Jika Anda ingin mengikuti jasa kursus mengemudi Pontianak, hindari masa-masa libur sekolah karena pada saat tersebut, kebanyakan siswa ataupun mahasiswa mengisi waktu libur dengan belajar mengemudi sehingga Anda harus menunggu giliran lebih lama untuk mulai berlatih.

Syarat dan Ketentuan

  • Bisa Membaca dan Menulis;
  • Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Panjar Uang Muka Biaya Belajar Sebesar 50%;
  • Waktu Belajar Mengemudi Selama 10 Hari (1 Jam Per Hari);
  • Tidak Datang Kursus Mengemudi Selama 3 Hari Berturut Tanpa Pemberitahuan Akan Langsung Dianggap Gagal (Biaya Kursus Tidak Bisa Dikembalikan).

Biaya Kursus

Mobil Transmisi Automatic

  • Kursus Mengemudi dan Sertifikat: Rp. 1.800.000,-
  • Kursus Mengemudi Tanpa Sertifikat: Rp. 1.300.000,-

Mobil Transmisi Manual

  • Kursus Mengemudi dan Sertifikat: Rp. 1.500.000,-
  • Kursus Mengemudi Tanpa Sertifikat: Rp. 1.150.000,-

Tips Dasar

Ada baiknya sebelum mengikuti pelatihan dari jasa kursus mengemudi Pontianak, kita mengetahui tips dasar belajar membawa kendaraan roda empat. Dikutip dari laman Liputan6.Com (15/02/2018), berikut ini adalah tips dasar yang harus diketahui sebelum belajar mengemudi mobil.

1. Kenali Fitur Mobil 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenali fitur mobil yang akan digunakan untuk belajar. Pastikan Anda hafal dengan posisi beberapa elemen penting yang ada, antara lain: posisi tuas persneling, pedal rem, gas, dan kopling. Ini untuk jenis mobil dengan sistem manual transmisi, sedangkan untuk sistem matic hanya ada pedal rem dan gas.

2. Latihan di Tempat yang Tepat

Pilih lokasi yang akan dijadikan tempat latihan menyetir mobil manual. Lokasi seperti lapangan yang cukup luas, akan membuat Anda lebih berkonsentrasi sambil menghafal elemen tadi. Setelah terbiasa barulah pilih lokasi yang lebih menantang. Contohnya jalanan umum yang sepi.

3. Harus Konsentrasi

Saat belajar mengemudi mobil transmisi manual masa-masa paling menegangkan yaitu ketika kamu mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran kamu lebih tenang, lebih relaks dan konsentrasi penuh. Dan patut diingat, saat proses menyalakan mesin mobil, pastikan mobil dalam keadaan netral (tidak masuk gigi).

4. Seimbangkan antara Pedal Kopling dan Gas

Untuk jenis mobil dengan transmisi manual, keseimbangan antara pedal kopling dan gas harus diperhatikan. Beda hal dengan mobil dengan transmisi matic, perputaran mesin akan diatur secara otomatis ketika pedal gas diinjak. Biasanya hal umum yang terjadi adalah ketika gear shift sudah di posisi gigi 1 tapi mobil belum jalan, hal ini dikarenakan pedal kopling masih ditekan penuh.

Ketika gas akan ditekan, kamu harus angkat kopling kamu pelan-pelan. Ini biasanya bagian paling susah buat pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar.

Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat. Jika sudah berjalan pelan dan hendak melakukan perpindahan gigi, baik naik ataupun turun gigi, Anda harus selalu menginjak kopling.

5. Jangan Lupa Siaga Rem Ketika Gas Sudah Stabil

Yang penting juga untuk diperhatikan adalah posisi kaki standby untuk menginjak pedal rem jika dirasakan kecepatan mobil semakin cepat. Ketika menginjak pedla rem, maka otomatis posisi kaki kiri akan berpindah dari pedal gas ke pedal rem.

Bagi siapa saja yang ingin belajar dan menggunakan jasa kursus mengemudi Pontianak dapat langsung menghubungi 0817-25-1982 (WhatsApp)

Sumber:

  • http://www.pikiran-rakyat.com/otomotif/2016/11/14/persiapkan-diri-sebelum-kursus-mengemudi-384800
  • https://www.liputan6.com/otomotif/read/3287327/belajar-menyetir-mobil-manual-itu-gampang-ini-rahasianya

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More