Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011: Memanfaatkan Komunitas Online sebagai Media Pemberdayaan Umat

Membangun sebuah komunitas online yang solid adalah impian saya sejak lama. Setelah kurang lebih tiga tahun melanglang dunia maya sebagai seorang blogger, akhirnya pada awal tahun 2010 saya dan teman-teman berhasil mendeklarasikan sebuah komunitas baru yang diberi nama Komunitas Blogger en Netter (BELETER) Pontianak. Komunitas ini kami bentuk dengan misi untuk mengembangkan pemanfaatan teknologi internet kearah yang lebih positif melalui media-media yang ada seperti media blog. Bukan hanya sekedar suka-suka browsing, buka facebook, main game online, atau bahkan ada yang lebih parah dimana mereka memanfaatkan internet sebagai sumber fantasi hasrat mereka. Ckk…ckk…ckk……

Saya masih ingat sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa jika ingin membentuk sebuah komunitas yang profesional maka jalankanlah sistem di komunitas tersebut secara profesional pula. Sebagai langkah awal saya mendaftarkan Komunitas Blogger en Netter (BELETER) Pontianak ke akte notaris setempat sehingga untuk saat ini Komunitas Beleter telah memiliki aspek legalitas yang jelas di mata hukum sebagai sebuah komunitas sesuai dengan Akta Pendirian Komunitas Pengguna Internet Pontianak (Blogger en Netter) No.03 Tahun 2010 yang dikeluarkan oleh Notaris Kabupaten Kubu Raya Esti Utami Dewi, SH. Mungkin bagi sebagian orang pembuatan akta pendirian terlalu berlebihan, namun bagi saya sendiri justru dengan adanya aspek legalitas komunitas yang jelas akan lebih memudahkan semua urusan jika seandainya komunitas ini bisa berkembang menjadi sebuah komunitas yang profesional.

Sebenarnya sejak dideklarasikan pada bulan Februari lalu, komunitas ini sempat mengalami kekosongan kegiatan. Hal ini dikarenakan belum fokusnya saya selaku Ketua Komunitas BELETER yang sehari-harinya masih berkutat dengan urusan pekerjaan kantor. Hingga pada akhirnya pada bulan lalu saya memutuskan untuk berhenti bekerja dan mulai sekarang saya sudah bisa menyusun rencana-rencana kerja komunitas yang akan dilaksanakan pada tahun 2011 nanti. Terkadang kalau mau dipikirkan aneh juga, saya mengorbankan pekerjaan tetap saya hanya demi ingin mengembangkan komunitas yang sumber penghasilannya sendiri masih belum jelas. Mungkin untuk orang-orang yang berpikiran pendek, apa yang kulakukan ini dapat dikatakan sebagai suatu hal yang gila. Tapi saya memiliki keyakinan sendiri, dengan melakukan sesuatu yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain maka Allah SWT pasti akan memudahkan saya untuk dapat memperoleh rejeki dari sumber lain. Aminn…

Syukur Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya dan teman-teman diberi kepercayaan oleh pengelola Rumah Mimpi Komplek Taman Gitananda untuk menempati salah satu ruangan yang ada disana. Oleh karena itu, mulai sekarang dan seterusnya Komunitas Beleter akan memiliki sekretariat di Komplek Rumah Mimpi Taman Gitananda tersebut. Konsep sederhana yang saya miliki adalah saya ingin membuat kawasan tersebut sebagai kawasan melek teknologi dimana jaringan internet nirkabel nantinya akan dipasang untuk mencover seluruh area yang ada. Disini bagi siapa saja yang menggunakan fasilitas internet yang ada harus terdaftar dulu sebagai anggota Komunitas Beleter. Nantinya data-data anggota akan disimpan, termasuk data nomor serial laptop yang dimiliki sehingga nantinya setiap anggota akan memiliki akses tersendiri yang hanya bisa diakses melalui laptopnya. Pengawasan ketat atas penggunaan internet untuk tujuan-tujuan negatif akan dilakukan oleh seorang operator yang bertugas memantau semua aktifitas browsing yang dilakukan oleh para anggota komunitas yang ada.

Untuk pendanaan awal komunitas kami masih menggunakan konsep swadaya (istilah kerennya adalah pete-pete) diantara beberapa sahabat yang memang sejak awal telah memiliki komitmen terhadap komunitas ini. Merintis memanglah bukan sebuah hal yang mudah, namun sebuah komunitas tidak akan terbentuk jika tidak ada orang-orang yang merintisnya. Dan sekedar ingin meluruskan mengenai istilah Komunitas Blogger en Netter yang digunakan tidak semata-mata hanya ditujukan bagi orang-orang yang hobi ngeblog dan ngenet saja. Justru disini saya ingin mengajak teman-teman baik itu dari bidang fotografi, film, teater, sanggar, dan lain-lain untuk dapat belajar menggunakan media internet sebagai media promosi dan publikasi yang murah meriah dan efisien. Dengan internet mereka memiliki kesempatan untuk mempublikasikan segala bentuk hasil karya dan kreasi mereka ke seluruh penjuru dunia hanya dengan sebuah blog. Dan bagi siapa saja yang tertarik untuk belajar bagaimana membuat blog, dapat langsung mendaftar dalam program Pelatihan Blog Gratis bagi Masyarakat Umum dan Pelajar di Kalimantan Barat yang baru saja dicanangkan.

Oke, mungkin demikian sedikit tulisan dari saya mengenai pemanfaatan media online untuk kesejahteraan umat. Adapun semua rangkaian kegiatan yang saya lakukan atas nama komunitas saya tulis liputannya di pojok Community Activites. Sebenarnya masih banyak manfaat yang dapat kita ambil dari internet selama kita menggunakannya secara positif dan sehat.  Sebagai penutup saya hanya bisa bilang keep spirit for blogging bro… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
2 Comments
  1. Insurance Finance says

    semoga bisa berjalan dengan baik Gan, keren juga namanya Gan, thanks

  2. Bang ngangan.com says

    sejujurnya saya kagum sekali dengan usaha dan perjuangan anda dalam mengupayakan pemanfaatan tekhnologi kearah yang positif ditempat Anda berada.

    saya sendiri baru memulai beberapa kali shering bersama segerintil blogger bangka belitung untuk menggagas sebuah komunitas seperti yang Anda bangun. kiranya Anda berkenan mohon berikan masukan untuk upaya kami. sebab kondisi blogger n netter bangka belitung rasanya tidak beda jauh dengan kondisi Blogger borneo. bahkan mungkin lebih parah, sebab akses terhadap internet masih sangat-sangat terbatas.

    kiranya Anda berkenan memberikan masukan email kami di; [email protected].

    salam hangat n bang ngangan.com mengaku angkat topi buat Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.