Lele Bumbu Pontianak, Produk Ikan Lele Siap Goreng untuk Keluarga Anda

Lele adalah ikan budidaya air tawar yang sangat populer. Produksi budidaya meningkat tajam setiap tahunnya, hal ini dikarenanakan luasnya pasar bagi lele. Lele Bumbu Pontianak disukai konsumen karena berdaging lunak, sedikit tulang, tidak berduri, dan murah. Dari sisi budidaya, lele relatif tidak memerlukan banyak perawatan dan memiliki masa tunggu panen yang singkat.

Banyak jenis lele yang merupakan ikan konsumsi yang disukai orang. Sebagian jenis lele telah dibiakkan orang, namun kebanyakan spesiesnya ditangkap dari populasi liar di alam. Lele dumbo yang populer sebagai ikan ternak, sebetulnya adalah jenis asing yang didatangkan (diintroduksi) dari Afrika.

SEKILAS MENGENAI IKAN LELE

Lele dikembangbiakkan di Indonesia untuk konsumsi dan juga untuk menjaga kualitas air yang tercemar. Seringkali lele ditaruh di tempat-tempat yang tercemar karena bisa menghilangkan kotoran-kotoran. Lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor harus diberok terlebih dahulu sebelum siap untuk dikonsumsi. Diberok itu ialah maksudnya dipelihara pada air yang mengalir selama beberapa hari dengan maksud untuk membersihkannya.

Kadangkala lele juga ditaruh di sawah karena memakan hama-hama yang berada di sawah. Lele sering pula ditaruh di kolam-kolam atau tempat-tempat air tergenang lainnya untuk menanggulangi tumbuhnya jentik-jentik nyamuk.

MANFAAT IKAN LELE

Sebagai salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi di Indonesia, ternyata lele banyak memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Berikut adalah 5 manfaat mengkonsumsi ikan lele, antara lain:

1. Rendah Kalori dan Lemak

Dalam 100 gram porsi ikan lele hanya mengandung sekitar 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Meski rendah kalori dan lemak, penting bagi Anda untuk memperhatikan porsi makan sekaligus cara mengolahnya. Jika tidak, kadar kalori, lemak, serta kolesterol dalam ikan lele justru meningkat.

2. Sumber Protein Lengkap

Ikan lele mengandung protein berkualitas tinggi sebanyak 15,6 gram dalam tiap ekornya sehingga mampu memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. Protein berkualitas tinggi tersebut membantu tubuh Anda membangun massa otot tanpa lemak. Tidak hanya itu, kandungan protein dalam ikan lele juga membantu meningkatkan efektivitas fungsi kekebalan tubuh Anda.

3. Sumber Vitamin B12

Ikan lele mengandung kadar vitamin B12 yang sangat tinggi. Satu ekor ikan lele saja diketahui mengandung 40 persen asupan vitamin B12 yang direkomendasikan setiap hari. Sebagai bagian dari vitamin B, vitamin B12 pada ikan lele sangat penting untuk membantu memecah makanan yang Anda konsumsi sebagai energi. Tidak hanya itu, vitamin yang larut dalam air juga berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, serta pembentukan darah.

Kemasan Produk Lele Bumbu Pontianak Mimuts
Image: Lele Bumbu Mimut’s

4. Rendah Merkuri

Hampir semua jenis ikan mengandung merkuri. Merkuri adalah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Jika Anda mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan akan masuk ke dalam tubuh Anda. Penumpukan merkuri dalam tubuh dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keracunan merkuri hingga bahkan kerusakan saraf, terutama pada bayi dan anak-anak.

5. Mengandung Asam Lemak Sehat

Rutin makan ikan lele adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh. Hal ini karena satu ekor ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Kedua nutrisi ini berperan dalam kesehatan jantung dan fungsi kognitif.

LELE BUMBU PONTIANAK

Sebenarnya untuk mengkonsumsi ikan lele sangatlah mudah, bisa langsung membelinya di pasar ikan tradisional terdekat dan mengolahnya sendiri di rumah. Atau bisa juga langsung datang ke tempat penjual makanan yang ada di sepanjang jalan.

Image: Dok. Pribadi

Khusus bagi yang sibuk dengan aktivitas rutin harian dimana tidak punya waktu cukup untuk berbelanja di pasar tradisional kecuali akhir pekan, Lele Bumbu Pontianak “Mimut’s” memberikan kemudahan dengan menyediakan paket produk ikan lele segar yang sudah bersih dan berbumbu dengan harga yang cukup bersahabat.

Dalam satu kemasan Lele Bumbu Pontianak “Mimut’s” yang berisikan 10 (sepuluh) ekor dengan berat total kurang lebih 600 gram, harga yang ditawarkan adalah 25 ribu rupiah. Bagi yang ingin memesan Lele Bumbu Pontianak bisa langsung menghubungi: Mbak Anella Hafiza Utami di 0853-4606-2318.

PEMESANAN ONLINE VIA WHATSAPP

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Lele
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/manfaat-ikan-lele/
1 Comment
  1. Blogger Tabalong says

    Mantep boss,, jos tenan rasane kui..

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.