Indonesia Website Awards

Menu

Mode Gelap
Testimoni Mosehat, Merasakan Sendiri Efeknya untuk Vitalitas Setelah 3 Hari Konsumsi Darul Fikri Kubu Raya, Melihat dari Dekat Pondok Pesantren dengan Konsep Alam Terbuka Milenial Kreatif Selenggarakan Workshop Digital Skills Pontianak Pertama untuk UMKM Kalimantan Barat Inisiatif Mandiri, Relawan TIK Kalbar Lakukan Pemberdayaan Pandu Digital di Desa Tae Kabupaten Sanggau Digital Netizen Fair 2021 Pontianak, Ajari Masyarakat Kalimantan Barat Budaya Bermedia Digital

Opini · 16 Apr 2013 05:15 WIB

Waspada Modus Penipuan Baru SMS Poin Plus Indosat


 Waspada Modus Penipuan Baru SMS Poin Plus Indosat Perbesar

Baru saja dapat pesan masuk dari nomor 085656041907 yang menginformasikan bahwa nomor handphone saya terpilih menjadi salah satu pemenang dalam undian Poin Plus Indosat dengan hadiah berupa cek tunai senilai 49 juta rupiah. Dalam hati saya berpikir ini pasti kerjaan orang-orang iseng yang ingin menipu calon korbannya. Modus operandinya adalah calon korban akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening seseorang dengan alasan uang tersebut merupakan biaya administrasi atau pajak hadiah tersebut. Terkadang juga para calon korban akan dituntun ke mesin ATM terdekat dan kemudian akan dipandu via telepon.

Modus Penipuan Poin Plus Indosat via SMS

Nah, sebelumnya saya memang sering menerima pesan singkat seperti gambar diatas. Hanya saja pada kali ini calon penipu tersebut ada menyertakan juga sebuah link website dengan alamat www.infokejutanindosat.jimdo.com. Dari alamat linknya saja sudah cukup jelas bahwa informasi ini benar-benar menipu. Masa undian atas nama Indosat tapi link websitenya pakai yang gratisan. Iseng-iseng berkunjung ke alamat website tersebut muncullah penampakan seperti dibawah ini:

Modus Penipuan Indosat Atas Nama via Website

Hhhhmmm… Jelek banget yach tampilan websitenya? Selain link websitenya yang gratisan (menggunakan www.jimdo.com), tampilannya juga ala kadarnya. Mau saya buatkan yang sedikit lebih bagus Om???. Lihat saja judulnya tuh, SELAMAT DATANG DI ALAMAT WEBST RESMI KAMI. Tak tanggung-tanggung sekali mau salah ketik, dua huruf langsung hilang yaitu I dan E. Semakin kelihatan bohongnya, hehehe… Jadi hanya sekedar ingin mengingatkan bagi para pengguna handphone khususnya di Kalimantan Barat, jangan mudah tertipu dengan trik-trik amatiran seperti ini yach. Cara yang paling aman adalah dengan menghubungi kantor provider terdekat, atau jika memang sudah yakin ini adalah salah satu bentuk penipuan cukup dicuekin saja. (DW)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akun Profil Ghozali Everyday, Menjadi Miliarder dalam Sehari karena Jualan Foto Selfi

13 Januari 2022 - 08:16 WIB

Ghozali Everyday

Rahmad Ngarasan: Bagaimana Usaha Modal Raksasa Menguasai UMKM

4 Januari 2022 - 08:23 WIB

Boekhoud

Ketika Thailand Melegalkan Kratom dan Ganja, Bagaimana dengan Indonesia?

3 Januari 2022 - 06:11 WIB

Ganja and Thai Traditional Medicine in the City

Shin Tae Yong, Sentuhan Tangan Besinya Membuat Timnas Indonesia Muda Kembali Berjaya

29 Desember 2021 - 08:31 WIB

Shin Tae Yong

Taufik Nur Hidayat: Dimana Ekonomi Islam?

25 Desember 2021 - 10:12 WIB

Ekonomi Islam

Meninggalkan Fasilitas Mewah Demi Membangun Lembaga Politik bernama Partai Keadilan

22 Desember 2021 - 10:50 WIB

Umi dan Abah Ibrahim Vatih
Trending di Opini