Indonesia Website Awards

Berikut Ini Tips Menghindari Tabrakan Beruntun di Jalan Tol

Pernahkah Anda membaca atau mendengar berita tentang tabrakan beruntun di jalan tol? Peristiwa tersebut tentu saja menimbulkan banyak kerugian bagi para korbannya, baik itu kerugian materi bahkan kehilangan nyawa. Oleh karena itu, Anda perlu tahu tips-tips penting untuk menghindari jenis kecelakaan ini.

Image: aleksandarlittlewolf on Freepik

6 Tips Menghindari Tabrakan Beruntun

Anda perlu tahu bahwa kecelakaan fatal yang melibatkan banyak kendaraan lebih umum terjadi di jalan tol ketimbang di jalanan biasa. Di bagian ini, Anda akan menemukan sejumlah tips penting yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi risiko kecelakaan tersebut:

1. Perhatikan Batas Kecepatan Paling Tinggi

Jalan tol yang identik dengan transportasi bebas hambatan membuat banyak orang suka berkendara dengan kecepatan tinggi. Kesalahan persepsi ini sering berbuah petaka dalam bentuk tabrakan beruntun, di mana kerusakan dan jatuhnya korban jiwa mustahil untuk dihindari.

Oleh sebab itu, masyarakat harus sadar bahwa berkendara dengan terlalu cepat hanya akan membawa musibah. Memperhatikan ambang batas kecepatan saat berkendara di jalan tol adalah salah satu kunci dalam mengurangi peristiwa kecelakaan besar.

2. Waspadai Kontur Jalan yang Tidak Mulus

RajaBackLink.com

Percaya atau tidak, ada beberapa jalur tol di Indonesia yang konturnya kurang baik. Jalan tersebut bisa saja bergelombang, berkerikil, maupun aspalnya terkelupas. Kontur jalan tol seperti ini wajib Anda waspadai, sebab dapat membuat kendaraan menjadi oleng dan akhirnya menimbulkan tabrakan.

Baca Juga:   Bingung Uang BBM Membengkak? Ini 5 Tips Irit BBM Mobil!

Tips ini berkaitan erat dengan dengan pengaturan kecepatan mobil. Kontur jalan tol yang tidak mulus akan membahayakan siapapun yang berkendara terlalu cepat. Anda pun dituntut untuk waspada dan memperhatikan kecepatan saat melalui jalan yang kurang baik ini.

3. Fokus ke Jalan, Bukan ke Gawai

Salah satu penyebab tabrakan beruntun yang cukup sering terjadi, yaitu ketika si pengendara terlalu banyak melihat ke gawainya. Kelalaian ini juga dapat terjadi pada mereka yang berkendara dengan bantuan aplikasi GPS.

Anda sebagai pengendara wajib memusatkan perhatian ke jalan, apalagi jika sedang ramai atau kurang mulus. Apabila memang tak perlu, matikan gawai Anda atau titipkan kepada penumpang bagi Anda yang berpergian bersama keluarga.

4. Jangan Menyalip Secara Sembarangan

Meskipun jalan tol berada dalam kondisi sepi, bukan berarti Anda bisa seenaknya menyalip kendaraan yang berada di depan. Bahaya menyalip sembarangan ini dapat timbul dari kendaraan di belakang Anda yang juga ingin ikut menyalip atau dari arah yang berlawanan.

Tetaplah berhati-hati, karena Anda belum tentu tahu apakah jalan di hadapan kendaraan tersebut aman untuk mobil Anda masuki atau tidak.

Baca Juga:   7 Aplikasi Adzan Android Otomatis Offline Terbaik 2021

5. Kurangi Kecepatan apabila Jalan Sedang Ramai

Anda pasti sudah sering melihat pesan berupa “jaga jarak aman” ketika berkendara di jalan tol. Itu karena jalan tol selalu ramai oleh macam-macam kendaraan, termasuk juga bus dan truk. Semakin ramai jalan tolnya, semakin besar pula risiko tabrakan beruntun yang dapat terjadi.

Kurangilah kecepatan mobil Anda begitu mendapati adanya keramaian di jalan tol. Pengurangan kecepatan ini akan mempermudah Anda dalam menghentikan kendaraan pada jarak aman, apalagi jika jalur tol sedang tersendat.

6. Jika Mengantuk, Segera Istirahat

Berkendara dalam kondisi mengantuk, lebih-lebih lagi di malam hari merupakan bahaya yang banyak orang sepelekan. Waspadalah, sebab perilaku ini dapat mengacaukan konsentrasi Anda dan mengakibatkan kerugian besar.

Jangan memaksakan diri untuk berkendara bila Anda merasa kelelahan dan ingin tidur. Segera cari tempat untuk beristirahat, yaitu rest area di jalan tol dan segarkan diri hingga Anda siap untuk berkendara lagi.

Sudah Tahu Tips-Tips Menghindari Tabrakan Beruntun?

Demikianlah artikel ini menjabarkan cara-cara untuk menyelamatkan diri dari bahaya kecelakaan, terutama di jalan tol. Apakah Anda butuh jasa asuransi kerusakan mobil yang terjangkau untuk melindungi kendaraan Anda? Asuransi Simas ialah pilihan jasa asuransi kendaraan terbaik untuk Anda! (DW)

Don`t copy text!