Cara Agar Hp Android Tidak Lemot

Mau ganti Hp baru, tapi isi dompet gak mendukung. Itulah masalah yang sering dialami banyak orang. Terutama kaum menengah ke bawah. Jika kamu termasuk penduduk Bumi yang sering mengalami masalah tersebut, artikel cara agar Hp Android tidak lemot bisa menjadi solusi. 

Di zaman digital seperti saat ini, hp sudah menjadi kebutuhan primer bagi umat manusia. Tentu, hal ini akan sangat mengganggu keadaan ekonomi, jika Hp kita sering service atau bahkan rusak total yang mengakibatkan harus membeli Hp baru. 

Untuk mengantisipasi hal-hal buruk tersebut, berikut beberapa cara agar Hp android tidak lemot yang dapat dipraktikkan dengan mudah.

1. Lakukan Penghapusan Cache Secara Berkala

Cache adalah sebuah tempat penyimpanan data sementara. Ia berfungsi untuk memudahkan pengguna ketika mencari data yang sama.

Namun, kelemahannya, cache yang dibiarkn menumpuk akan mengganggu kinerja hp. Jumlah ruang di hp menjadi sempit dan berkurang. Akibatnya, hp sering lemot dan ngehang. 

Untuk kalian yang memory Hpnya kecil,  bisa mempraktikkan langkah pertama ini. Cara ini cukup efektif. Karena, secara otomatis ruang penyimpanan akan menjadi longgar

2. Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai 

Banyaknya aplikasi yang terdownload di smartphone membuat ruang di hp semakin sempit. Tentu saja, hal tersebut akan membuat proses kerja hp menjadi tidak maksimal. Apalagi jika memori penyimpanannya sudah penuh. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, bisa melakukan cek satu persatu aplikasi yang terunduh. Kemudian melakukan  pemilahan. Mana aplikasi yang diperlukan dan tidak begitu dibutuhkan.

3. Gunakan Aplikasi Lite

Beberapa pengembang aplikasi menyediakan aplikasi lite. Contoh: Facebook, Messeger, dan lain-lain. Ruang yang diperlukan aplikasi lite lebih sedikit daripada yang standar. Fungsi dan kegunaan yang ditawarkan juga sama. 

Untuk kalian yang ruang di Hpnya terbatas, tapi banyak aplikasi yang penting dan tidak bisa dihapus,  menggunakan aplikasi lite merupakan salah satu alternative yang dapat diterapkan.

4. Reset Pabrik

Reset pabrik akan membuat Hp seperti baru lagi. Semua sampah-sampah di Hp akan terhapus dan dibersihkan. Namun, sebelum melakukan langkah ini, hal yang harus diperhatikan adalah melakukan pengamanan. Sehingga data-data yang penting tidak hilang atau terhapus.

Reset pabrik jika diibaratkan seperti vakum cleaner. Ia akan membersihkan dan menyedot semua kotoran-kotoran atau debu yang ada di ruangan tanpa tebang pilih. Reset pabrik biasanya menjadi pilihan terakhir, ketika semua cara sudah tidak bisa mengatasi.

5. Restart Hp

Langkah yang biasa dilakukan oleh pengguna Hp ketika mengalami masalah kelemotan adalah, merestar HP. Langkah sederhana ini dapat menjadi solusi yang praktis.

Pengguna tidak perlu takut kehilangan data, tidak pula harus menunggu waktu yang lama. Cara ini cukup efektif untuk menyegarkan Hp dan aplikasi-aplikasi yang mulai menurun kinerjanya.

6. Perbaharui Perangkat Lunak

Benda mati itu disistem hampir sama dengan mahluk hidup. Ia juga akan mengalami penurunan kinerja atau kualitas ketika usianya sudah tua atau banyak beban yang dijalankan. 

Jika manusia membutuhkan refresing supaya bisa fit kembali, maka, Hp juga butuh dilakukan pembaharuan untuk perangkat lunaknya supaya bisa bekerja optimal lagi. 

Perangkat lunak di sini, jika diibaratkan seperti jiwa. Dari sini kita bisa tahu, kalau yang butuh diperhatikan bukan hanya gebetan saja. gadget pun demikian.

7. Mematikan Auto Update Aplikasi

Hp yang disetting dengan cara melakukan update otomatis pada semua aplikasi, selain menyedot paket internet juga mengurangi ruang penyimpanan.

Biasanya, aplikasi versi terbaru memiliki ukuran yang lebih besar daripada versi sebelumnya. Otomatis, kapasitas memori akan menjadi sempit. Apalagi jika update aplikasinya dilakukan secara bersamaan.

8. Mengurangi Widget

Widget biasanya terpasang pada menu utama Hp. Widget adalah aplikasi perangkat lunak yang membuat pengguna lebih mudah dalam mengakses aplikasi tanpa harus membukanya. Istilah kerennya quick view and use.

Contoh aplikasi yang sering ditaruh dipermukaan yaitu: widget google, widget jam, dan aplikasi cuaca terkini. Dengan mengurangi widget, beban yang diterima Hp akan menjadi berkurang. Sehingga, secara otomatis hp dapat bekerja optimal.

9. Tidak Perlu Memasang Antivirus

Seringkali pengguna Hp menganggap keadaan hp akan aman dan tidak terkena virus ketika dipasang aplikasi virus. 

Anggapan seperti itu benar, tapi tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya, hp tidak akan terkena atau terserang virus ketika jarang dikoneksikan ke perangkat lain. 

Dengan banyaknya aplikasi virus yang terpasang di Hp, justru membuat beban hp menjadi bertambah. 

Sembilan cara agar Hp android tidak lemot tersebut bisa dijadikan alternatif atau solusi mengatasi hp yang lemot dan gampang ngehang. (DMN)