Archives

Relawan TIK Kota Pontianak Ajarkan Peserta Membuat Website Menggunakan WordPress

Relawan TIK Kota Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Bertempat di Start Up Hub Diskominfo Kota Pontianak, Relawan TIK Kota Pontianak selenggarakan kegiatan pertama pelatihan Membuat Website Menggunakan WordPress.

Relawan TIK Kota Pontianak

Dikarenakan keterbatasan tempat karena pelatihan membuat website menggunakan WordPress ini dilakukan secara praktek langsung, maka di kegiatan pertama Relawan TIK Kota Pontianak ini jumlah peserta yang akan dilatih hanya sekitar 15 orang saja. Insya Allah untuk para calon peserta yang belum kebagian tempat akan dimasukkan dalam agenda selanjutnya.

Waktu menunjukkan angka 10 tepat, Blogger Borneo langsung bergegas menuju lokasi pelaksanaan kegiatan Pelatihan Membuat Website Menggunakan WordPress yang diselenggarakan oleh RTIK Pontianak bekerjasa dengan Diskominfo Kota Pontianak sesaat setelah mengantar anak berangkat sekolah.

Sempat bingung mencari dimana ruangan Start Up Hub Kota Pontianak, akhirnya Blogger Borneo diarahkan oleh salah seorang staf di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak. Ternyata untuk menuju ke ruangan ini harus melewati jalur dan ruangan khusus. Btw, terima kasih atas petunjuk arahnya ya Bang.

Co Working Space Start Up Hub Kota Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Langsung terkesima begitu masuk ke dalam ruangan tempat diselenggarakannya pelatihan ini. Baru tahu ternyata Dinas Kominfo Kota Pontianak memiliki ruangan sekeren ini. Jadi langsung terbersit ide untuk mengajak kolaborasi dengan pemilik ruangan tersebut untuk rencana menyusun agenda pelatihan yang akan diinisiasi oleh Relawan TIK Kota Pontianak kedepannya.

Cara Menentukan Sub Domain

Karena pelatihan ini sifatnya gratis dengan tema membuat website menggunakan WordPress, maka mekanismenya dibuat menggunakan sub domain yang menginduk pada domain dari Relawan TIK Kalimantan Barat. Setidaknya para peserta bisa tahu dan paham mengenai langkah awal membuat website itu seperti apa.

Sengaja pada pelatihan ini digunakan WordPress sebagai platform websitenya karena sifatnya lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami oleh para pengguna pemula, selain itu dalam implementasinya juga lebih fleksibel dibandingkan dengan blogspot karena WordPress bersifat CMS (Content Management System).

Dalam penyelenggaraan pelatihan pertama oleh RTIK Kota Pontianak ini, tampak beberapa wajah dari para peserta yang hadir sudah dikenal dengan baik oleh Blogger Borneo. Salah seorang diantaranya adalah Kak Ropini yang dalam kesehariannya dikenal sebagai pengusaha wanita dari Kota Pontianak sekaligus pengurus DPW Dewan UKM Kalimantan Barat.

Cara Menggunakan Fitur 

Setelah website masing-masing peserta sudah terinstal WordPress dengan baik, langkah selanjutnya adalah bagaimana menggunakan fitur-fitur standar yang tersedia. Disini diperkenalkan mengenai cara mengganti template gratis sesuai keinginan, bagaimana membuat menu utama, memasang plugin dan widget yang dibutuhkan.

Peserta Pelatihan Pembuatan Website Berbasis WordPress
Image: Dok. Pribadi

Memang jika diperhatikan para peserta masih banyak terlihat bingung, ya harap dimaklumi saja karena inilah bagian dari proses pembelajaran karena di era digital saat sekarang ini kemampuan yang sifatnya softskills sangat dibutuhkan. Salah satu diantaranya adalah membuat website menggunakan WordPress.

Rencananya untuk kedepannya dari Relawan TIK Kota Pontianak akan membuat kegiatan berkelanjutan seputar kemampuan dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dimana dalam pelaksanaannya akan berkolaborasi dan bersinergi dengan para stakeholder dimana salah satu diantaranya adalah Diskominfo Kota Pontianak.

Cara Membuat Tulisan

Nah, setelah website yang dibuat dengan menggunakan WordPress telah dirasa siap dan sesuai keinginan, langkah selanjutnya adalah latihan membuat tulisan. Dan karena sesi pelatihan ini membutuhkan fokus khusus maka materinya disampaikan setelah istirahat, sholat, dan makan siang.

Oh iya, sebelum lanjut ke pembahasan membuat tulisan di website yang baru saja dibuat, ada beberapa pernyataan akan disampaikan terkait dengan penyelenggaraan kegiatan Pelatihan Website Menggunakan WordPress ini, yaitu:

  • Kegiatan ini diinisiasi oleh Relawan TIK Kota Pontianak dan mendapat dukungan dari Diskominfo Kota Pontianak dalam bentuk penggunaan tempat pelatihan di Start Up Hub Pontianak;
  • Kegiatan ini sifatnya GRATIS bagi para peserta dengan jumlah terbatas;
  • Kegiatan ini menyediakan SNACK bagi para peserta yang hadir dimana dananya berasal dari swadaya para anggota RTIK Pontianak;
  • Kegiatan ini sifatnya umum dan terbuka bagi siapa saja yang berminat untuk belajar.
Sudut Pandang dari Start Up Hub Diskominfo Kota Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Ketika memiliki website, langkah yang paling penting selanjutnya adalah membuat tulisan. Dari pengalaman Blogger Borneo mengelola blog selama ini, tidak banyak bisa bertahan untuk tetap terus untuk melakukannya. Membuat website tidak semudah mempertahankannya, dan faktor uang biasanya menjadi alasan utama kenapa website tersebut pada akhirnya ditinggalkan.

Kesimpulan

Tidak terasa kegiatan Pelatihan Membuat Website Menggunakan WordPress ini terlaksana hampir seharian dari pagi hingga menjelang sore. Alhamdulillah para peserta yang hadir merasa antusias mengikuti kegiatan pertama RTIK Pontianak ini dari awal hingga akhir.

Dan beberapa diantaranya ingin mengikuti pelatihan selanjutnya khusus mengenai bagaimana mengelola website dengan baik dan profesional.

Secara keseluruhan, penyelenggaraan kegiatan kali ini cukup lancar tanpa ada kendala apapun. Untuk para peserta yang hadir, terima kasih atas partisipasi dan ketertarikannya untuk turut serta. Semoga bisa memberikan manfaat dalam penerapannya di aktivitas sehari-hari.

Dan khusus untuk Dinas Kominfo Kota Pontianak, terima kasih banyak atas dukungan dalam bentuk lokasi penyelenggaraan kegiatan. Insya Allah untuk selanjutnya kegiatan-kegiatan seperti ini akan dapat terus dilakukan.

Demi mewujudkan misi utama dari program pemerintah yang sekarang sedang digaungkan menjadikan masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Kalimantan Barat khususnya menjadi #MakinCakapDigital. (DW)

 

Dapatkan Penghasilan Tambahan dari Program Referral Involve Asia