BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Tips Membuat Blog Review Film yang Menarik dan Menghasilkan

Punya blog dan hobi nonton? Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk memasukkan review film sebagai salah satu konten di blog Anda. Diantara beberapa jenis konten yang dapat mendatangkan penghasilan, review film termasuk salah satu diantaranya.

Blog Review Film

Masih ingat dengan statement Kang Emil yang mengatakan bahwa “Pekerjaan yang Menyenangkan adalah Hobi yang Dibayar”, nah disini Blogger Borneo ingin memberikan gambaran bahwa untuk mulai melakukan sesuatu dimulailah dari hobi yang disukai.

Sama halnya seperti menulis review film, jika Anda bukan seorang yang hobi menonton film maka hampir dapat dipastikan Anda akan kesulitan untuk membuat tulisan reviewnya. Akan berbeda kondisinya jika memang Anda hobi menonton film.

Pada paragraf awal telah dijelaskan bagaimana blog yang berisikan konten mengenai review film akan dapat menghasilkan, tentu saja dengan catatan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Dalam artian harus selalu update dengan info film terbaru yang muncul.

Sudah menjadi hukum alam bahwa untuk mendapatkan kesuksesan butuh proses dan kerja keras, oleh karena itu untuk memulai terkadang Anda harus mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran yang dimiliki.

Konten Selalu Update

Terhenti karena kehabisan konten, sepertinya ini merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh para blogger pemula ketika dalam perjalanannya mereka merasa buntu untuk membuat tulisan.

Sekarang coba perhatikan, sejak zaman dulu hingga sekarang sudah berapa puluh, ratus, atau bahkan mungkin ribuan film yang telah tayang dan ditonton oleh para penggemarnya.

Dari kondisi ini, apa kesimpulan yang dapat diambil? Ternyata konten mengenai film ini tidak akan pernah habis sampai tidak ada satupun yang tidak mau lagi menonton film.

Tentu saja bagi seorang blogger yang kontennya membahas mengenai review film, dirinya tidak perlu kuatir akan kehabisan ide untuk menulis karena film-film baru akan terus bermunculan.

Fokus dengan Genre

Bagi yang hobi nonton film, tentu saja mengerti dengan istilah Genre. Secara umum, genre film terdiri atas: Drama, Komedi, Horor, Action, Animasi, Dokumenter,  Fantasi, Science Fiction (Sci-Fi), Thriller, dan Musikal.

Agar blog review film yang Anda buat tampak menarik dan profesional, bisa diawali dengan membuat tulisan sesuai dengan genre film yang disenangi. Misalnya Anda senang dengan genre Drama, buatlah tulisan-tulisan review mengenai film bergenre Drama.

Untuk kedepannya, biar semakin tampak menarik dan bervariasi bisa ditambahkan genre-genre lain. Jika memungkinkan rekrut atau ajak kerjasama penulis yang memiliki ketertarikan dibidang yang sama namun hobi genre filmnya berbeda.

Mengenai hitung-hitungan biaya operasional dalam pengembangan blog review film yang dibuat, dapat dikondisikan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Setidaknya biaya pembelian domain dan sewa server untuk setahun pertama sudah harus disediakan terlebih dulu.

Target Pasar Jelas

Salah satu keuntungan membuat blog review film adalah sudah memiliki target pasar jelas yaitu orang-orang yang suka menonton film. Disini Anda sebagai pemilik blog dapat membuat grup via whatsapp atau facebook yang khususnya membahas mengenai film-film terbaru.

Demi memperluas penyebaran informasinya, dibuat juga akun-akun di beberapa media sosial atau dapat juga menggunakan akun pribadi Anda sebagai media yang selalu update dengan informasi mengenai kemunculan film-film terkini.

Dapat dibayangkan nanti blog review film yang Anda buat akan memiliki target pembaca yang loyal karena umumnya orang yang hobi nonton itu memiliki kriteria setia dan loyal. Cieee… kayak pasangan suami istri aja.

Oke, sekarang Anda telah mendapatkan gambaran mengenai keuntungan memiliki sebuah blog review film. Memang untuk awalnya terkadang dibutuhkan modal untuk membeli tiket XXI, akan tetapi semua modal tersebut akan kembali lagi dengan sendirinya.

Kesimpulan

Blog review film merupakan salah satu jenis blog yang jika dikelola secara menarik dan profesional dapat mendatangkan penghasilan bagi pemiliknya. Blog jenis memiliki kelebihan tidak akan kehabisan ide konten karena dari dulu hingga sekarang film-film baru terus bermunculan.

Blog review film umumnya dibuat dan dikelola oleh seseorang yang memiliki hobi menonton film. Dan di tahap awal, konten-konten yang dibuat fokus kepada genre film yang disukai. Misalnya blog genre drama film Korea. Khusus untuk blog review genre ini, Blogger Borneo ada mengenal salah satu diantaranya.

Review Film Drakor A Resistance 2019
Image: LendyAgassi.Com

Lendy Agassi, demikian nama lengkap dari pemilik blog review drakor ini. Dilihat dari profil blognya, pemiliknya suka sekali dengan hal-hal mengenai Korea mulai dari budaya, bahasa dan seni. Selain itu Lendy Agassi juga suka nonton drama Korea dan film Korea. Sesuai dengan apa yang telah dijelaskan sebelumnya.

Bagi kawan-kawan yang merasa memiliki hobi sama, tidak ada salahnya mencoba untuk mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Lendy Agassi. Jangan berpikir mendapatkan uang dulu, yang penting berani memulai dan konsisten. Insya Allah kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. (DW)

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More