Pantai Pasir Panjang Singkawang, Sudah Ada Sejak Jaman Dahulu

Bagi orang yang telah lama menetap di Pontianak seperti Blogger Borneo, nama Pantai Pasir Panjang sepertinya sudah tidak cukup asing lagi didengar. Di waktu kecil dimana masih belum banyak tempat hiburan dan liburan, Pantai Pasir Panjang selalu menjadi tujuan utama.

Kebetulan dulu Bapak kerja di sebuah perusahaan plywood besar di Kalimantan Barat (namun saat ini telah ganti haluan bidang usaha ke perkebunan sawit) sehingga hampir setiap bulan Blogger Borneo sekeluarga ikut rombongan kantor untuk liburan ke salah satu obyek wisata di Kalimantan Barat ini. Kebetulan dua minggu sebelumnya Blogger Borneo sedang dalam misi membawa tamu dari Kota Bandung, Pantai Pasir Panjang menjadi tujuan pertama sebelum memasuki Kota Singkawang.

Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam dari Kota Pontianak. Pantai Pasir Panjang letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Singkawang, mungkin sekitar 30 menitan. Jika dilihat sepintas tidak ada perubahan yang cukup signifikan di Pantai Pasir Panjang Singkawang.

PANTAI PASIR PANJANG SINGKAWANG

Sebenarnya masih ada beberapa titik pantai lagi disepanjang garis pantai ini, cuma di lokasi ini memiliki fasilitas lebih lengkap dibanding yang lain. Disini terdapat kolam renang dan tempat penginapan sehingga para pengunjung tidak perlu pusing memikirkan harus tidur dimana jika ingin bermalam di Pantai Pasir Panjang Singkawang. Ya paling ekstrim palingan tidur di alam terbuka beralaskan pasir di pantai, hehehehe…

Selain menjadi salah satu lokasi kunjungan wisata, Pantai Pasir Panjang juga sering menjadi lokasi dilaksanakannya kegiatan-kegiatan khusus seperti perkemahan, outbond, dan sejenisnya. Dengan areal kawasan yang masih cukup luas, tempat wisata cukup terkenal di Kalimantan Barat ini cocok menjadi tempat dilaksanakannya aktivitas-aktivitas yang bersifat outdoor.

Tempat Rekreasi Pantai Pasir Panjang Singkawang
Image: Dok. Pribadi

Oh iya, ada satu fasilitas lagi lupa Blogger Borneo jelaskan yaitu mengenai keberadaan surau di jalan masuk menuju kawasan Pantai Pasir Panjang Singkawang. Saya kira fasilitas ini sangat penting dimiliki oleh setiap obyek wisata yang ada di Kalimantan Barat karena ketika pengunjung muslim sedang berada didalam kawasan, mereka tidak perlu bingung lagi mau beribadah dimana. Lumayan repot juga kan jika hanya karena ingin beribadah terpaksa harus keluar jauh-jauh karena ketiadaan fasilitas vital ini.

Mengenai pemeliharaan kawasan Pantai Pasir Panjang Singkawang juga perlu diperhatikan karena para pengunjung akan merasa sangat senang dan nyaman ketika tempat wisata yang dikunjunginya tampak bersih, rapi, dan teduh. Ya maklum saja cuaca di pantai tentu saja akan terasa panas, jadi tersedianya pondok-pondok akan menjadi sebuah kebutuhan.

Obyek Wisata Pasir Panjang Singkawang juga menjadi salah satu tujuan dalam paket wisata yang ditawarkan oleh Borneo Travelling. Info lengkap mengenai paket wisata ini dapat langsung menghubungi: 0811-56-1982 (Telp/WA). Kurang pas rasanya jika ketika berkunjung ke Kalimantan Barat tidak singgah kesini, setelah itu baru lanjut ke Kota Amoy Singkawang. (DW)

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More